Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin telah resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Merayakan kepemimpinan Jokowi periode ke-2, barisan relawan Jokowi-Ma’ruf menggelar syukuran di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Tak semeriah acara lima tahun lalu, gelaran syukuran yang dimulai pukul 12.00 WIB ini hanya diagendakan untuk nonton bareng pelantikan Jokowi dan Ma’ruf Amin serta orasi dari relawan, tanpa arak-arakan setelah Jokowi resmi dilantik. Hal ini mengikuti permintaan Jokowi yang ingin acara syukuran berlangsung sederhana.

Massa relawan mengusung bendera merah putih sepanjang 200 m, Minggu (20/10). (Foto.Hipwee/Luthfi) via www.hipwee.com

Advertisement

Meski begitu, antusias para relawan cukup tinggi menghadiri acara syukuran yang dilengkapi dua panggung hiburan dan beberapa layar besar untuk menyiarkan prosesi pelantikan. Yohanna, salah satu relawan mengatakan kehadirannya di acara syukuran adalah bentuk dukungan terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, dan harapan agar Indonesia bisa jauh lebih baik lagi. “Saya datang ke sini dengan harapan Indonesia kedepannya bisa lebih baik dan maju segalanya,” ucapnya.

Selain nonton bareng pelantikan, berikut keriuhan dan euforia yang tercipta di sekitaran Kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Monas, Minggu (20/10/2019).

1. Penampilan musik dari RAN, Jamrud hingga dangdutan bareng Wika Salim

Syukuran Inaugurasi di kawasan Monas dibuka oleh penampilan grup musik RAN (20/10). (Foto.Hipwee/Luthfi) via www.hipwee.com

Pada syukuran ini, dua panggung hiburan disediakan panitia dengan penampilan musik dari musisi kenamaan Ibu Kota seperti RAN, Radja, Candil, Jamrud, Kikan hingga dangdutan bersama Debby Z dan Wika salim. Para relawan antusias menyimak tiap lagu yang dibawakan penampil, meski udara cukup panas. Sekitar pukul 13.00 panggung di depan Patung Kuda penuh dengan massa berseragam merah dan putih yang bersorak nyanyi bersama.

2. Parade budaya dan flashmob oleh 500 orang

Massa relawan melakukan swafoto ketika rombongan parade budaya melintas (20/10). (Foto.Hipwee/Luthfi) via www.hipwee.com

Advertisement

Di Taman Pandang Budaya, sekitar 500 orang melakukan flashmob dan nyanyi bersama berbagai lagu daerah. Nggak hanya itu, ada pula pertunjukan adat Kabasaran dari daerah Minahasa, Reog Ponorogo dan pertunjukkan angklung yang menyemarakkan semangat masyarakat di sepanjang jalan Medan Merdeka Barat.

3. Pengusungan bendera merah putih sepanjang 200 meter mengitari air mancur kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha

Pengusungan bendera merah putih sepanjang 200 m (20/10). (Foto.Hipwee/Luthfi) via www.hipwee.com

Semakin menyemarakkan semangat relawan sebelum acara nonton bareng pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin, bendera Merah Putih sepanjang 200 meter diusung untuk mengitari air mancur di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Relawan yang mengusung bendera tampak semangat sembari meneriakkan jargon-jargon dan harapan terhadap kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf.

4. Nonton bareng siaran langsung pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin

Massa relawan nonton bareng siaran langsung pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Minggu (20/10). (Foto.Hipwee/Luthfi) via www.hipwee.com

Pukul 15.30 WIB, lagu “Indonesia Raya” berkumandang di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha. Para relawan, aparat keamaan dan pedagang serentak berdiri untuk turut menyanyikan lagu kebangsaaan, sebelum acara pelantikan yang disiarkan dari layar besar dimulai. Para relawan menyaksikan prosesi pelantikan dengan keriuhan tepuk tangan, ketika Jokowi memulai pidato pertamanya, dan menyebut nama rivalnya dalam Pemilihan Presiden 2019 lalu.

“Yang terhormat sahabat baik saya, Prabowo Subianto,” ucap Jokowi yang juga disaksikan massa relawan. Massa relawan yang duduk di aspal jalan dan menyaksikan sontak meresponnya dengan sorakan gembira dan gemuruh tepuk tangan. “Semoga Indonesia selalu damai,” sorak salah seorang relawan.

Syukuran Inaugurasi Jokowi-Ma’ruf Amin selesai seiring dengan ditutupnya sidang paripurna dengan agenda tunggal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Pukul 17.00 WIB massa relawan satu persatu mulai membubarkan diri, sesuai dengan instruksi awal panitia untuk mengakhiri acara pada pukul 17.30 WIB.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya