Pernah nggak kamu merasa kalau kinerjamu nggak bagus? Kalau apa yang kamu lakukan nggak pernah memuaskan, kalau kamu punya banyak kelemahan, sementara kemampuanmu nggak cukup menjawab tuntutan dari lingkunganmu.

Perasaan negatif terhadap diri kita sendiri seringkali muncul, dan itu bisa sangat mengganggu ritme hidupmu. Kamu jadi nggak semangat dan kehilangan kepercayaan diri. Lalu apa yang harus dilakukan ketika kamu merasa seperti ini?

1. Fokus pada kelebihan yang kamu miliki

Fokus pada kelebihan yang kamu punya via mediam.greenlab.ro

Setiap manusia itu pasti punya kelebihan dan kekurangan. Tetapi, apa sih yang membedakan antara seorang pemenang dan pengecut? Pemenang adalah orang-orang yang selalu fokus pada kelebihan-kelebihan yang dimilikinya untuk mencegah rasa ketidakmampuannya muncul dalam pikirannya. Fokuslah pada hal-hal yang kamu rasa kamu bagus dalam melakukannya. Ini sangat membantu agar kamu nggak lagi pesimis terhadap diri sendiri.

2. Lihat kelemahanmu secara obyektif

Lihat kelemahanmu secara obyektif via www.telegraph.co.uk

Advertisement

Kamu tahu kalau kamu punya kelemahan pada suatu hal; tapi seberapa besar dan signifikan kelemahanmu itu? Apa cukup besar untuk membuatmu “nggak bisa apa-apa”?

Seringkali kita merasa kalau kita itu lemah dan nggak performa kerja kita itu buruk, tetapi yakinlah kalau itu hanya ada dalam kepala kita saja. Pertimbangkan dengan obyektif, hal-hal apa saja yang menurutmu itu adalah kelemahan terbesarmu dan apa dampak terbesar yang terjadi padamu?

3. Berpikirlah kalau kamu lebih baik dari yang lain

Berpikirlah kamu lebih baik dari yang lain via 2.bp.blogspot.com

Mungkin kamu memang punya kelemahan, tapi jika kamu terus-terusan berpikir tentang keburukanmu, yang ada kamu makin ngerasa down dan kehilangan kepercayaan diri. Cobalah untuk memancing semangatmu sendiri dengan berpikir bahwa masih banyak orang lain yang lebih buruk dari dirimu.

Mungkin ini terlihat sedikit sombong dan nggak tahu diri, tapi ini adalah sikap natural manusia. Manusia terkadang akan merasa tenang ketika ada orang lain yang lebih buruk dari dirinya. Ini memang bukan cara yang ideal, tapi untuk sementara bisa membantu untuk membuat dirimu tenang dan lebih bersemangat.

4. Membaca atau mendengarkan hal-hal yang bisa memotivasi

Membaca buku motivasi via naynakalila.info

Saat kita merasa kinerja kita buruk dan kita jadi kehilangan semangat, hal yang kamu butuhkan adalah hal-hal yang bisa menambah semangat dan membuatmu bisa kembali fokus. Temukan apa yang bisa membuatmu merasa terpuruk seperti ini, dan temukan cara apapun untuk mengembalikan semangatmu.

Salah satunya adalah dengan cara membaca buku motivasi atau mungkin kamu menonton acara-acara mendidik di TV atau internet. Ini adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk menambah semangatmu, dan bisa memberimu sebuah perspektif yang baru dalam memandang sesuatu.

5. Menonton Film Yang Menginspirasi

Nonton film yang menginspirasi via m.natemat.pl

Ketika kamu merasa kamu sedang dalam keadaan yang terpuruk dan merasa kinerjamu mengecewakan, menonton kisah sukses orang lain bisa memotivasimu kembali. Kamu bisa kembali meyakinkan dirimu kembali pada semua kemampuan yang kamu punya. Nggak cuma nonton film aja; ini hanyalah satu dari sekian banyak kegiatan ringan yang bisa kamu lakukan agar kamu mampu menemukan semangatmu kembali.

6. Salahkan dirimu sendiri, bukan keadaan

Salahkan dirimu atas kesalahanmu sendiri via www.visionn.com

Kita seringkali terlalu mudah menyalahkan keadaan atau lingkungan atas apa yang terjadi pada diri kita. Seperti contohnya, kita mengeluh kenapa kita nggak terlahir pinter, cantik, atau berasal dari keluarga yang lebih berada atau terkenal.

Jangan menyalahkan keadaan atas siapa dirimu saat ini. Tapi salahkan dirimu karena kamu nggak mau berusaha untuk berubah menjadi lebih baik lagi. Fokus dan tetaplah berusaha untuk menjadi seseorang yang kamu inginkan.

7. Buat rencana dan patuhi rencana itu

Buat rencana dan lakukan via www.baumer.ch

Buatlah rencana-rencana ke depan. Apa aja yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki kinerja dan menambah kemampuanmu? Tentukan juga tujuan-tujuan yang ingin kamu capai. Setelah itu, langsung patuhi mereka! Kerjakan apa yang harus kamu kerjakan tanpa menunda-nunda. Kalau bisa dikerjakan sekarang, sekarang juga, jangan menunggu esok hari. Karena esok hari belum tentu akan datang kan? Lakukan apa yang seharusnya kamu lakukan, dan lakukan sekarang juga!

8. Berpikirlah positif

Stay positive! via bunadimineata.ro

Meskipun kamu telah melakukan kesalahan di masa lalu, bukan berarti kamu boleh terus terpuruk. Menyadari bahwa ada yang salah pada dirimu adalah pertanda pertama bahwa kamu punya kemauan untuk berubah. Mulailah dengan terus berpikir positif tentang dirimu. Berpikirlah bahwa kamu masih bisa memperbaikinya, mengembangkan kemampuanmu, dan melakukan yang terbaik di setiap hal yang kamu kerjakan. Apa yang kamu pikirkan akan mempengaruhi tindakanmu juga.

Apa yang kamu pikirkan terhadap dirimu sendiri adalah kunci utama agar kamu terus bisa termotivasi dalam melakukan segala sesuatu. Jika kamu berpikir negatif tentang dirimu sendiri, maka kamu pun akan kesulitan untuk bisa berbuat positif bagi diri sendiri. Jadi, jangan lupa untuk selalu berbaik sangka pada dirimu sendiri ya!