Indonesia memang negeri bahari, terkenal akan segala keindahan pantai dan kehidupan bawah lautnya. Cerita tentang panorama alam Indonesia tak kan pernah ada habisnya. Kalau cuma diceritakan, ya kasihan juga sih bikin mupeng dan penasaran. Mending kamu berkunjung langsung ke seluruh penjuru Nusantara ini. Tapi mending dibikin mupeng dulu kali ya, baru tergerak buat packing dan traveling. Hihiii…

Wisata pantai favoritmu dimana? Jangan jawab Bali atau Lombok, it’s so last year anyway. Hehe. Jadi gini, ada wisata bahari baru yang lagi hits di Indonesia. Pulo Cinta namanya, keindahan alam dan pantainya begitu mempesona bak taman surga di dunia. Eits, semua foto disini sama sekali bukan rekayasa, bersiaplah terpesona.

Pulo Cinta, Maldives Van Gorontalo. Terletak di Teluk Tomini, Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara. Kapan main kesini?

kenalan dulu yuk, ini Pulo Cinta via sukagitu.com

Satu lagi objek wisata yang menjadi unggulan di Provinsi Gorontalo setelah pulau Saronde. Kok bisa unggulan? Ya gimana nggak unggulan kalau objek yang satu ini begitu mempesona dan membuat pengunjungnya terlena sampai nggak mau pulang kembali menuju realita. Denger namanya aja kamu pasti udah pengen kesana. Berharap bertemu pujaan hati, soulmate, jodoh, belahan jiwa, ah entah apa lagi sebutannya. Bukan begitu yang tengah kamu bayangkan?

Pulo Cinta nggak hanya bermakna konotatif, tapi juga denotatif. Cinta lekat sekali dengan lambang hati, begitu juga dengan destinasi ini

Tuhan memang luar biasa ya, bisa dibentuk persis hati gitu via sukagitu.com

Advertisement

Karena pulau ini berbentuk hati, maka disebutlah Pulo Cinta. Karena itu pulalah, kesan romantis begitu identik dengan pulau yang satu ini. Bingung mau honeymoon kemana? Pulo Cinta bisa jadi alternatif tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam untuk melipir ke luar negeri. Pulo Cinta ini baru saja diresmikan dan dipopulerkan pada Festival Sail Tomini Boalemo yang diselenggarakan tepat disana, April tahun ini.

Berada tepat di kawasan pantai Bolihutuo, kawasan ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sudah diresmikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Nggak cuma ngehits di Indonesia, Pulau indah ini telah banyak dikunjungi wisatawan asing dari luar negeri, khususnya wisatawan dari Singapura, Malaysia, China, dan Australia.

Konon katanya, pulau kecil berbentuk hati ini juga menyimpan sebuah legenda. Tentu saja kisah percintaan pangeran dan putri yang bikin banyak orang makin pengen kemari

legendanya bisa dijual juga ternyata via citraindonesia.com

Menurut legenda, tempat ini menjadi lokasi pertemuan rahasia antara pangeran dari Gorontalo dengan putri saudagar dari Belanda. Saat itu adalah masa peperangan, dan kedua insan dari pihak yang bertikai itu ternyata malah saling mencintai. Mereka pun selalu mengusahakan sebuah pertemuan dan berupaya melupakan barang sejenak posisi mereka yang sejatinya bersebrangan. Saat malam hari bertabur bintang, mereka menikmati secret escape, to embrace the love. Aaaaaak romantisnyaaaaaa. Nah, bentuk dan legenda ini sudah menunjukkan dengan jelas dong kenapa pulau ini bernama Pulo Cinta?

Nggak cuma bentuk dan legendanya aja, sekarang pun sudah dibangun resort dengan bentuk serupa ; HATI!

resortnya satu, cottagenya 15 via kompas.com

Di Pulo Cinta, terdapat sebuah resort yang kini punya 15 cottage yang didesain unik dan super romantis mengelilingi pulau ini, khusus untuk para wisatawan baik dalam Negeri maupun mancanegara. Karena pulau ini bentuknya hati, otomatis kalau 15 cottage ini mengelilinginya, bentuknya jadi hati juga dong? Tempatnya berada di tengah pantai, ada jembatan memanjang terbuat dari kayu untuk menuju kesana. Tentu saja jika malam suasananya jadi syahdu. Tempat ini fix cocok untuk jujugan bulan madu. Awalnya pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni, hingga akhirnya ada masyarakat Boalemo yang menemukannya dan melaporkan kepada Dinas Pariwisata di Gorontalo. Betapa berjasanya dia.

Jangan kira yang menarik hanya luarnya saja, diving dan buktikanlah kalau di bawah laut sana ada coral yang luar biasa. Satu-satunya di dunia!

santai-santai begini juga sah sah aja kok via marischkaprudence.blogspot.co.id

Pulau ini berjarak sekitar 460 km dari Manado. Dari Jakarta bisa ditempuh kurang lebih empat jam perjalanan udara. Pemandangan yang menakjubkan akan kamu dapati setelah perjalanan menggunakan pesawat. Ada disini kamu mau ngapain lagi kalau nggak diving? Satu hal yang perlu kamu catat dan ingat, saat diving kamu akan menemukan coral yang hanya ada satu-satunya di dunia, yaitu Salvador Dali. Jumlahnya pun nggak sedikit. Nggak harus diving sih, kamu juga bisa snorkling, fishing, ataupun duduk santai di tepian resot ya nggak papa. Tinggal loncat aja kamu sudah dapat pemandangan hamparan laut luas yang membiru. Tempat ini cocok nggak hanya untuk pasangan, tapi juga untuk kamu yang ingin menjauh dari kesibukan dan padatnya rutinitas keseharian.

Jelas nggak ada pesawat yang langsung menuju kemari, kamu mesti pakai perahu dulu. Memang harus ada usaha ekstra untuk mendapat tiket menuju surga kan?

menuju surga kamu harus sabar, hehehe via wisatagaleri.com

Sebelumnya, kamu butuh dua jam perjalanan darat dari Provinsi Gorontalo menuju ke Kabupaten Boalemo, tepatnya kecamatan Tilamuta. Nah, sampai di objek wisata Bolihutuo, nanti kamu bisa menyewa jasa perahu menuju ke Pulo Cinta ini. Perahu disewakan seharga Rp 100 ribu. Ada hutan bakau seluas 30 hektar yang akan kamu kelilingi lebih dulu. Bukankah cukup murah untuk sebuah keseruan yang belum tentu kamu dapat dari tempat lain? Seperti dijelaskan di atas, pulau unik nan mengesankan ini punya sebuah resort dengan 15 cottage yang harganya eksklusif. Mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 5 juta.

Kamu harus percaya, pemadangan di Pulo Cinta benar-benar mempesona. Baik saat kamu hanya berjalan kaki di deck jembatan yang memanjang, saat berbaring menikmati ketenangan, atau dari atas melalui drone. The view is just spectacular! Dikelilingi lautan dangkal berpasir putih, warna hijau toska turqoise dan biru berpadu indah membuat pemandangan yang mengundang siapapun untuk datang dan menikmati keindahannya. Jadi kapan kamu halalin dia dulu dan ajak bulan madu?