Kamu mungkin pernah dengar nama restoran super mewah seperti Joel Robuchon atau Les Amis. Walau harga yang harus kamu bayar untuk makan disana selangit, nggak sedikit orang yang rela mengantri untuk menikmati tempat-tempat ini. Pasalnya, nggak cuma makanan lezat yang di tawarkan restoran-restoran mewah ini, tetapi juga tempat dan pelayanan yang memukau.

Jika kamu punya keinginan untuk makan di restoran model ini, ada baiknya kamu cari tahu dulu apa yang perlu kamu lakukan. Nggak seperti restoran pada umumnya, kamu nggak bisa asal datang dan langsung pesan makan. Bukan cuma sikap menyantap makanan yang baik, kamu juga harus memperhatikan hal-hal lainnya: seperti bagaimana cara mengucapkan nama makanannya dengan benar. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan kecil yang pada akhirnya bikin kamu malu sendiri!

Nah, disini Hipwee akan merangkum apa aja yang harus kamu tahu supaya bisa makan dengan nyaman di sebuah restoran mewah. Yuk simak!

1. Cari Informasi Tentang Restoran Yang Mau Kamu Datangi

Restoran Orient8, Hotel Mulia via abraresto.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi tentang restoran tersebut. Apa jenis makanan yang ditawarkan, apa menu andalan yang mereka punya, dimana lokasinya, serta pukul berapa restoran itu membuka layanannya.

Advertisement

Biasanya, restoran-restoran mewah sudah punya situs resmi yang bisa kamu kunjungi. Sebagai tambahan, kamu bisa juga mengecek ulasan orang-orang yang pernah berkunjung kesana sebelumnya. Ulasan itu bisa kamu temukan di situs seperti TripAdvisorOpenRice, SendokGarpu, atau blog-blog pribadi. Cukup klik mouse kamu, dan semua info penting yang kamu butuhkan bakal muncul.

2. Jangan Lupa Reservasi

Jangan lupa lakukan reservasi via www.12apostleshotel.com

Untuk menjaga kesan eksklusif dan kualitas pelayanannya, sebuah restoran mahal biasanya membatasi jumlah tamu yang bisa datang setiap harinya. Jadi, jangan lupa untuk reservasi lebih dulu kalau mau makan di restoran ini. Di saat-saat menjelang Valentine atau Tahun Baru, jangan kaget kalo kamu harus reservasi 2 bulan lebih dulu.

3. Curi Tahu Apa Saja Menu Yang Disediakan

Coba lihat dulu menunya via i0.bookcdn.com

Sebelum acara makan malam kamu, ada baiknya “curi tahu” apa saja menu yang disediakan di restoran tersebut. Biasanya kamu akan dengan mudah menemukan daftar menunya di website resmi mereka, bisa berbentuk PDF atau daftar nama makanan lengkap dengan penjelasannya. Jadi, ketika kamu udah duduk di restoran nanti kamu nggak akan bingung dan menghabiskan banyak waktu hanya untuk memesan makanannya.

Kalau kamu mau memesan menu asing, pastikan juga kamu tahu cara mengucapkan nama makanannya dengan benar. Ketikkan nama makanan itu di Google Translate, dan klik ikon suara untuk memerintah Google melafalkan nama makanan itu sesuai aturan di bahasa aslinya.

4. Pastikan Kamu Berpakaian Sesuai Dress Code 

Berpakaian sesuai dress code via farm4.staticflickr.com

Hampir semua restoran mahal punya ketentuan soal pakaian yang harus dikenakan oleh tamunya. Biasanya kamu akan diminta untuk berpakaian formal, atau paling tidak semi formal. Beberapa restoran bahkan mengharuskan tamu laki-lakinya untuk memakai setelan jas dan tamu perempuannya memakai gaun.

Kamu harus memastikan aturan berpakaian dari restoran yang ingin kamu datangi itu. Nggak mau ‘kan dilarang masuk ke restoran itu cuma gara-gara salah kostum?

6. Datanglah Tepat Waktu

Pastikan kamu datang tepat waktu via shipmanagementinternational.com

Kamu harus datang tepat waktu, karena pihak restoran bisa membatalkan pesanan mejamu jika kamu terlambat datang. Ingat, banyak lho yang mau mengantri untuk mendapatkan mejamu!

7.  Telepon Pihak Restoran Jika Kamu Harus Terlambat

Kalau nggak bisa datang tepat waktu, telepon restoran. via www.paperblog.fr

Kalau kamu ternyata harus datang terlambat — misalnya karena macet atau kecelakaan kecil lainnya — pastikan bahwa kamu menelepon restorannya. Ini supaya reservasimu nggak dibatalkan. Biasanya, mereka akan memberimu tenggat waktu keterlambatan sebesar 10-15 menit.

8. Begitu Datang, Konfirmasikan Reservasimu Ke Resepsionis

Konfirmasi pesananmu via www.cordovabaygolf.com

Begitu kamu sampai, jangan langsung cari tempat duduk! Pergilah menuju meja resepsionis dan konfirmasikan kedatanganmu. Setelah itu, tunggu sampai seorang pelayan mengantarmu menuju meja pesanan.

10. Santai, Jangan Tegang

Santai, seperti Abed via earnthis.net

Setelah kamu sampai ke meja pesananmu, pelayan akan membantu menarikkan kursi dan mempersilahkan kamu duduk. Pastikan kamu duduk dengan posisi yang tegak. Jangan membungkuk, apalagi naikin satu kaki kamu ke atas kursi kayak di warteg.

Jangan gugup atau takut kalau kamu melakukan kesalahan. Ini semua sebenarnya tidak sulit. “Resapi” suasana restoran. Puji dekorasi meja atau pemandangan yang tersaji dari kaca. Tersenyumlah pada partner makanmu. Santai, jangan tegang.

11. Letakkan Serbet Di Pangkuanmu, Bukan Di Kerah Baju

Letakan serbet di pangkuan kamu via informationng.com

Biasanya pelayan akan membukakan dan meletakkan serbet di pangkuan kita. Jika kamu merasa risih, kamu juga bisa melakukannya sendiri. Tapi ingat: kamu harus meletakkan serbetnya di pangkuan kamu; bukan di kerah baju. Soalnya, menyelipkan serbet di kerah baju hanya dilakukan kalau kamu mau makan lobster.

12. Pilih Menu Appetizer, Main Course, Dan Dessert

Pilih menu makanan via static.parade.condenast.com

Setelah kamu duduk dengan nyaman, pelayan akan membawakan daftar menu buat kamu. Kamu harus pilih 3 sekaligus, yaitu makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup. Nggak usah khawatir: walaupun kamu memesannya secara bersamaan, ketiga makanan tersebut akan disajikan secara bergantian.

13. Jangan Segan Minta Bantuan Pelayan

Jangan sungkan meminta bantuan pada pelayan via urbaneye.s3.amazonaws.com

Kalau kamu masih ragu makanan apa yang ingin kamu pesan, kamu nggak perlu malu untuk meminta pelayan menjelaskan apa aja konten makanan tersebut. Mereka juga biasanya akan merekomendasikan menu terbaik dari restoran tersebut.

Kamu juga bisa meminta bantuannya untuk hal-hal lain, misalnya mengisi kembali gelas di depanmu.

14. Nikmati Makanan Komplemen Yang Disediakan

Makanan compliment via urukyu.wordpress.com

Sambil menunggu pesanan, kamu akan diberikan makanan komplemen yang biasanya berupa roti lengkap dengan butter. Tapi ingat: jangan makan terlalu banyak, nanti kamu malah kenyang duluan sebelum hidangan utamanya datang!

15. Saat Makanan Tersaji, Perhatikan Table Manner

Perhatikan table manner saat makan via www.edytaandco.com

Pesananmu akan diantarkan secara berurutan. Pertama mereka akan menyajikan hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup. Pastikan kamu menjaga sikapmu saat makan. Sikap makan sederhana ini bisa jadi panduanmu:

  • Kunyahlah makananmu dengan mulut tertutup. Jangan makan sambil bersuara.
  • Ajaklah bicara orang yang duduk tepat di samping kursimu — walaupun kamu tidak terlalu mengenalnya.
  • Jangan membenarkan riasan wajah atau rambutmu di meja. Minta izinlah untuk pergi ke toilet.

16. Lambaikan Tangan Untuk Meminta Bill

Minta bill via www.independent.co.uk

Jika kamu sudah selesai, lambaikan tangan untuk meminta tagihan atau bill. Ada restoran yang mengizinkan kamu memberi tips pada pelayan, dan ada pula yang sudah secara otomatis memasukkan biaya pelayanan ke dalam tagihanmu. Pastikan kamu tahu kebijakan restoranmu.

Nah, itu adalah beberapa panduan sederhana buat kamu yang berniat makan di restoran mewah. Tapi sebenarnya sih yang paling penting cuma satu: jangan lupa menikmati makananmu dan menjadikannya sebagai salah satu pengalaman nggak terlupakan dalam hidupmu.