Sebagian kamu mungkin masih asing dengan kepulauan yang satu ini. Kepulauan ini terletak sekitar 3 jam perjalanan laut dari Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebagai sebuah kepulauan, Derawan terdiri dari 4 pulau utama, yakni Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Maratua dan Pulau Sangalaki. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di keempat pulau tersebut. Dari mulai snorkeling bareng ubur-ubur tak menyengat di Pulau Kakaban sampai diving bareng penyu di pulau Derawan. Nah, kali ini Hipwee merangkum 7 aktivitas yang bisa kamu lakukan di kepulauan Derawan. Entah untukmu yang datengnya sendirian alias jomblo atau bersama pasangan.

1. Diving bersama kawanan penyu di pulau Derawan, hal pertama yang wajib kamu lakukan!

diving bareng penyu unyu via travel.kapanlagi.com

Keberadaan penyu di pulau Derawan bisa dibilang cukup banyak ya. Karena memang Kepulauan Derawan adalah salah satu ekosistem penyu terbesar di Indonesia. Untuk menemui penyu-penyu di Pulau Derawan, kamu tak perlu repot-repot mencarinya, sebab dapat dengan mudahnya ditemui di bawah penginapanmu dan di sekitar pantainya. Saat arus laut sedang aman, kamu bisa langsung menceburkan diri untuk berenang bareng penyu-penyu. Mau lihat penyu yang jumlahnya lebih banyak lagi? Kamu bisa menyeberang ke Pulau Sangalaki, sekitar satu jam dari Pulau Derawan. Di Pulau Sangalaki terdapat penangkaran penyu.

Kamu ingin diving dengan sekawanan penyu? Ga perlu repot membawa tabung oksigen dari rumah. Cukup menyewa saja di diving center yang ada di Pulau Derawan.

Diving sama penyu kan unyuuu….

2. Snorkeling dengan ditemani ubur-ubur yang tak menyengat di danau Kakaban, bikin kamu enggan pulang!

Advertisement

Kesempatan untuk bisa menyentuh ubur-ubur. Ayo, snorkeling di Danau Kakaban. via www.piknikdulu.com

Di Pulau Kakaban terdapat Danau yang juga bernama sama dengan nama pulau tersebut, Danau Kakaban. Di danau ini kamu bisa snorkeling sambil bebas menyentuh dan bermain dengan ubur-ubur yang tak menyengat. Ada 4 jenis ubur-ubur yang terdapat di danau ini, yakni ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Dijamin deh, keasyikan snorkeling bareng ubur-ubur, bikin kamu enggan pulang.

Geli geli gimana, gitu….

3. Menunggu sunset di Derawan sungguh bukan penantian yang sia-sia. Indahnya bikin kamu yang datang sendirian lupa kalau sedang kesepian

Sunset di Derawan, bikin kamu lupa kalau kamu lagi kesepian. via ceritakhrisna.wordpress.com

Pergi ke Derawan sendirian? Kenapa engga? Sempatkan untuk menunggu senja selepas asyik bermain air, ya. Nikmati sunset Derawan cukup dari dermaga penginapanmu saja. Keelokannya membuatmu lupa bahwa kamu sedang kesepian. Jangan lupa untuk kamu abadikan ya. Sebagai bukti kamu pernah menikmati senja di timur Borneo. 🙂

4. Kamu suka fotografi yang menantang? Jika iya, sempatkan waktu untuk mengabadikan badai petir di Derawan

Penampakan badai petir di Derawan. via thatbackpacker.com

Yang satu ini agak ekstrim sih. Tapi buat kamu yang suka sama fotografi yang menantang dan kebetulan berencana stay beberapa hari lagi di Derawan, cobalah untuk mengabadikan badai petir di Derawan saat malam hari. Kamu bisa mengambil gambarnya sambil duduk di dermaga penginapan. Turis asing bahkan bela-belain stay di dermaga selama 2 jam hanya untuk mengambil gambar petir di Derawan.

#Kalau sekiranya ga yakin, mending jangan deh 😉

5. Sempatkan waktumu untuk bersepeda mengelilingi pulau Derawan yang menawan

Bersepeda menyusuri Derawan. via plus.google.com

Derawan juga bisa kamu jelajahi dengan mengendarai sepeda. Sempatkan untuk bersepeda saat pagi atau sore hari. Kamu akan terpikat dengan jalan-jalannya yang tertata rapi dan bersih. Belum lagi penduduknya yang ramah-ramah. Selain itu di pulau ini juga banyak terdapat warung-warung kecil yang menjual jajanan. Singgah sebentar untuk membeli snack dan minuman boleh banget. Harga jajanannya juga cukup terjangkau kok untuk ukuran pulau.

Untuk harga sewa sepeda cukup Rp. 25.000, untuk dipakai sepuasnya.

Sampe gempor juga boleh, Mz!

6. Berwisata ke Derawan, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya. Tehe-tehe, yang terbuat dari bulu babi dan beras ketan.

Ini lho yang namanya Tehe-tehe yang terbuat dari bulu babi dan beras ketan. via www.adirafacesofindonesia.com

Kalau kamu berkunjung ke Derawan, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya. Yakni Tehe-tehe, Kima-kima, dan Elai. Tehe-tehe adalah bulu babi yang di dalamnya diisi dengan beras ketan. Sementata Kima-kima atau Kima adalah potongan ikan kering yang dimasak dengan bumbu asam pedas atau semacam balado. Nah, untuk yang buahnya, kamu bisa mencicipi Elai. Yakni semacam durian, hanya saja warna daging buahnya oranye dan rasanya agak lebih creamy jika dibanding durian.

7. Honeymoon bersama pasangan? Pastikan Pulau Maratua kamu jadikan pilihan

Pulau Maratua cocok dijadikan pilihan untuk honeymoon. via marischkaprudence.blogspot.com

Masih bingung mencari tempat yang tepat untuk honeymoon? Pulau Maratua mungkin menjadi pilihan yang tepat. Pasir putihnya, air lautnya yang biru bening, dan pemandangan langitnya yang elok, bikin Maratua layak dijadikan tempat untuk honeymoon bersama pasangan. Selain itu, kamu dan pasangan bisa diving dan snorkeling bersama tanpa perlu khawatir perlengkapannya. Karena di Maratua sudah tersedia jasa dive operator. Bahkan Maratua adalah tempat yang asyik untuk kamu dan pasanganmu yang hobinya membaca. Membaca buku sambil sesekali menikmati pemandangan laut dari jendela resort. Jangan lupa sediakan juga dua cangkir teh hangat ya.

Romantis deh….

Ragam aktivitas yang bisa kamu lakukan di Kepulauan Derawan sudah Hipwee Travel rangkum untukmu. Kepulauan yang terletak di Kalimantan Timur ini memang bikin kamu enggan pulang dengan pesonanya. Nggak kalah cantiknya kan sama Maldives? Menurutmu gimana?

P.S: Untuk menuju Kepulauan Derawan, kamu harus terbang ke Balikpapan lalu dilanjutkan ke Berau. Dari Berau, kamu harus naik kendaraan menuju Pelabuhan Tanjung Redeb yang membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Terakhir, kamu tinggal menyeberang via speedboat sekitar 30 menit untuk sampai ke Pulau Derawan.

Gambar utama: http://jakartagreater.com/