• 30 November 2018, 12:00 am
  • Yogyakarta

Karena kebaikan itu banyak macamnya, termasuk mendedikasikan diri untuk memperbaiki kualitas hidup sesama 🙂

Dalam rangka memperingati Hari Tanam Pohon yang jatuh tanggal 28 November, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi mengadakan acara tanam pohon yang dilaksanakan di Desa Dadapayu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul pada hari Kamis sampai Jumat, tanggal 29-30 November 2018. Acara “Tanam Sebatang Pohon, Petik Sejuta Kebaikan” ini juga kerja sama dengan SDN Dadapayu 1, Madawirna UNY, Balai Desa Dadapayu, BPDASHL dan masyarakat setempat. Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 2000 bibit pohon, salah satu jenis pohon yang di tanam yaitu bibit pohon sirsak, sengon, nyamplung dan bibit pohon lainnya.

Advertisement

Penanaman pohon dilakukan pada hari Jumat di sepanjang pinggiran Telaga Belik Desa Dadapayu oleh siswa-siswi SDN Dadapayu 1 dan beberapa warga setempat yang turut serta dalam acara ini sebanyak 40 bibit dan lainnya dibagikan kebada warga setempat untuk ditanam dilahan yang lainnya oleh Pak Jumadi selaku Kepala Desa Dadapayu, Semanu.

Acara pada hari Kamis sendiri dilakukan di Balai Desa Dadapayu yang dimana anak-anak diberikan sosialisasi tentang pentingnya menanam pohon dan bagimana cara menanam pohon. Di sisi lain anak-anak juga diajak untuk melukis caping sesuai dengan kreativitas mereka dan caping tersebut akan digunakan untuk menanam pohon pada hari berikutnya. Antusias anak-anak, guru, perangkat desa dan masyarakat setempat dalam mengikuti serangkaian acara ini sangat tinggi. Pada akhir acara beberapa siswa-siswi SDN Dadapayu 1 melakukan pelepasan burung emprit sebanyak 25 ekor.

Asih Rochana selaku Kepala Sekolah SDN Dadapayu 1 mengaku sangat antusias dalam mengikuti acara ini, beliau berharap semoga pada tahun berikutnya Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta tetap melaksanakan acara tanam pohon di Desa Dadapayu, Semanu, Gunung Kidul. Sementara itu Ibu Deny selaku perwakilan dari perangkat Desa Dadapyu juga mengatakan hal yang sama “Acara ini sangat baik dan bermanfaat bagi desa kami. Apalagi penanaman pohon sendiri dilakukan oleh anak-anak yang merupakan penerus bangsa, semoga ditahun berikutnya acara ini bisa terlaksana lagi karena terdapat banyak lahan kosong disini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya