Banyak momen dalam hidup yang terlalu indah untuk dilewatkan. Karena itu kita terbiasa menyimpan kenangan dalam bentuk gambar. Bahkan mengunggah foto ke media sosialpun sudah menjadi aktivitas harian.

Tapi jika kamu ingin fotomu lebih menarik dan gak gitu-gitu aja, kamu bisa coba membuat foto prespektif. Dalam foto perspektif, objek foto yang sebenarnya kecil bisa jadi terlihat lebih besar dan begitu juga sebaliknya. Objek-objek ini pun bisa seolah-olah saling berinteraksi.

Tak perlu banyak peralatan. Kamu bisa menciptakannya hanya dengan mempermainkan letak kamera untuk mendapatkan sudut pandang yang tepat. Nah, berikut ini beberapa contoh gambar perspektif yang bisa kamu coba!

1. Kamu yang setia membawa keril atau backpack dalam perjalanan, jangan lupa ambil foto “bersandar” dengan tas kesayangan.

Tas raksasa? via www.flickr.com

Siapa sangka tas ransel ukuran 20 liter bisa terlihat seperti ransel raksasa hanya dengan sudut pengambilan gambar yang berbeda dari biasanya? Gambar ini bisa kamu gunakan untuk merekam perjalananmu di pantai dan tempat-tempat terbuka. Ambillah gambar tepat di depan ransel, lalu berdirilah agak jauh di belakang. Jangan lupa untuk berpose seolah kamu sedang bersandar di tas keril raksasamu, lalu mainkan fokus kameramu. Dengan cara ini, dijamin semua orang akan terpana, karena dikira kamu bersandar di samping tas maha besar. Berani coba?

2. Bukan hanya Tinkerbell yang bisa menjadi kecil dan menari-nari di telapak tangan manusia. Kamu pun juga.

Advertisement

Balerina di atas telapak tangan? via moonshotphotos.deviantart.com

Tanpa perlu editing, sekarang kamu bisa berubah menjadi kecil seperti peri. Caranya, kamu cukup berpose arabesque alias mengangkat satu kaki ke belakang ala penari balet. Selanjutnya, biarkan pacar atau temanmu membuka telapak tangan seolah-olah kamu sedang menari di atasnya. Siap-siap berpose dan kostum yang apik agar kamu terlihat lebih alami! Karena ternyata, bukan hanya Tinkerbell yang bisa menjadi peri.

3. “Muntah pelangi” nggak cuma ada di meme saja, lho. Kamu pun bisa membuat gambar yang sama! 8D

Foto unik Semburan pelangi via www.flickr.com

Familiarkah kamu dengan meme muntah pelangi yang menandakan kekaguman besar akan sesuatu? Nah, kamu bisa lho membuatnya jadi nyata. Ini juga bisa membuat Instagram kamu lebih menarik kalau selama ini kamu hanya mengambil gambar langit atau awan.

Caranya, kamu hanya cukup pose “mangap”. Lalu carilah sudut dimana pelangi berada seolah-olah menyentuh mulutmu langsung. Ambil gambar dari samping. Dijamin, gambar pelangi seperti ini akan jauh lebih menarik perhatian followers-mu di media sosial. Siap-siap eksis!

4. Sekarang bukan hanya Buto Ijo yang bisa menjinjing manusia dengan satu tangan. Kamu juga!

Gambar orang yang dijinjing via www.flickr.com

Kamu sedang main ke pantai atau tempat terbuka dengan teman-teman? Inilah saatnya merakan kenangan dengan cara yang tak biasa. Salah satunya dengan gambar manusia raksasa yang menjinjing manusia dengan satu tangan. Caranya, biarkan temanmu berada jauh darimu dan mengangkat satu tangan nya, lalu pada dataran yang lebih tinggi kamu posisikan tangan seperti sedang menjinjing. Barulah ambil gambar tepat pada sudut di mana tanganmu dan tangan temanmu saling berkaitan. Menarik kan?

5. Kamu pun bisa bergelantungan ala Spiderman… dengan “gelesoran” di trotoar.

Apakah ini gambar orang gelantungan? NO via www.flickr.com

Trotoar juga bisa jadi latar yang menarik untuk mendapatkan gambar unik. Tiduran di trotoar bisa membuatmu tampak seolah-olah kamu jagoan yang kuat. Cukup tiduran dengan posisi  miring dengan satu kaki yang terangkat rendah. Kamu juga bisa ajak temanmu untuk tiduran dengan kaki bersilang di tembok. Lalu  ambilah gambar dengan posisi kamera setinggi dada. Setelah itu, ubah rotasi fotomu 90 derajat. Bukan sulap bukan sihir, kamu akan terlihat seperti menggantung di ketinggian. Siapa sangka kamu sebenarnya hanya tiduran di trotoar?

6. Kamu pun bisa melukis langit dengan jejak pesawat jet. 😀

Foto prespektif  menggores langit via www.flickr.com

Menggores langit bukan lagi menjadi hal yang mustahil. Caranya gampang, kamu bisa memanfaatkan awan yang terbentuk karena helikopter militer yang sedang latihan atau pesawat jet. Biasanya pesawat mereka akan meninggalkan bekas  garis-garis awan. Atau jika kamu bersabar, tunggulah  awan terbentuk secara alami. Kamu bisa langsung bergegas untuk tempatkan dua jari tanganmu diujung awan. Lalu mainkan sudut pandang dan fokus kameramu, buatlah seolah-olah garis itu adalah hasil goresan tangan. Nah, dengan gambar seperti ini, gak heran kamu akan mendapatkan banyak pujian.

7. Botol kopi raksasa memang tidak pernah ada, tapi kamu bisa membuatnya seolah-olah nyata dengan cara ini.

Prespektif duduk di atas botol kopi via www.flickr.com

Duduk di atas botol kopi raksasa memang mustahil, tapi kamu bisa membuatnya seolah-olah nyata dengan cara yang mudah. Kamu hanya cukup berpose mengangkang sekitar 5 meter di belakang botol kopi. Lalu letakkan kameramu sekitar 50 cm tepat di depan botol, dan ambilah gambar dengan sudut gambar seolah-olah kamu sedang duduk diatas botol kopimu. Nah, tanpa perlu botol kopi raksasa sungguhan, kamu bisa duduk nyaman diatas botol kopi. Ajaib ‘kan?

8. Simpan kenangan bersama teman-temanmu dengan pose semburan raksasa. Inilah kekonyolan yang tak akan pernah kamu lupa.

Menjadi raksasa yang menyembur manusia via www.flickr.com

Traveling bersama teman-teman memang hal yang paling mengasyikkan. Kamu pun akan banyak mengambil gambar untuk merekam kenangan. Nah, jika kamu ingin membuat bahagia kalian tak terlupakan, cobalah rekam dengan cara yang tidak biasa. Salah satunya adalah pose menjadi raksasa. Caranya, biarkan teman-temanmu yang berada di kejauhan berbaris seolah olah terkena angin. Lalu kamu berpose sedang meniup. Nah, lalu gunakan kameramu untuk mengambil gambar dengan sudut pandang mereka berada tepat di atas telapak tanganmu. Biarkan beberapa temanmu berpose seperti menggelinding agar gambarmu terlihat lebih nyata. Dengan jepretan seperti ini, dijamin kenanganmu bersama meraka akan mengundang banyak kekaguman di media sosial.

8. Ajak kedua temanmu untuk berpose seperti Dewi Keadilan. Hanya dengan memainkan sudut pandang, fotomu bisa menarik perhatian banyak orang.

Akrobatik di atas telapak tangan via moonshotphotos.deviantart.com

Jika kamu ingin terlihat seperti dewi keadilan, ajaklah kedua temanmu untuk bergaya di depan kamera. Biarkan kedua temanmu berada di belakangmu dengan jarak yang tidak terlalu jauh untuk berpose sesukanya, lalu kamu rentangkan kedua tanganmu seolah sedang menimbang. Setelah itu, gunakan kameramu untuk memotret kalian bertiga dengan sudut pandang seolah-oleh kedua temanmu tepat berada diatas telapak tanganmu. Dan jangan lupa mainkan fokus. Nah, dengan gambar seperti ini, gak heran jika foto kalian akan menjadi lebih menarik untuk dipajang.

9. Manfaatkan makan malammu indahmu dengan pacar di tengah kota untuk mendapatkan gambar semangkok cahaya.

Sup cahaya? via www.flickr.com

Makan malammu bisa menjadi lebih spesial dengan jepretan yang tidak biasa. Salah satunya dengan gambar semangkuk cahaya. Caranya, kamu cukup letakkan mangkuk dibawah gemerlap cahaya kota, lalu ambil sumpitmu agar seolah-olah kamu menjepit cahaya. Lalu mainkan fokus kameramu. Gak jarang dengan gambar-gambar unik seperti ini, akan membuat instagrammu lebih banyak followers. Jangan ragu bawa kameramu nanti malam ya!

10. Perhatian, perhatian, pesawat akan masuk ke mulut orang, harap jangan kaget yaa~

Makan pesawat terbang via www.incrediblesnaps.com

Ingin membuat sensasi yang apik di media sosial? Kamu bisa coba dengan upload gambar yang menarik, salah satunya dengan gambar makan pesawat seperti ini. Tanpa perlu banyak peralatan, manfaatkanlah pesawat yang sedang melintas diatas rumah. Lalu segera ambil kamera dan berpose  “mangap” seolah-olah pesawat sedang masuk ke mulutmu. Posisikan kamera lebih rendah dari pundakmu. Gak jarang gambar seperti ini akan membuat teman-teman ramai untuk mengomentari.

11. Bulan purnama memang paling indah untuk dinikmati berdua. Tapi kalau jomblo, manfaatkan saja bulan untuk latar gaya :p

Ini bulan atau bola? via www.topdesignmag.com

Bulan purnama adalah salah satu objek yang banyak digunakan sebagai latar gambar karena nuansa magisnya yang terkesan romantis, apalagi bagi para pasangan. Eits, kamu yang jomblo juga bisa memanfaatkanya lho. Salah satunya dengan menjadikan bulan purnama seolah-olah bola yang sedang kamu pegang. Matikan flash kamera dan dan biarkan gambarmu berupa siluet atau backlight. Dengan gambar seperti ini, dijamin keromantisan bulan purnama tidak akan menyiksamu sebagai seseorang yang belum punya pasangan.

12. Jika kamu hanya bisa melihat bangunan yang besar dari kejauhan, mengambil gambar seolah-olah bangunan itu bisa digenggam akan menakjubkan.

Pose di depan Eiffel via galleryhip.com

Gak jarang kita harus berdesak-desakan untuk mengambil foto di bangunan yang menjadi ikon sebuah kota. Nah, sekarang kamu bisa coba pengambilan gambar dengan cara yang berbeda. Misalnya membuat bangunan yang besar seolah-olah dalam genggaman. Caranya, kamu ambil gambar dari kejuhan dan posisikan tangan seperti mengengam. Lalu atur fokus dan mode cahaya. Dengan gambar seperti ini, jepretanmu bakal terlihat lebih menarik. Mudah, lagi!

Nah, jika kamu ingin gambar jempretamu lebih menarik perhatian orang dan likes dari follower-mu, maka kamu bisa coba memotret objek dengan cara-cara seperti ini. Saatnya kamu manfaatkan dua objek untuk membuat cerita yang unik dalam sebuah gambar sederhana. Karena banyak sekali momen hidup yang patut kamu rekam lewat kamera, pastikan hasil jepretanmu menarik untuk dilihat teman-temanmu. Selamat mencoba, pasti bisa deh!