Berkelana ke barat Indonesia, jangan lupa untuk mampir ke Sumatera Utara. Mampirlah ke tanah Batak, Medan, untuk mengeksplor kuliner khasnya yang nikmat untuk disantap! Nah, seperti apa kuliner Medan yang bisa kamu nikmati, kali ini Hipwee Travel akan memberi sedikit rekomendasi buat kamu para pemburu kuliner. Inilah beberapa kuliner dari Medan yang siap kamu cicip!

Kalau kamu sedang di Medan dan pengin makan spaghetti di tanah Batak, cobalah santap sepiring Mi Gomak.

Mi ini bisa dibilang sebagai spaghetti dari tanah Medan. Mi ini juga sering disebut sebagai mi lidi, karena bentuknya yang menyerupai lidi. Awalnya, mi ini berasal dari Balige, tapi seiring perkembangan zaman perkulineran, mi ini seolah diakusisi oleh Medan. Uniknya lagi, bahan dasar mi ini hanya bisa didapatkan di Sumatera Utara. Selain dibisa dimasak biasa, Mi Gomak juga bisa dicampur dengan lontong atau dicampur dengan bumbu kacang.

Buat kamu pemburu kuliner ‘unik’, nggak ada salahnya mencicipi Babi Panggang Karo. Buat kamu yang muslim, ini bukan sebuah saran loh.

Karo adalah etnis Batak yang berada di Dataran Tinggi Karo. Daerah ini memiliki makanan khas yang bisa kamu coba, bagi pemburu kuliner non-muslim. Ya, inilah babi panggang Karo yang memiliki cita rasa berbeda dengan daging panggang yang lain. Seolah perpaduan antara daging babi dan bumbunya itu menyatu, meresap dalam daging. Duh, kamu perlu coba yang satu ini nih. Buat yang muslim, nggak disaranin sih. hehe

Jangan berpikir, jauh-jauh ke Medan cuma buat makan Kerang Rebus, ya! Makanan ini beda dengan kerang rebus yang pernah kamu coba!

Advertisement

Kerang rebus~ via www.klikhotel.com

Kerang rebus ini merupakan makanan khas Tanjung Balai. Gampang banget buat kamu yang pengin makan kerang rebus. Di sepanjang jalan di Tanjung Balai, kamu dapat mencoba sepiring kerang rebus ini. Yang membedakan hanyalah bumbu yang terdiri dari perasan nanas dan beberapa bumbu lainnya yang tercampur dalam cangkang kerang. Bukan kerang rebus biasa!

Arsik Ikan Mas dari Medan ini menggunakan bumbu rempah khas Batak. Buat yang penasaran, nggak ada salahnya buat coba makanan penuh protein ini.

Arsik Ikan Mas ini hampir menyerupai gulai, karena bersantan. Selain itu, makanan ini dibumbui dengan andaliman (merica), asam glugur, dan juga bawang Batak. Sehingga rasa yang akan kamu sesap adalah sedikit getir dan asin. Penasaran nggak tuh?

Makanan berprotein tinggi yang bisa dimasak apa saja, cobalah Teri Medan. Teri ini berbeda dengan teri yang lain loh!

Dimasak apa aja juga enak! via entrepreneur.bisnis.com

Inilah makanan khas Medan yang harus, kudu, dan wajib kamu coba dan bawa pulang. Teri Medan ini bisa kamu masak dengan aneka rupa. Mau dimasak dengan sambal kacang, sambal balado, atau apa saja, teri ini tetap enak! Yang membedakan Teri Medan dengan teri yang lain adalah warnanya yang putih dan tingkat ketahanannya. Teri ini nggak cepat basi kok! 🙂

Setelah puas dengan berburu makanan berat, saatnya dahagamu yang perlu dituntaskan. Pecinta kopi, silakan coba Kopi Sidikalang khas Medan.

Coba deh kopi Sidikalang! via kopisidikalang.com

Kopi ini adalah rajanya kopi dari tanah Sumatera. Di Sumatera memang terkenal dengan produksi kopi terbesar di Indonesia, dan Medan adalah pemilik kopi Arabika ternikmat! Kopi Sidikalang memiliki cita rasa yang sangat nikmat, di samping kandungan kafeinnya yang tinggi dan kuat. Pecinta kopi pasti sudah tahu soal kopi ini dong? 🙂

Untuk menemanimu dalam menyeruput Kopi Sidikalang, ada baiknya tambahkan Kacang Sihobuk sebagai cemilan. Oleh-oleh yang nggak boleh ketinggalan!

Buat cemilan oke juga~ via www.klikhotel.com

Sebelum memutuskan untuk kembali ke rumah, ada baiknya kamu mencoba kacang Sihobuk ini. kacang yang berasal dari Tapanuli Utara ini dipercaya memiliki kandungan vitamin E yang sangat tinggi. Salah satu makanan yang dapat mencegah kanker dan dapat menyehatkan kulit. Jangan ragu untuk membawanya pulang, ya!

Bika Ambon, jajanan asli Medan yang nggak ada sejarah hubungannya dengan Ibukota Provinsi Maluku.

Kenyal, gurih, enak deh! via resepcaramasak.com

Satu jajanan yang bisa kamu bawa pulang dari tanah Batak. Eh, kok namanya Bika Ambon? Yep! Meski bernama Bika Ambon, jajanan ini sama sekali nggak ada sejarahnya dengan Ibukota Provinsi Malaku. Tapi sayangnya, nggak ada sejarah pasti lahirnya Bika Ambon di tanah Medan. Yang pasti, Bika Ambon dari Medan ini nggak sama dengan Bika Ambon yang ada di pasar-pasar tradisional lainnya. Jajanan asli Medan ini udah ditambah dengan pengembang dari bahan Nira atau tua Enau. Inilah yang bikin beda enaknya.

Tuak Medan, minuman pamungkas yang mungkin kamu cari di Medan. Buat yang nggak biasa, ini juga bukan sebuah saran!

Kalau mau, cari tuak yang manis, yang tanpa alkohol. Ntap! via www.medanbisnisdaily.com

Mungkin inilah yang kamu cari-cari di kota Medan. Ya, nggak salah sih. Tapi jangan salah, ya. Tuak Medan ini punya dua varian, yakni tuak rasa manis dan rasa pahit. Tuak terakhir inilah yang mengandung alkohol. Meski terbuat dari sadapan pohon Nira atau Aren, tuak ini telah difermentasi dan berkadar alkohol. Buat kamu yang nggak biasa minum, sarannya sih dibiasain dulu jangan.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Medan yang bisa kamu santap selama traveling di Sumatera Utara. Buat traveler muslim, cobalah untuk teliti sebelum memesan makanan khas Medan, ya. Beberapa dari kuliner khas Medan ada yang nggak boleh kamu santap, menurut kepercayaanmu. Selamat berburu kuliner di Medan, Gaes!