Di musim durian seperti sekarang, mulai banyak dijumpai abang-abang penjual durian yang menjajakan buah dagangannya di pinggir jalan. Bau semerbak khas durian bahkan sudah tercium meski kamu hanya lewat di depan kiosnya. Bagi yang suka dengan buah yang satu ini, musim-musim durian adalah godaan iman untuk menghabiskan uang lebih banyak lagi demi menikmati durian. Tapi bagi yang nggak suka, musim durian benar-benar sangat menyiksa.

Entah mengapa buah berduri satu ini memang punya banyak penggemar fanatik sekaligus punya haters garis keras. Pamornya bahkan membuat durian menyandang gelar king of fruit atau rajanya buah-buahan. Mumpung lagi musim durian, disaat pecinta durian berbahagia dan haters-nya menderita, nggak ada salahnya buat kita kulik lebih jauh lagi soal gelar ‘bangsawan’ yang disandang durian ini. Yuk simak uraian Hipwee News & Feature berikut!

1. Seperti titelnya, durian punya ‘mahkota’ yang mengelilingi seluruh tubuhnya. Nggak ada buah lain yang punya durinya sekompleks durian

Mahkota yang ada di buah durian adalah duri-duri yang mengelilinya. Buah mana lagi yang bisa begini? via tallypress.com

2. Pamornya bikin seluruh dunia gagal fokus. Ada yang kemudian jatuh cinta, ada yang benci setengah mati

Mungkin mbak nya belum terbiasa via www.theworldplease.com

3. Raja hutan yang merupakan karnivora yaitu harimau, ternyata juga doyan makan durian lho. Nggak heran fakta ini bikin image durian makin bad-ass

Mungkin karena rasa durian yang bener-bener berbeda dengan buah lainnya via kids.nationalgeographic.com

Advertisement

Dikutip melalui Year of The Durian, si kucing besar nan buas memang doyan memakan durian. Durian akhirnya disebut sebagai steak of fruit, atau buah yang kayak daging. Ada pula mitos yang menceritakan harimau dan manusia adalah sahabat vegetarian yang suka banget makan durian. Sampai suatu hari sang manusia tiak sengaja melukai dirinya ketika mengupas kulit durian. Harimau jadi liar ketika mencium baru darah, dari situlah harimau berubah jadi karnivora.

4. Seorang naturalis, Alfred Russel Wallace bahkan mendeskripsikan sensasi rasa durian yang sangat ‘kaya’

Teksturnya lebih lembut dari sentuhan pelakor via www.thealthbenefitsof.com

“Layaknya puding mentega yang kaya rasa dan diberi kacang almond adalah gambaran terbaik dari durian, namun bersama itu, ada aroma rasa mirip krim keju, saus bawang, sherry coklat, dan jenis lainnya. Memakan durian adalah sensasi baru, sepadan dengan jauhnya perjalanan ke timur untuk cari pengalaman.” ujar Wallace.

5. Banyak orang percaya mengonsumsi durian berlebihan bisa menyebabkan kematian. Durian memang mengandung banyak gula dan menaikkan tekanan darah

Dikontrol kolestrolnya yaa~ via www.youtube.com

6. Masalah pencernaan serius juga bisa muncul jika mengonsumsi durian berbarengan dengan kopi dan alkohol

Terkapar akibat mabok durian via www.yearofthedurian.com

7. Namun secara ilmiah, durian juga punya kandungan yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan berguna bagi tubuh lho

Durian merah menarik tuh! via www.yearofthedurian.com

Dikutip melaui situs Steemit, durian punya kandungan yang sangat kompleks. Satu porsi buah durian bahkan mampu memenuhi 20% kebutuhan karbohidrat harian lho. Tapi buat kamu yang sedang diet jangan coba-coba makan durian kebanyakan ya. Bisa gagal total deh.

8. Durian ternyata juga dipercaya bisa menyembuhin penyakit kuning lho!

Bakalan sembuh kalau makannya bareng kamu :3 via www.slightlyastray.com

9. Karena kaya akan folat dan zat besi, durian bisa bermanfaat bagi penderita anemia

Tekstur durian yang sempurna via fatboo.com

10. Dengan segala keunikan, manfaat kesehatan, hingga kontroversinya, durian kayaknya memang layak menyandang gelar rajanya buah-buahan

Park Bogum sedang memilah buah durian via fatboo.com

Advertisement

Orang yang benci durian mungkin akan heran setengah mati mengapa ada orang yang menyukai buah dengan bau yang lebih mirip bau kaki ini. Bahkan banyak bule yang menjadikan makan durian sebagai bahan tantangan dan buat mengerjai teman-temannya. Tapi bagi yang suka, mereka pun nggak bisa menggambarkan rasa durian yang layaknya surga bagi mereka yang terlanjur tak suka. Jadi janganlah berdebat, meski sebagian suka dan sebagian benci bukankah kita tetap bhinneka tunggal ika? 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya