Eno Fariah (18) tewas diperkosa dan dibunuh menggunakan cangkul oleh tiga tersangka yang dendam terhadapnya. Kasus ini menambah daftar panjang kekerasan terhadap wanita yang akhir-akhir ini marak dilakukan. Sampai kapan ini akan berakhir? Kapan hukum di negeri ini akan menjamin rasa aman terhadap seluruh perempuan di Indonesia?

Tak perlu berdiam diri menunggu UU itu jadi, ada saatnya tak bisa mengandalkan orang lain untuk melindungi kita. Mulai sekarang berharaplah dan andalkanlah dirimu sendiri untuk melindungi tubuhmu. Pelajari gerakan-gerakan dasar berikut ini agar kamu bisa melindungi dirimu sendiri.

1. Hilangkan rasa takutmu dulu karena apapun yang sedang dibawa bisa jadi senjata untuk melawan kejahatan

Pakai payung pun bisa via defendo.be

Benda-benda yang sedang kamu bawa di tangan bisa jadi senjata untuk awal mula bela diri. Misalnya payung, yang tidak hanya bisa melindungi diri saat hujan saja. Jika kamu sedang mengalami kekerasan, payung juga bisa jadi senjata untuk melawan. Terutama payung-payung bukan lipat yang bentuknya panjang dan lebih kuat. Payungmu cukup kuat untuk mematahkan serangan sejenak dan mengacaukan fokus si penjahat.

2. Saat kamu mendadak dipeluk penyerang dari belakang, arahkan tanganmu ke atas dan kunci gerakannya di leher

Kunci lehernya via gbdownersgrove.com

Advertisement

Lingkarkan tanganmu ke lehernya dan tarik tangannya dengan tanganmu yang lainnya. Trik ini sangat ampuh karena mereka jarang menyangka perempuan akan berani melakukannya. Keadaan mereka yang sedang kalap bisa kamu manfaatkan untuk segera kabur dengan memberikan sedikit pelajaran terlebih dulu.

3. Selain mengunci lehernya, kamu juga bisa menginjak kaki sang penyerang jika ia memelukmu dari belakang

heel to toe via youtube.com

Kamu yang sering pakai heels bisa sangat beruntung di kondisi ini kareana injakan kakimu bisa membuatnya luar biasa kesakitan. Saat dia sedang merasakan sakit manfaatkan kesempatan ini untuk kabur jika kamu tidak tahu bagaimana lagi harus melawan mereka. Yang jelas pastikan kamu menginjak kakinya sekeras mungkin.

4. Sikutmu juga bisa dimaksimalkan untuk serangan saat ia mencoba menguncimu dari belakang. Hantam dengan keras!

serang dengan sikut via live-av.info

Ketika kedua tangannya sedang fokus meraba tubuhmu, arahkan sikumu ke wajahnya dengan sangat keras, dia dan kamu kemungkinan akan terjatuh. Tetap lakukan serangan karena dia pasti sedang kehilangan fokus dan belum menyadari apa yang sedang terjadi.

5. Jika kebetulan membawa kain, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menjerat dan membuatnya kesulitan bergerak

Manfaatkan barang yang ada via youtube.com

Raih selendang, syal, jaket, atau atribut kain lainnya yang sedang kamu bawa. Jerat dulu bagain tangan sang penyerang, lalu putarkan ke bagian leher hingga ia tak bisa bergerak. Ubah posisimu sedikit ke belakang dan saat itu juga kamu bisa mematikan langkahnya. Caranya dengan mengikat kain itu dengan kencang. Hati-hati untuk mengantisipasi kakinya yang setiap saat bisa menendangmu.

6. Ini sudah jadi rahasia umum kalau kelemahan laki-laki ada pada “itunya”, jadi hantam saja!

Serang di bagian vital via howcast.com

Jika dia menyerangmu dari arah depan, maka ini adalah kesemaptan terbaikmu untuk melawannya. Saat ia sudah dekat dan hampir menyentuhmu, arahkan lututmu dengan keras pada “itunya”.  Dijamin dia akan langsung menjadi manusia yang paling lemah sedunia.

7. Memelintir tangannya juga bisa jadi salah satu cara untuk menghukumnya jika macam-macam

plintir tangannya sekuat tenaga via howcast.com

Saat tangannya sudah mulai menyentuhmu segera pelintir saja sekuat yang kamu bisa. Gerakan ini paling tidak bisa membuat tangannya ngilu. Kesakitan yang timbul akan membuatnya kaget dan tak mampu melakukan banyak gerakan untuk melanjutkan tindak kekerasan yang dia niatkan padamu.

8. Gerakan elbow to chin bisa sangat afektif untuk membuatnya mengaduh kesakitan

elbow to chin via howcast.com

Arahkan sikumu sekeras mungkin ke arah pipinya saat ia memegang pundakmu. Dia akan mengaduh kesakitan dan kamu bisa mematahkan serangannya dengan gerakan lainnya agar ia benar-benar tak mampu lagi bergerak.

9. Jika posisinya kamu sudah terjatuh lalu dia ingin menindihmu, tendang saja!

arahkan tendangan ke dagu via hubpages.com

Dagu adalah titik kelemahan pria yang lainnya, jadi jika posisimu kebetulan sedang terbaring arahkan saja tendanganmu ke sana. Dia kemungkinan akan terjengkang dan kamu bisa kabur darinya saat dia masih sibuk mengurusi rasa sakit yang tengah ia rasakan.

10. Tak harus dengan tendangan, dengan gerakan palm to face, dagunya juga bisa kamu serang hanya dengan satu tangan

palm to face via howcast.com

Untuk serangan dari arah depan dengan posisi sama-sama berdiri, gerakan yang dikenal dengan nama palm to face ini bisa kamu lakukan. Gerakan ini sangat terkenal bisa mengalahkan lawan, jadi walaupun tampaknya biasa saja ternyata efeknya sangat besar. Wajib kamu latih agar tanganmu terampil melakukannya.

Melakukan gerakan-gerakan di atas saat kamu sedang benar-benar mengalami kekerasan mungkin tidak akan semudah seperti yang terlihat pada gambar. Apalagi jika pelakunya lebih dari satu, namun paling tidak dengan mempelajari gerakan-gerakan bela diri dasar itu kamu akan punya peluang yang lebih besar untuk menghindar dan membela dirimu agar tak menjadi korban kekerasan yang selanjutnya.

Jangan lupa berdoa ya. Semoga tidak terjadi apa-apa.