Mengenai tema untuk resepsi pernikahanmu kelak, tak bisa asal memilih sembarangan. Dari detil A hingga Z, mulai pelaminan hingga dekorasi meja beserta kursinya juga perlu disiapkan sejak jauh-jauh hari.

Terkadang, kita lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian sekitar saat merayakan momen bahagia ini. Di dalam gedung, sudah berapa banyak sudut yang terenggut kebersihannya? Atau begini, mana saja yang sudah dikotori oleh sampah kecil (yang jadi besar) di venue resepsi luar ruanganmu?

Jika kamu mencari tema resepsi yang ramah lingkungan, Hipwee sudah menyiapkan beberapa inspirasinya. Tak perlu malu atau segan untuk mendaur ulang beberapa barang yang fungsinya masih bisa dimaksimalkan. Berbahagia boleh, meminimalisir merusak lingkungan juga tak boleh dikesampingan ya, guys!

1. Tak perlu banyak tinta berwarna, cukup hitam di atas kertas putih. Sama sederhananya dengan tema eco friendly-mu!

Undangan serba putih via greenweddingshoes.com

2. Undangan juga harus sama dengan tema. Kertas cokelat daur ulang dengan warna yang bumi banget bisa kamu usung!

Kertas coklat daur ulang via table6productions.com

3. Kertas daur ulang memang punya keistimewaan tersendiri. Memakainya sebagai bahas kertas undangan bisa kamu andalkan.

Advertisement

Daur ulang yang ramah lingkungan via www.junkaholique.com

4. Untuk buket, tak perlu yang besar dengan banyak tangkai bunga. Dedaunan yang segar dipandang mata pun bisa dijadikan pilihan.

Tak perlu bunga via www.theperfectpalette.com

5. Keranjang anyam ini bisa didapat di mana saja, tak perlulah beli jika kamu punya beberapa di rumah. Rela makin banyak kayu yang ditebang?

Kalau di rumah punya, tak usah repot beli lagi via www.diynetwork.com

6. Kaleng besar untuk susu segar bisa dimanfaatkan sebagai penyangga papan penyambut tamu di depan. Sedikit bunga dan tulisan terukir di kayu bekas, terasa semakin berkesan.

Tabung penyimpanan susu jangan dibuang! via www.deerpearlflowers.com

7. Tak perlu mahal, jerami-jerami coklat yang biasa ini akan memberikan kesan luar biasa. Bersanding dengan inisial mempelai, terasa lebih beda!

Tak ada jarum dibalik jeraminya kok via www.deerpearlflowers.com

8. Kurangi penggunaan listrik saat siang hari di venue luar ruangan. Lilin-lilin yang tergantung di chandilier tak kalah sempurna cahaya romantisnya.

Gabungkan lilin di atas chandelier via www.stylemepretty.com

9. Barel kayu bisa juga dijadikan sebagai tempat sampah alternatif. Lubangnya besar, mengurangi kemungkinan buang sampah sembarangan.

Tempat sampah besar, biar ga sembarangan buang via www.stylemepretty.com

10. Tangga memang serbaguna untuk dekorasi. Hias tangga usangmu dengan lampu-lampu kecil dan bunga baby’s breath putih.

Tangga bekas tapi membekas di memori via www.lovemydress.net

11. Hemat tempat dan minim pigura kayu, pasang saja foto-fotomu melingkari pohon. Ditambah lampu dari bohlam kecil, jadi berkesan di hati.

Tak memakan banyak tempat via www.elegantweddinginvites.com

12. Tak hanya untuk membangun rumah, menghemat tempat minuman dengan kereta sorong saja. Bisa dipindah-pindah dan ga ribet.

Kereta sorong serbaguna

13. Bohlam tak terpakai jangan terburu untuk dibuang. Sedikit modifikasi dan sebatang bunga, bisa jadi backdrop yang cantik.

Bohlam bekas, cabe rawit via www.stylemepretty.com

14. Kaleng bertabung tak hanya diisi dengan susu kental manis. Masukkan beberapa tangkai bunga, dekorasi sederhana tanpa terbuang sia-sia.

Dari kaleng susu, dekorasi jadi makin apik via simpleasthatblog.com

15. Suguhkan cemilan buah segar dibungkus kertas daur ulang. Tak perlu plastik yang tak bersahabat dengan lingkungan.

Pakai kertas daur ulang via www.colincowieweddings.com

16. Tak hanya benda lucu, menghadiahi tamumu dengan tanaman succulent akan memperindah halaman rumahnya. Makin segar rasanya!

Souvenir yang bisa ditanam via www.colincowieweddings.com

17. Selain berbagi kebahagiaan antara tamu dan mempelai, tak ada salahnya memberi bibit untuk ditanam. Tetap beriringan dengan kelestarian alam!

Bibit kebahagiaan untuk alam via www.colincowieweddings.com

18. Pot alumunium awetnya tak perlu diragukan lagi. Pakai saja untuk menampung bunga-bunga terindahmu dan berada di tengah-tengah tamu undangan.

Wadah untuk bunga-bunga terindahmu via www.buzzfeed.com

19. Tunas siap tanam yang dibalut dengan kain cokelat dengan senang hati akan diterima sebagai souvenir. Alam pun ikut tersenyum.

Siap tanam! via bridalguide.com

Sederhana dan tanya banyak yang diminta, pernikahan dengan tema yang ramah lingkungan ini hanya ingin agar kamu memanfaatkan barang yang sudah ada. Barang bekas pun tak apa. Selain itu, kamu juga mengajak para tamu untuk lebih peduli dengan lingkungan. Paling tidak, mengajak mereka untuk menumbuhkan tanaman hijau dan segar bisa menjadi hasil akhir yang membahagiakan. Untuk kamu dan sekitarmu. Selamat mencoba, guys!