Siapa di sini yang akan menolak jika diajak pergi ke pantai? Ada banyak yang bisa kamu lakukan di sana, dari melihat timbul dan tenggelamnya sang surya sampai makan ikan bakar. Ada juga aroma air laut yang asin dan segar, gemerisik daun kelapa yang tertiup angin, serta deburan ombak yang menenangkan. Dan meskipun indahnya puncak gunung memang tak tergantikan, pantai menyajikan keelokan yang lebih mudah dijangkau karena kamu tak perlu melakukan persiapan fisik sejak berbulan-bulan sebelumnya.

Beruntung kita hidup di Indonesia, yang punya pantai indah terhampar di seluruh penjuru wilayahnya. Dan inilah alasan mengapa pantai selalu punya tempat di hati penikmatnya.

1. Pantai adalah cara mudah dan murah untuk melarikan diri sejenak dari rutinitas yang membuatmu penat

Wisata murah meriah via rifdahazzura.com

Setelah seminggu menjalani rutinitas sekolah, kuliah, serta ngantor, tentunya kamu perlu ganti suasana dong biar hidupmu tetap seimbang antara kerja dan liburan. Nah, berwisata ke pantai adalah salah satu caramu melarikan diri sejenak dari rutinitas lewat cara yang mudah dan murah.

Kamu tinggal berkendara beberapa jam untuk bisa menikmatinya, apalagi harga tiket masuknya juga murah, bahkan seringkali gratis–kamu cukup bayar parkir doang. Hanya dengan beberapa ribu rupiah ditambah uang bensin, kamu sudah bisa menikmati liburan yang sanggup membuat penatmu hilang. Saat kembali ke kota lagi, otakmu sudah jauh lebih segar dan lebih siap menyambut hari.

2. Jika kamu (terlalu) terbiasa duduk dalam ruangan, pantai memberimu kesempatan untuk menikmati manfaat sinar matahari

Advertisement

Berjemur di pantai via siskanurifah.wordpress.com

Salah satu gaya hidup orang zaman sekarang adalah terlalu lama berada di dalam ruangan, sehingga bikin kita seringkali kekurangan cahaya matahari yang baik bagi tubuh. Bisa-bisa kamu kekurangan vitamin D tuh! Padahal Vitamin D penting untuk  mengikat kalsium ke dalam tulang kita.

Nah, berjemur di pantai pada pagi hari adalah salah satu cara mudah dan menyenangkan untuk mendapatkan cahaya matahari yang melimpah. Tentunya, jangan lupa menggunakan tabir surya, ya, biar kulitmu terjaga dari efek jahat sinar matahari.

3. Melangkahkan kaki di atas pasir bersama orang terkasih tak hanya romantis, tapi juga bisa menyalurkan energi positif

Berjalan di pantai via chrestellas.wordpress.com

Siapa yang menolak diajak jalan-jalan menyusuri pantai berpasir putih bareng pacar atau pasangan halalmu sambil bergandengan tangan? Hmm, tentu rasanya romantis banget, tuh. Tapi tahu gak sih kalau berjalan kaki di atas pasir itu ternyata punya manfaat lebih dari sekadar romantis?

Menurut penelitian, melangkah di atas pasir ternyata membutuhkan energi 1,6–2,5 kali lebih besar daripada berjalan di permukaan yang keras. Makanya, berjalan atau jogging di atas pasir bisa membantu memperkuat otot-otot kakimu. Tak cuma itu, berjalan bertelanjang kaki di atas pasir atau yang disebut “earthing” juga bisa membantu menyalurkan energi positif dari bumi kepada dirimu. Moodmu akan menjadi lebih baik dan kamu pun lebih rileks.

4. Air laut tak cuma menawan untuk dilihat dan asyik untuk berenang, tapi juga memiliki manfaat kesehatan yang segudang

Berenang di laut via zulfikaralex.com

Melihat permukaan laut yang indah kadang bikin kamu susah menolak hasrat untuk berenang. Gak usah ditolak, toh berenang itu banyak manfaatnya bagi kesehatan, kok. Tapi, ternyata air laut juga mengandung beragam mineral yang bermanfaat bagi tubuhmu. Selain mampu mencegah infeksi, air laut juga bermanfaat untuk revitalisasi tubuh, relaksasi, sampai meremajakan kulit.

Jadi itulah mengapa sampai ada ritual kungkum alias berendam di air laut di berbagai daerah di Indonesia, banyak manfaatnya, sih! Tentunya, berendamnya di air laut yang gak tercemar sehingga manfaatnya makin terasa.

5. Berbeda dengan berenang di kolam yang kosong, di pantai renangmu bisa ditemani indahnya terumbu karang

Snorkeling di pantai via ridiculoustravel.wordpress.com

Di sebagian pantai yang masih alami dan berombak kecil, berenang di laut lewat kegiatan snorkeling menjadi salah satu pengalaman menarik tersendiri. Berbeda dengan berenang di kolam renang yang dasarnya kosong melompong, di lautan kamu bisa menikmati panorama yang gak akan kamu temukan di tempat manapun di daratan: yaitu terumbu karang yang berwarna-warni lengkap dengan ikan-ikan cantik penghuninya.

6. Seringkali, pantai gak cuma menawarkan eloknya pesona alam, berbagai kegiatan yang memacu adrenalin juga bisa kamu lakukan di sini

Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo via wisatajawa.com

Tak cuma panorama nan elok, pantai yang kamu kunjungi juga tak jarang menyediakan beragam fasilitas rekreasi yang menantang seperti snorkeling, banana boat, dan jetski. Sejumlah pantai yang berombak cukup besar seperti Pantai Plengkung di Banyuwangi dan Pantai Pulau Merah di Pacitan juga menjadi tujuan para peselancar lokal maupun internasional.

Tak hanya itu, pantai-pantai tertentu juga mempunyai keunikan yang memacu adrenalin. Misalnya, gumuk pasir Parangkusumo yang bisa kamu manfaatkan untuk sandboarding, atau tebing-tebing di Pantai Siung yang dimanfaatkan sebagai arena panjat tebing.

7. Nah, di mana lagi kamu bisa menikmati ikan segar hasil tangkapan nelayan jika bukan di pantai?

Makan ikan segar via arditafanisa.wordpress.com

Kalau kamu biasanya memakan hasil laut yang dijual di supermarket, di pantailah kamu bisa menikmati ikan laut segar hasil tangkapan nelayan lokal. Mumpung ke pantai, jangan lupa menjajal nikmatnya ikan bakar serta beragam jenis makanan laut lainnya. Apalagi, biasanya harganya lebih terjangkau dibanding makan di restoran.

8. Indonesia adalah negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia. Tentunya negeri ini punya sejuta pantai untuk dinikmati para penjelajah

Pantai Karang Agung via diasporaiqbal.blogspot.com

Sebagai negara kepulauan, Indonesia adalah salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Selain pantai-pantai yang ramai dikunjungi, masih banyak pantai-pantai tersembunyi yang masih alami dan belum terjamah tangan-tangan manusia. Tentunya, menjelajah pantai-pantai tersembunyi ini bisa semenarik mendaki gunung. Berjalan kaki menyusuri jalan setapak, sampai naik turun bukit dan lembah demi mencapai pantai menjadi pengalaman tersendiri bagi penikmat penjelajahan.

9. Akhirnya, laut punya cara untuk menyadarkan kita bahwa manusia takkan bertahan tanpa sokongan sang Ibu Pertiwi

Laut kita patut dijaga via robbihafzan.wordpress.com

“Seganas-ganasnya laut, dia lebih pemurah dari hati priayi.”

― Pramoedya Ananta Toer, Gadis Pantai

Kamu mungkin sering mendengar berita orang hilang karena tergulung ombak. Ya, laut memang bisa mengganas dan dengan mudahnya merenggut nyawa mereka yang lengah. Tapi, laut juga pemurah karena telah menyediakan hasil laut untuk kita makan dan keajaiban berupa panorama pantai dan dasar lautnya untuk kita nikmati.

Padahal, kita sebagai manusia sering lalai membuang sampah dan limbah ke laut dan kadang merusaknya demi keuntungan segelintir orang. Padahal, jika bukan kita yang menjaga, siapa lagi? Belum tentu kita bisa menikmati keindahan pantai yang sama seratus tahun lagi. Makanya, sebagai manusia-manusia yang sadar, kita seharusnya menjaga laut dengan sebaik-baiknya. Laut gak butuh manusia, manusialah yang membutuhkan laut.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa pantai menjadi salah satu destinasi wisata  favorit yang menyenangkan dan bermanfaat. Apakah kamu punya hal yang membuatmu menyukai pantai versimu sendiri? Yuk, bagiin deh di komentar!