Akhir tahun adalah puncak liburan bagi banyak orang. Kesempatan libur beberapa hari di akhir Desember jadi sebuah pelipur lara dari pekerjaan yang tak ada habis-habisnya. Maka dari itu, destinasi liburan mainstream macam Bali dan Jogja ramai dikunjungi wisatawan. Tak ayal, kemacetan dan hiruk pikuk pun pindah dari kota besar macam Jakarta atau Surabaya ke Bali, dan juga Jogja. Duh, kesel nggak sih rasanya.

Sebenarnya kemacetan sih nggak terlalu mengganggu liburan. Satu hal yang menjadi masalah adalah harga-harga di tempat wisata kian melambung saja. Sudah tiket pesawatnya makin mahal, eh hotelnya juga ikut-ikutan. Sewa mobil pun kehabisan. Duh, gimana ya ngatasin masalah yang satu ini?

Hipwee Travel berbaik hati kasih 4 tips liburan murah akhir tahun di Bali. Penasaran ‘kan? Yuk simak sama-sama!

1. Cari penginapan tak jauh dari bandara, kemudian sewa motor selama beberapa hari…

kuta macet terus via www.konfrontasi.com

Satu hal yang bisa kamu coba segera, carilah tempat menginap nggak jauh dari bandara. Sehingga kamu bisa nggembel jalan kaki ke penginapan. Nggak terlalu murah nggak masalah, tapi kan kamu sudah terhindar dari biaya mahal dari dan ke bandara ‘kan? Percaya deh, di peak season banget kaya gini, hindari deh penginapan yang jauh dari bandara.

Advertisement

Abis itu sewalah motor aja selama liburan kamu di Bali. Daripada kamu terjebak macet dan keluar duit banyak buat beli bensin yang habis dibakar di jalan, mending motoran aja. Murah, nggak ribet!

2. Berangkatlah traveling sedari pagi dengan naik motor. Tujuannya jangan destinasi mainstream sekitar Kuta, Nusa Dua atau Uluwatu. Pergilah ke daerah utara atau timur aja!

Kenapa sih harus pagi-pagi? Pertama jalanan belum macet dan belum terlalu terik. Kedua, destinasi yang nggak terlalu ramai ya berada cukup jauh ke utara. Cobalah ke Ubud, Desa Panglipuran, hingga Kintamani. Selain nggak hiruk pikuk wisatawan, suasananya juga menyejukkan. Cocok buat liburan akhir tahun yang menenangkan. Satu lagi, tiket wisata di kawasan ini relatif murah. Mantap ‘kan?

3. Jadikan Bali sebagai persinggahan saja, tujulah Pulau Nusa Penida yang pemandangannya luar biasa namun wisatanya murah-murah…

nusa penida via www.brobali.com

Jangan kaget kalau banyak tempat wisata di Nusa Penida tidak dipungut biaya. Kamu bisa ke Broken Beach, Angel Billabong hingga Crystal Bay. Selain murah, di Nusa Penida juga anti macet kok. Cukup sewa motor dan berkelilinglah sesukamu. Paling harga tiket kapal ke sana aja sih yang cukup lumayan harganya. Pesona Nusa Penida oke punya sih. Sepi lagi~

4. Gabung ke acara Google Indonesia #SelaluTauYangSeru di Bali. Kamu bisa gabung acara ataupun makan-makan di tempat yang udah Google pilih secara gratis. Sumpah nggak bohong!

youtubers dan media berkunjung ke john hardy, bali via www.telusurindonesia.com

Kabar gembira buat kamu yang lagi liburan di Bali. Setelah sukses dengan kampanye #SelaluTauYangSeru di 5 kota , Google Indonesia melanjutkan roadshow Google App di Bali. Google App adalah salah satu fitur andalan Google untuk mempermudah perjalanan liburanmu, seperti mengecek jadwal penerbangan, referensi kuliner favorit, hingga memesan taksi dan ojek online. Dengan fitur ‘Oke Google’, kamu tinggal bilang aja keperluan kamu di depan ponsel cerdas yag sudah terpasang Google App. Cukup pake suara aja, nggak harus capek-capek ngetik ‘kan, nggak perlu kesel karena ngetik tiket malah typo kata yang lain. Hehehe.

Kampanye #SelaluTauYangSeru di Bali ini akan dilaksanakan selama 7 hari, 19-25 Desember 2016 di 7 tempat berbeda. Kamu cukup ikuti petunjuk yang tersedia di akun twitter @Google_IDN atau Facebook Google Indonesia. Masukkan clue dalam pencarian Google App, dan voila, kamu akan menemukan satu tempat berlogo Google. Silakan datang dan nikmati sesuatu di sana (entah event atau kuliner) secara gratis. Lumayan banget lho bisa menghemat bujet traveling kamu.

Devdan Show via twitter.com

Untuk destinasi di hari pertama, #SelaluTauYangSeru di Bali mengambil lokasi di Nusa Dua. Peserta dan media diajak untuk menikmati atraksi pertunjukan Devdan Show. Sebuah art performance yang mengangkat atraksi tarian kontemporer dari berbagai budaya di Indonesia. FYI, Devdan Show ini sudah diakui dunia dengan berbagai penghargaan yang dimiliki. Jangan salah, masuk ke teater ini kamu harus merogoh kocok dari 300 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah lho. Dalam #SelaluTauYangSeru Bali kamu nggak perlu bayar, alias gratis! Sedih ‘kan nggak dapat gratisan? Tenang, masih ada 6 hari lagi kok. Cari lokasinya pake Google App ya!

“Kemampuan untuk mencari di Google dengan suara adalah salah satu teknologi yang sudah lama kembangkan bagi masyarakat Indonesia, dan kami senang bisa membawanya ke Bali di mana orang banyak memanfaatkan internet untuk informasi liburan mereka”

– Mira Sumanti, Google Indonesia

Jadi, nunggu apa lagi? Udah deh segera liburan ke Bali akhir tahun ini!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya