Asia Tenggara jadi tujuan favorit wisata backpacker dari seluruh dunia. Tidak hanya menawarkan tempat-tempat indah, biaya perjalanan di wilayah ini juga relatif murah. Ayo siapkan catatanmu untuk membuat travel list tahun ini. Ini adalah 24 tempat wisata di Asia Tenggara yang menarik tapi masih jarang dikunjungi.

1. Pai, Thailand

Pai, Thailand via paiproperty.com

Kalau kamu ingin menemukan tempat yang hijau tapi tetap penuh hiburan, Pai bisa jadi tempatnya. Terletak di wilayah pegunungan di utara Thailand, Pai menawarkan suasana tenang dan menghibur di saat bersamaan. Di tempat ini kamu bisa menyewa motor untuk berputar-putar di sekitar hutan, mengunjungi air terjun, berdansa di bar lokal dan bersantai di hammock.

2. Pulau Pu Qhuoc, Vietnam

Phu Quoc, Vietnam via www.waytovietnam.com

Banyak orang setuju bahwa Pu Qhuoc akan segera menjadi tujuan favorit wisata di Vietnam. Tapi jangan khawatir, saat ini pantai-pantai indah di pulau ini masih relatif sepi. Di pulau ini, kamu bisa menikmati snorkeling dan scuba diving di pantai yang masih perawan. Jangan khawatir dengan transportasi, di Pu Qhuoc kamu akan dengan mudah menemukan penyewaaan sepeda motor. Tunggu apalagi, segera datang sebelum Pu Qhuoc dipadati wisatawan!

3. Bagan, Myanmar

Advertisement

Kota di Myanmar ini terkenal dengan candi Budhanya. Kota ini memang menjadi kota dengan pemeluk agama Budha terbanyak di Myanmar. Disini, kamu dapat menikmati ketenangan dan keindahan Myanmar. Ditambah lagi, ada balon udara yang bisa kamu naiki untuk menikmati matahari terbenam. Indah bukan?

4. Mui Ne Sand Dunes, Vietnam

Mui Ne Sand Dune via www.pinterest.com

Terletak tidak jauh dari Saigon, Mui Ne Sand Dunes seakan menjadi dunia yang berbeda dari sisi modern Vietnam. Di bukit pasir ini, kamu bisa dengan bebas berlari-lari atau sekedar berfoto untuk mengabadikan keindahan. Di tempat ini kamu juga bisa menemukan sungai yang mengalir di tengah pasir dan bebatuan kering.

5. Kepulauan Mergui, Myanmar

Mergui, Myanmar via www.anotherasia.com

Kepulauan ini merupakan gugus kepulauan yang masih perawan di barisan hutan tropis Laut Andaman. Kamu bisa menginap di hotel sekitar kepulauan ini, kemudian menikmati sensasi menunggang kayak. Menariknya, disini kamu masih bisa menemukan orang-orang gipsi yang tinggal di dalam kapal. Juga melihat mereka berburu mutiara sepanjang hari!

6. Dataran Tinggi Cameron, Malaysia

Dataran Tinggi Cameron via www.epochtimes.comimage

Tempat ini adalah lokasi tepat untuk melarikan diri dari cuaca lembab dan panas di pusat kota Malaysia. Disini, kamu bisa menikmati keindahan suasana hijau dari hamparan kebun teh. Tur ke pabrik-pabrik teh lokal menjadi andalan wisata lokasi ini. Selain itu, pemandangan indah tempat ini memang tidak perlu diragukan lagi.

7. Pantai Ngwe Saung, Myanmar

Ngwe Saung, Myanmar via NgweSaung,Myanmar

Jika kamu sedang penat dan ingin sejenak menghilang dari dunia, tempat ini adalah pilihan tepat. Memiliki garis pantai sepanjang 9 mil, tempat ini baru saja dibuka untuk umum. Pantai ini menawarkan keindahan pantai yang bersih, sepi dan memberikan ketenangan yang nyaman.

8. Delta Sungai Mekong, Vietnam

http://vietnamairlinestickets.com via vietnamairlinestickets.com

Delta Sungai Mekong merupakan tempat berwisata yang unik. Kamu bisa berjalan-jalan mengitari Sungai Mekong dengan menyewa kapal. Sepanjang perjalanan, kamu akan bertemu dengan berbagai penjual yang menjajakan berbagai komoditas. Keramahan warga Vietnam akan membuatmu nyaman, kamu tidak perlu takut untuk berhenti mengayuh kapal dan mencoba buah lokal disana.

9. Sapa, Vietnam

Sapa, Vietnam via dulich.chudu24

Ini adalah lokasi yang harus dikunjungi oleh kamu yang gemar mendaki. Sapa menawarkan pemandangan yang memukau. Gabungan dari hijaunya rumput dan pepohonan di sekitar bukit, ditambah indahnya vila berasitektur perancis tidak boleh dilewatkan. Terkadang, Sapa juga diselimuti kabut yang akan membuat pendakianmu makin unik.

10. Hotel Marina Bay Sands, Singapura

Marina Bay Sands via www.villatalk.com

Hotel yang dibangun dengan dana tidak kurang dari 5,7 juta US Dolar ini menawarkan banyak atraksi hiburan. Disana, kamu dapat menuntaskan hasrat belanja di berbagai gerai terkemuka. Ada juga gedung konser yang sering menjadi tempat pertunjukan artis terkenal. Diatas gedungnya, hotel ini memiliki kolam renang berbentuk yacht yang harus kamu coba. Berenang disana memacu adrenalinmu. Seakan kamu akan jatuh dari lantai 57 ke Singapura yang berada tepat dibawahmu.

11. Wat Rong Khun (candi putih) di Chiang Rai, Thailand

Candi Putih, Thailand via www.travelothai.com

Meskipun tampak kuno, sebenarnya candi ini baru dibangun pada tahun 1999 oleh seorang seniman asli Thailand. Bentuk candi ini menggambarkan proses reinkarnasi manusia. Kamu akan menemukan patung tangan-tangan yang terulur di sekitar candi. Selain itu, kamu juga bisa menemukan mural Keanu Reeves dan mural tragedi 9/11 di Amerika.

12. Luang Prabang, Laos

Luang Prabang via catfiztourism.com

Luang Prabang adalah salah satu wisata budaya yang telah diakui oleh UNESCO. Arsitektur di Luang Prabang amat menari, sebab merupakan campuran antara arsitektur Asia dan Eropa. Seperti banyak negara Asia lainnya, wisata menunggang gajah menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Tapi, hanya di Luang Prabang kamu bisa mengambil kelas mahout selama 4 hari untuk menunggang gajah dengan baik seperti pawang mereka.

13. Kep, Kamboja

Kep, Cambodia via www.asiatravelplaces.com

Pada masa penjajahan Perancis, Kep menjadi tempat wisata bagi kalangan atas Perancis. Saat ini, Kep tengah dipersiapkan untuk menjadi tujuan wisata. Disini kamu bisa menikmati hidangan laut di restoran cantik di pinggir pantai. Kep juga terkenal dengan hidangan kepitingnya yang menjadi salah satu hidangan kepiting terlezat di dunia.

14. Mae Sot, Thailand

Mae Sot via gettyimage.com

Tempat ini bisa digambarkan dengan kata terpencil . Mae Sot terletak di perbatasan antara Thailand dan Myanmar. Letaknya yang berada di perbatasan ini berdampak pada keragaman penduduknya. Di Mae Sot kamu bisa menemukan berbagai orang dari Thailand dan Myanmar, serta penduduk asli dari pegunungan. Kamu bisa bersantai di sauna herbal, berbelanja di pasar tradisional terbuka atau ikut program penyelamatan orang hutan di Higland Farm Gibbon Sanctuary.

15. Angkor Wat, Kamboja

Angkor Wat

Komplek candi yang amat besar ini dijamin akan membuatmu tercengang. Angkor Wat merupakan salah satu monumen keagamaan terbesar di dunia. Di dalamnya, kamu bisa menemukan batu seukuran manusia yang diukir dengan berbagai bentuk wajah. Pohon-pohon besar berakar panjang yang telah berusia ratusan tahun di sepanjang jalan masuk juga menambah eksotisnya tempat ini

16. Danau Inle, Myanmar

Danau Ingle via fr.fotopedia.com

Danau sepanjang lebih dari 13 mil ini memiliki berbagai daya tarik. Di sekitar danau, kamu bisa mengikuti kelas tentang kerajinan lokal yang ditawarkan penduduk diatas kapal mereka. Kamu juga bisa menemukan lahan mengapung milik warga lokal yang ditanami sayuran. Belum lagi rumah mengapung yang jadi rumah andalan warga lokal.

17. Ko Lanta, Thailand

Ko Lanta via www.turtess.com

Biasanya, turis akan mengunjungi pulau besar seperti Ko Tao atau Ko Phangan. Tapi, jika kamau ingin menikmati suasana yang berbeda Ko Lanta perlu kamu kunjungi. Masih relatif sepi, tempat ini menawarkan ketenangan dan pantai yang bersih.

18. Terowongan Cu Chi di Saigon, Vietnam

Terowongan Chu Chi via travelerfolio.com

Tentara Vietnam menggunakan terowongan ini sebagai tempat persembunyian selama masa perang Vietnam. Disini, tentara menyimpan bahan cadangan makanan mereka selama perang. Banyak tentara Vietnam yang terserang malaria juga dirawat di dalam terowongan ini. Perjalanan ke tempat ini dijamin akan membuat bulu kudukmu berdiri.

19. Chiang Dao, Thailand

Chiang Do, Thailand via www.s3forums.com

Chiang Dao adalah surga bagi pecinta alam. Tempat ini memiliki air terjun, sumber air panas, dan tebing-tebing yang tinggi. Tapi, atraksi utama dari tempat ini adalah gua Chiang Dao. Dalam gua ini kamu bisa menemukan lebih dari 100 tempat yang berisi berbagai alat pemujaan. Selain itu, keindahan stalaktit dan stalakmit di sekitar gua juga tidak boleh kamu lewatkan.

20. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah via www.banyuwangi.us

Pantai di ujung selatan Banyuwangi ini mempunyai keunikan berupa gunung kecil di tengah pantai yang berwarna merah. Di pantai ini kita dapat menikmati keindahan kawasan hutan lindung, bersantai di pantai yang sepi dan berbelanja ikan di pelabuhan ikan yang tak jauh dari Pantai Pulau Merah.

21. Teluk Kiluan, Lampung

Teluk KIluan, Lampung via www.way2east.com

Teluk Kiluan terletak di Propinsi Lampung, yang terkenal dengan banyaknya lumba-lumba, ikan paus disekitaran Teluk Kiluan. Daerah ini juga terkenal dengan keindahan alam dan surga bagi para pemancing handal. Setiap tahun diadakan lomba memancing di Teluk Kiluan yang diikuti oleh master-master pemancing seluruh Indonesia.

22. Danau Laut Tawar di Akengon, Aceh Tengah

Danau Akengon via www.kaskus.co.id

Objek Wisata Danau Laut Tawar terletak disebelah timur kota Takengon, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, dan merupakan danau terluas di provinsi tersebut dengan luas sekitar 5.472 ha, panjang 17 km, dan lebar 5,5 km. Akses menuju Takengon lebih mudah di tempuh melalui kota Bireun. Daerah ini adalah gabungan wisata bersepeda, renungan masa lalu, masa depan, dan masa kini. Di sini kamu bisa menikmati keindahan negeri di atas awan dan berwisata kuliner di daerah penghasil kopi nikmat.

23. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

Pulau yang terletak di Kepulauan Berau, Kalimantan Timur ini merupakan surga tropis bagi wisatawan. Pantai dengan pasir putih lembut, penyu yang jinak dan titik penyelaman yang banyak. Eksotis Pulau Derawan dengan paduan warna laut dan lumut yang memukau menghasilkan gradasi warna biru dan hijau, serta hutan kecil di tengahnya, membuat pulau ini menyajikan pemandangan alam begitu indah yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

24. Goa Jomblang, Yogyakarta

Goa Jomblang via catfiztourism.com

Goa ini terletak di Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Terletak 50 kilometer dari pusat kota Jogja, jalan menuju obyek wisata ini masih terbuat dari tanah dan berbatu. Jadi, kita akan merasakan sensasi off road saat menuju kesana.

Setelah melewati desa dan persawahan sepanjang sekitar 2 kilometer barulah kita sampai di Resort Goa Jomblang yang sudah dilengkapi dengan taman yang indah. Karena keunikannya, Goa Jomblang cukup terkenal baik di kalangan wisatawan lokal, maupun di kalangan wisatawan asing.

Goa ini menawarkan petualangan yang seru di dalam goa kapur, dan indahnya pemandangan hutan purba serta sungai bawah tanah. Goa Jomblang terhubung dengan goa lain bernama Goa Grubug, jadi para pengunjung biasanya sekaligus menyusuri kedua goa ini.