Kecanduan narkoba bukanlah masalah sepele yang bisa diselesaikan cuma satu-dua hari. Bagi kita yang nggak pernah menyentuh obat-obatan terlarang mungkin bertanya-tanya, “Emang susah banget ya berhenti pakai narkoba?“. Jangankan narkoba, rokok aja yang zat adiktifnya lebih rendah dari narkoba bikin pemakainya susah berhenti. Banyak yang awalnya cuma coba-coba, eh malah keterusan, lalu jadi kecanduan.

Kalau ngomongin soal narkoba, seringnya sih dikait-kaitkan sama dunia entertainment. Coba sebutin, siapa aja artis yang pernah berurusan sama obat-obatan terlarang. Banyak banget, ‘kan? Pun dengan selebriti luar negeri. Meskipun di beberapa negara bagian ada obat-obatan yang legal, tapi masalah kecanduan ini tetap merugikan. Belum lama ini, hal tersebut terjadi sama penyanyi terkenal Demi Lovato. Selasa (24/7) kemarin, Demi Lovato ditemukan tergeletak di rumahnya karena overdosis. Cewek 25 tahun ini diketahui udah berjuang melawan ketergantungannya pada obat-obatan dari lama.

Advertisement

Kali ini Hipwee News & Feature telah merangkum 6 pelajaran berharga yang bisa dipetik dari perjuangan Demi Lovato melawan kecanduannya. Simak yuk?

1. Terjerumus sejak remaja, Demi Lovato sebenarnya tahu benar betapa mengerikannya kecanduan narkoba. Mungkin dulu dikira jadi jalan keluar masalah, tapi obat-obatan justru jadi penjara seumur hidup

Ilustrasi kecanduan narkoba via www.dearsa.co.za

Demi bukannya nggak paham sama efek yang ditimbulkan dari narkoba terhadap hidupnya. Disadur dari ATT, ia memakai narkoba sejak 17 tahun. Waktu itu Demi jadi korban bully yang akhirnya membawa dia mencoba alkohol, lalu narkoba. Mungkin dulu dia merasa dengan melakukan itu bisa membuatnya terlihat keren di mata teman-temannya, jadi bikin nggak dirundung lagi. Nyatanya Demi salah. Pergaulan nggak sehat itu justru membuka masalah baru bagi hidupnya…

2. Bukannya membawa solusi, obat-obatan cuma jadi pengalihan yang sangat berbahaya. Demi sendiri mengakui dirinya memiliki body issue

Cuma pengalihan semu via www.obsev.com

Dikira bisa jadi solusi, padahal narkoba cuma jadi pengalihan semu yang berbahaya. Dampaknya ini nggak cuma bisa dirasakan Demi aja lho, tapi juga lingkungan terdekatnya, terutama keluarga. Demi sendiri mengakui kalau dia juga punya masalah mental serta body issue. Inilah yang membuatnya makin ‘rajin’ pakai narkoba, biar lupa sementara sama masalahnya.

3. Demi sebenarnya sempat bangkit dengan menjalani rehabilitasi beberapa kali. Selain biar berhenti ngobat, dia juga berjuang melawan bipolar dan bulimia

Demi juga berjuang melawan bipolar dan bulimia via paperlief.com

Advertisement

Demi sadar kalau kecanduannya itu bisa merusak karirnya sebagai penyanyi. Pihak manajemen sempat mengancam akan memecat Demi kalau dia nggak berubah. Sejak itu Demi membangun niat untuk keluar dari dunia hitam itu, dengan menjalani rehabilitasi, tinggal di tempat yang jauh, dan memutuskan nggak memakai ponsel, biar nggak ada cara buat menghubungi bandar narkoba.

4. Selain itu, Demi juga menemukan cara ‘sehat’ buat berbagi dan meningkatkan kesadaran orang lain, lewat lirik-lirik lagunya

Menyadarkan lewat lirik-lirik lagunya via heavy.com

Sejak Demi mulai terbuka dengan kecanduan dan masalah lain yang dirasakan, dia jadi sering bicara di media, kebanyakan ditujukan buat orang-orang yang berjuang untuk hal yang sama. Dalam sebuah wawancara, seperti dilansir Enews, Demi mengaku banyak banget fansnya yang jadi sadar berkat termotivasi perjuangan Demi. Tapi, lagu barunya yang berjudul ‘Sober‘ menunjukkan kalau ternyata Demi belum benar-benar sembuh. Lagu itu jadi kayak semacam curhatannya. Demi juga minta maaf kepada semua orang lewat lagu tersebut.

5. Sedih sih saat tahu kalau semua usaha Demi itu belum cukup buat menyembuhkan kecanduannya. Ini jadi bukti betapa narkoba bisa membawa dampak yang begitu mengerikan

Ternyata semua usahanya selama ini sia-sia via skydivelondon.uk

Kayak yang udah dibilang di awal tadi, kecanduan narkoba memang bukan masalah simpel. Banyak yang merasa udah sembuh, tapi kenyataannya belum. Udah direhab sana-sini, menghindari lingkungan yang mengundang, tapi ujung-ujungnya tetap kambuh. Demi adalah satu dari jutaan orang yang merasakan sulitnya keluar dari lubang hitam tersebut. Udah banyak buktinya lho kalau narkoba tuh membawa dampak luar biasa…

6. Buat kalian yang merasa punya masalah atau beban hidup, jangan pernah lari ke obat-obatan terlarang. Ingat ya, narkoba itu semu, kamu malah bisa terjerumus ke masalah baru

Say no to drugs via soundrecoverysolutions.com

Selama ini orang pakai narkoba tuh kebanyakan karena nggak punya solusi atas permasalahan hidupnya. Entah nggak ada teman curhat, bingung dan nggak tahu harus gimana, ujung-ujungnya lari ke narkoba. Awalnya coba-coba, terus ketagihan, ending-nya overdosis. Mungkin waktu nge-fly, orang emang jadi bisa lupa sejenak sama masalah hidupnya. Tapi setelah efeknya hilang, ya tetap balik ke kehidupan nyata. Malahan bisa membuka masalah baru.

Jadi buat kalian yang merasa hidupnya berat, jangan coba-coba deh lari ke narkoba atau alkohol. Setiap tergoda, ingat aja sama dampak ke depannya. Bukan cuma diri kalian aja yang rugi, tapi keluarga dan orang-orang sekitar. Kalau butuh teman curhat, banyak kok layanan konsultasi yang bisa kamu datangi. Asalkan jangan lelah mencari~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya