Menelisik Bendera Inggris yang Beda-beda. Kenapa Bisa Begitu?

Bendera Inggris berbeda-beda

Kalau kamu jeli, negara Inggris punya bendera yang berbeda. Hal ini bisa dilihat pada pertandingan sepak bola Piala Dunia maupun Liga Inggris. Bendera yang dipakai di Piala Dunia misalnya, berlatarbelakang putih dengan salib merah di bagian tengah. Sementara pada pertandingan Liga Inggris, para penonton kerap bawa bendera Inggris yang berbeda. Salah satunya ada yang bawa bendera berlatarbelakang biru dongker dengan tanda X putih-merah disertai salib merah.

Advertisement

Lantas, mengapa demikian? Ternyata hal ini dipengaruhi oleh sejarah Inggris pada masa lalu. Yuk baca sampai habis ulasan spesial Hipwee News & Feature kali ini!

Yang akrab kita lihat di Piala Dunia saat negara Inggris sedang bertanding yaitu bendera St. George Cross. Warna putih dengan salib merah di tengah

St. George Cross via www.telegraph.co.uk

Bendera St. George Cross merupakan bendera nasional Inggris pertama yang dipakai pada abad ke-16. Nah, mengapa di Piala Dunia bendera ini dipakai saat negara Inggris bertanding? Karena saat Piala Dunia, Inggris hanya bertanding untuk negara Inggris (England), bukan mewakili Wales, Skotlandia, maupun Irlandia Utara. Dengan demikian, bendera yang dipakai yaitu bendera St. George Cross – bertanding hanya mewakili negara Inggris saja.

Jangan lupa kalau Skotlandia merupakan bagian dari Inggris Raya dan punya bendera sendiri sejak dulu

St. Andrew Cross via www.edarabia.com

Skotlandia punya bendera sendiri yang disebut St.Andrew Cross. Bendera ini berwarna biru muda dengan tanda silang (X) warna putih di bagian tengah. Sejarah bergabungnya Skotlandia dengan Inggris Raya terjadi pada 1603 ketika Ratu Elizbeth I meninggal dunia tanpa ada keturunan lantaran tidak pernah menikah. Dengan demikian, tahta tersebut diteruskan kepada keluarga terdekat Ratu Elizabeth I yang merupakan sepupunya dan sekaligus sedang menjabat sebagai Raja Skotlandia, yaitu Raja James VI. Mulai saat itulah Inggris dan Skotlandia bersatu di bawah kerajaan yang sama.

Advertisement

Setelah bergabungnya Inggris Raya dengan Skotlandia, tercetuslah bendera baru yang bernama Union Jack

Union Jack versi lama via easyflags.co.uk

Kabar bergabungnya Inggris Raya dengan Skotlandia pada 1606 memunculkan tercetusnya bendera Union Jack. Bendera ini merupakan gabungan dari bendera Inggris, St. George Cross dengan bendera Skotlandia, St. Andrew Cross. Dikutip dari Kompas, kata “Jack” sendiri merupakan kependekan dari Jacobus yang dalam bahasa Latin bermakna James. Ya, bersatunya dua negara tersebut terjadi saat Raja James VI memerintah.

Setelah Skotlandia, ada Irlandia Utara yang turut dikuasai Inggris Raya. Irlandia Utara pun memiliki bendera yang disebut St. Patrick Cross

St. Patrick Cross via www.youtube.com

Dikabarkan kalau Irlandia Utara punya bendera yang berbeda-beda. Namun, bendera dengan nama St. Patrick Cross digunakan dalam bendera Union Jack versi terbaru. Bendera St. Patrick Cross sendiri mirip dengan bendera Inggris St. George Cross, yakni berwara putih; namun dengan tanda silang (X) merah di bagian tengah. Tanda silang merah inilah yang nantinya dipakai untuk bendera Union Jack versi terbaru.

Sejak resmi bergabungnya Irlandia Utara dengan Inggris Raya pada 1801, bendera Union Jack versi lama pun mengalami perubahan. Union Jack terbaru inilah yang dipakai hingga sekarang untuk merepresentasikan Inggris Raya

Advertisement

Union Jack (Credit: Chris Lawton/Unsplash) via unsplash.com

Bergabungnya Irlandia Utara dengan Inggris Raya pada 1801 membuat bendera Union Jack lama mengalami perubahan. Dengan menambahkan tanda silang merah pada Union Jack, hal itu menandakan Irlandia Utara masuk ke dalam Inggris Raya. Bendera Union Jack versi inilah yang resmi dipakai hingga sekarang untuk merepresentasikan Inggris Raya.

Meski tiap wilayah seperti Skotlandia dan Irlandia Utara sudah terwakili pada bendera Inggris Raya Union Jack versi terbaru, Wales tidak punya representasinya. Bendera Wales yang terdiri dari hijau, putih, dan simbol hewan berwarna merah ini tidak dimasukkan ke dalam bendera Union Jack terbaaru. Walau demikian, sebagai gantinya bendera Wales diwakilkan oleh St. George Cross.

bendera Wales via www.ancient-origins.net

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE