Suka Bikin Konten Video? Ini Kelebihan dan Kekurangan 4 Aplikasi Edit Video di Smartphone. Bisa Jadi Bahan Pertimbangan

Aplikasi edit video smartphone

Di masa pandemi, banyak orang yang mencari hiburan dengan menonton video yang tersebar di berbagai platform. Sebut saja di sosial media Twitter, Instagram atau YouTube. Nggak hanya menonton, di masa karantina banyak orang yang turut membuat videonya sendiri untuk membunuh rasa bosan.

Advertisement

Belakangan pengunduhan aplikasi editing video melonjak di Playstore maupun Applestore. Nah buat kamu yang kepengin membuat konten video dan bingung ingin menggunakan aplikasi apa berikut ini ada referensi aplikasi editing video yang bisa kamu gunakan sebagai perbandingan. Yuk langsung aja simak fitur, kekurangan dan kelebihan 5 aplikasi editing video di bawah ini.

1. Pertama ada aplikasi Tik Tok yang hari ini sedang digandrungi anak muda. Selain bisa digunakan untuk mengedit video, Tik Tok sudah jadi sosial media kekinian

Tik Tok via play.google.com

Siapa sih yang nggak tahu aplikasi Tik Tok? Beberapa tahun terakhir, aplikasi asal Tiongkok ini sangat digandrungi anak muda. Meski banyak menuai kontroversi, namun aplikasi satu ini berhasil merajai setiap linimasa sosial media. Tentu saja hal ini dikarenakan fitur dan cara membuat videonya yang menyenangkan. Sederhananya Tik Tok bisa bikin kamu kreatif. Beberapa fitur dalam aplikasi ini antara lain; face recognition, crips quality, mobile studio, massive music library dan gaga dance.

Semua fitur tersebut sangat berguna bagi anak muda. Sebut saja studio editingnya yang mudah digunakan dengan efek dan musik yang beragam. Namun aplikasi ini akan menguras habis kuotamu loh. Dan nggak semua konten di aplikasi ini positif bagi anak-anak. User interface aplikasi ini juga kurang menarik dan terlihat menumpuk. Algoritma video yang muncul diberanda juga nggak sesensitif aplikasi lain. Untuk mengunduhnya kamu bisa klik di sini.

2. InShot jadi aplikasi editing video yang ramah untuk pemula karena fiturnya yang cukup lengkap dan mudah untuk digunakan

Inshot app via www.hipwee.com

InShot Video and Photo Editor adalah aplikasi editing video yang punya rating cukup tinggi dari penggunanya. Dari segi user interface, InShot menggunakan video potrait. Nah beberapa fitur menarik di InShot antara lain; stiker, efek dan musik yang bisa digunakan secara gratis. Dari segi editing, InShot punya fitur cukup lengkap seperti mengatur kecepatan, crop video, mengatur rasio hasil video bahkan dengan kualitas Full HD.

Meski aplikasi ini gratis, kamu bisa menghilangkan watermark tanpa harus membayar loh. Selain itu aplikasi ini tergolong ringan dan mudah digunakan untuk pemula. Untuk mengunduhnya kamu bisa klik di sini.

3. Dengan fitur andalan seperti chroma key, voice over, handwriting dan color adjustment, aplikasi KineMaster cocok digunakan bagi para pemula yang ingin mencicipi fitur editing professional

Advertisement

KineMaster App via play.google.com

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, KineMaster adalah salah satu aplikasi editing video yang paling banyak direkomendasikan para editor video profesional. Meski KineMaster adalah salah satu aplikasi untuk profesional namun bisa juga digunakan untuk para pemula.

Fitur andalan KineMaster antara lain adalah menggabungkan video dan beberapa layer video. Fitur lain yang mencolok ialah handwriting, pengatur warna, voice over dan penyediaan greenscreen. Transisi dan efek untuk editing video pada aplikasi ini juga sangat beragam lho. Buat kamu yang tertarik bisa mengunduh KineMaster di sini.

4. PowerDirector bisa memberi kamu hasil video dengan resolusi 4k, fitur stabilizer, beragam efek dengan tampilan landscape yang mempermudah proses editing

Power Director App via play.google.com

Terakhir ada aplikasi PowerDirector. PowerDirector adalah aplikasi editing video smartphone dengan tampilan landscape. Karena tampilannya landscape, kamu bisa lebih mudah menggunakan fitur dan mengatur urutan transisi video. Fitur menarik PowerDirector antara lain resolusi HD, videostabilizer, real time effect dan juga Chroma Key alias greenscreen.

Ya aplikasi ini cocok buat kamu yang membutuhkan aplikasi video yang punya banyak fitur pendukung. Kelemahan pada aplikasi ini adalah watermark yang nggak bisa hilang kecuali kamu membayar premium. PowerDirector juga cukup membebani kinerja smartphone. Buat kamu yang tertarik bisa mengunduh aplikasi ini di sini.

Nah itu dia 5 referensi 5 aplikasi edit video yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten videomu sendiri. Sebenarnya semua aplikasi punya kelebihan masing-masing. Pastikan aja kamu menggunakan aplikasi yang sesuai kebutuhan ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE