Nggak bisa dipungkiri, media sosial saat ini begitu penuh dengan sensasi. Belum reda tren Kiki challenge di internet — tantangan menari sambil diiringi mobil yang sedang berjalan, sekarang muncul lagi challenge baru yang mungkin lebih berbahaya bernama Momo challenge. Momo, nama pemilik akun jejaring sosial WhatsApp, Facebook, dan YouTube, akan menantang para pengguna yang menghubunginya untuk memenuhi permintaannya. Ia juga kerap menanggapi dengan mengirimkan gambar kekerasan. Kalau kita menolak bermain, Momo nggak segan-segan mengancam.

Momo Challenge kabarnya cukup membahayakan nyawa banyak orang. Soalnya para pengikutnya nggak segan-segan buat melukai diri sendiri bahkan sampai bunuh diri. Ternyata, Momo Challenge bukan satu-satunya tantangan di internet yang bisa berujung kehilangan nyawa lho. Kali ini, Hipwee News & Feature sudah merangkum sederet challenge di internet yang berbahaya dan nggak layak dipraktikkan siapapun. Daripada penasaran, yuk simak dulu ulasan di bawah ini.

1. Mari kita mulai dengan tantangan dari akun bernama Momo ini. Katanya challenge ini diduga kuat jadi penyebab kematian bocah di Argentina

Momo challenge via www.worldofbuzz.com

Advertisement

Setelah maraknya Kiki challenge kemarin, sekarang muncul namanya Momo challenge. Dilansir dari CNN, tren ini bermula di pesan berantai WhatsApp. Sebuah akun bernama Momo yang menampilkan gambar seram wanita di profile picture-nya, mengirim pesan-pesan yang mendorong penerimanya menyakiti diri sendiri. Momo juga tak segan mengancam rumah, keluarga, dan teman-teman si penerima kalau dia nggak menanggapi. Di Argentina, tantangan bahaya ini katanya diduga kuat udah merenggut nyawa gadis 12 tahun. Ia bunuh diri karena nggak tahan diteror oleh si Momo.

2. Beberapa waktu lalu ada juga Blue Whale challenge. Salah satu tantangannya adalah menggambar ikan paus di tangan pakai silet

Blue whale challenge via www.parhlo.com

Dalam Blue Whale challenge, orang ditantang untuk menyelesaikan sederet tantangan berbahaya selama 50 hari. Si pembuat tantangan nggak segan-segan buat menyuruh orang menyakiti diri mereka sendiri, bahkan sampai bunuh diri. Salah satu tantangannya yang fenomenal adalah menggambar paus di kulit pakai silet. Gambar itu kemudian difoto dan harus diunggah ke medsos.

Blue Whale challenge kabarnya sudah merenggut nyawa ratusan remaja di Rusia. Orang yang diduga yang otak challenge ini kabarnya juga sudah ditangkap, namanya Philipp Budeikin.

3. Sebuah tantangan pakai benda-benda dapur juga sempat populer. Namanya Ice and Salt challenge

Ice and salt challenge via www.popbuzz.com

Advertisement

Ice and Salt challenge terbilang mudah dilakukan. Mungkin karena ini juga jadi banyak orang penasaran. Padahal menaruh garam di kulit dan menimpanya dengan es batu akan menciptakan sensasi terbakar di tubuh. Katanya sih rasanya kayak kena api. Udah banyak lho orang yang berakhir di rumah sakit karena menderita luka bakar serius.

4. Cinnamon bisa sangat berbahaya kalau dimakan langsung dalam jumlah besar. Parahnya, hal itu jadi tantangan menegangkan dalam Cinnamon challenge

Cinnamon challenge via www.thestar.com

Ada juga Cinnamon challenge. Pesertanya diharuskan mengunyah satu sendok penuh bubuk cinnamon selama 60 detik tanpa boleh minum sedikitpun. Nggak banyak yang tahu kalau ini bisa menyebabkan kita tersedak, iritasi tenggorokan, kesulitan bernafas, hingga kerusakan paru-paru. Gara-gara mengikuti challenge ini dari YouTube, di Amerika sudah banyak korban berjatuhan.

5. Pada The Ghost Pepper challenge orang ditantang untuk menelan cabai terpedas tanpa minum. Udah banyak yang sakit lho gara-gara ini

The ghost pepper challenge via thehumornation.com

Cabai yang dipakai dalam tantangan ini adalah Bhoot Jholakia. Katanya ini termasuk cabai terpedas. Tantangan ini mengharuskan orang memakan Bhoot Jholakia secara langsung, dan merekam reaksinya. Cabai ini bisa menimbulkan sakit luar biasa pada mulut. Beberapa orang bahkan lebih parah lagi, sampai mual dan tersedak dan berakhir di UGD. Meskipun belum ada kasus kematian yang disebabkan tantangan ini, tapi katanya The Ghost Pepper challenge bisa menimbulkan kematian pada anak-anak.

6. The Choking challenge atau tantangan mencekik sempat sangat populer bahkan di Indonesia. Tantangan ini sudah menelan ribuan jiwa lho!

Choking challenge sempat banyak beredar di Youtube via abcnews.go.com

Beberapa waktu lalu media sosial di Indonesia diramaikan dengan video-video pelajar yang dicekik temannya sampai pingsan beberapa detik. Katanya mereka mengikuti tantangan yang namanya The Choking challenge. Tantangan ini dilakukan dengan mencekik leher agar pasokan oksigen ke otak berhenti sementara dan menciptakan efek “fly” sesaat. The Choking challenge bisa sangat berbahaya karena oksigen bisa benar-benar nggak kembali ke otak dan menyebabkan kematian. Di AS aja tiap tahun ada sekitar 1.000 jiwa melayang gara-gara challenge ini.

Saat ini banyak orang menjadikan jumlah likes, view, atau komentar di medsos sebagai tolak ukur popularitas mereka. Tanpa sadar hal ini membuat mereka sering menghalalkan berbagai cara untuk membuat sensasi. Kalau nggak berbahaya sih nggak masalah. Tapi kalau udah sampai mengancam nyawa, itu justru nggak sehat!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya