5 Hal Tentang Puasa yang Harus Kita Syukuri. Walau #DiRumahAja, Momen Ramadan Bisa Tetap Berkah & Seru

Berkah puasa pas #DiRumahAja

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba, tapi Ramadan kali ini rasanya berbeda dari yang sudah-sudah. Pandemi COVID-19 yang urung berakhir ini bikin suasana Ramadan tahun ini lah yang jadi berbeda. Biasanya sebelum Ramadan tiba, berbagai grup chat – mulai dari temen sekolah sampai temen ketemu virtual – udah sibuk memikirkan di mana akan buka puasa bareng. Tapi sekarang ‘ritual’ ini harus ditahan dulu karena kita masih harus menjalankan social distancing.

Kondisi kayak begini  jangan malah kamu bersedih hati atau nggak semangat untuk menyambut bulan Ramadan ya! Walau diimbau untuk tetap memaksimalkan waktu #DiRumahAja dan nggak mudik, masih banyak hal yang harus kita syukuri. Soalnya momen Ramadan tetap bisa berkah dan seru karena kamu bisa melakukan hal-hal seperti di bawah ini.

1. Bisa kumpul bareng keluarga lebih sering. Selama ini selalu buka puasa di luar kan?

Kamu juga bisa request takjil favoritmu nih ke ibu (Foto: iStock)

Coba deh diingat-ingat momen Ramadan tahun kemarin, kira-kira berapa kali kamu buka puasa bareng full time sekeluarga. Pasti bisa dihitung jari kan? Ya mau gimana, agenda buka puasa bareng plus reunian selalu diadakan tiap akhir pekan. Kalau sehari-hari, seringnya buka puasa di kampus atau kantor bahkan di jalan. Nah ambil hikmahnya yuk, tahun ini kamu bisa buka puasa bareng sekeluarga di rumah dan menghabiskan momen baik ini bersama-sama. Kapan lagi coba? Yang pasti menu buka puasa kamu warna-warni alias bukan gorengan sama es teh doang kayak biasanya. Serunya, kamu juga bisa masak bareng sama ibu untuk bikin takjil favorit keluarga. Kalau mau bikin suasana buka puasa di restoran, coba aja dekor halaman belakang biar kayak lagi makan di luar gitu~

2. Lebih banyak waktu luang, waktu ibadah kamu makin banyak nih. Dimanfaatkan dengan baik ya!

Di saat istirahat siang atau menjelang buka puasa, luangkan waktu sebentar untuk beribadah ya! (Foto: iStock)

Pasti udah tahu dong kalau beribadah di bulan Ramadan, pahalanya bisa berlipat-lipat? Udah tahu sih, tapi dilakukannya susah banget. Mau tadarus tapi udah keburu capek beraktivitas harian karena tugas dan deadline menumpuk. Waktu salat Dzuhur dan Ashar pun malah dipakai tidur-tiduran karena ngantuk banget euy. Nah karena bulan puasa ini kita dianjurkan #DiRumahAja, kamu nggak menghabiskan banyak tenaga buat beraktivitas kan alias kalau capek bisa rebahan sebentar. Tapi jangan lama-lama rebahannya, pergunakan waktu luang yang banyak ini baik-baik buat beribadah kayak tadarus dan salat sunah. Kalau ada penyesalan kamu nggak banyak beribadah bulan puasa tahun kemarin, ini saat yang tepat untuk ‘membalasnya’. Jangan lupa juga ajak keluarga tarawih bareng-bareng di rumah ya!

3. Bulan puasa kali ini makin seru karena jajanan zaman kecil muncul lagi. Bisa buka puasa sambil nostalgia~

Es krim legendaris Wall’s Viennetta bikin #RamadhanJadiHappy! (Foto: dok. Wall’s Viennetta)

Berkah Ramadan yang nggak terduga datang tahun ini. Jajanan jadul alias es krim legendaris Wall’s Viennetta bisa kamu santap buat takjil nih! Kalau kamu kangen banget sama es krim rasa cokelat dan vanilla yang creamy yang dilapisi cokelat crunchy dan saus cokelat ini, langsung deh stock buat hidangan buka puasa. Kebayang kan gimana enaknya perpaduan dingin dan manis ini di mulut, bakal enak banget disantap pas berbuka puasa bareng keluarga di rumah. Sekeluarga juga bisa nostalgia momen di mana kamu minta ke orang tua buat dibeliin es krim ‘mewah’ pada zamannya ini.

Besarnya animo warganet yang merindukan Wall’s Viennetta membuat muncul petisi #KembalikanViennetta yang ditandatangani sekitar 75 ribu orang. Di bulan Ramadan ini, Wall’s mewujudkan keinginan masyarakat Indonesia dengan menghadirkan Wall’s Viennetta ke pasaran. Selama Ramadan ini, kamu bisa mendapatkan Wall’s Viennetta di minimarket dan supermarket. Yuk, bikin #RamadhanJadiHappy!

4. Kamu bisa memanfaatkan uang yang biasanya kamu gunakan untuk nongkrong untuk disedekahkan ke orang yang lebih membutuhkan

Di kondisi begini, banyak orang sekitar yang membutuhkan bantuan (Foto: iStock)

Saat kita melakukan social distancing dengan #DiRumahAja, pengeluaran yang biasanya kita gunakan untuk jatah buka puasa bersama nggak terpakai kan. Yuk, gunakan jatah jajan kamu buat disedekahkan ke orang yang lebih membutuhkan. Misalnya kamu bisa menyisihkan uang jajan ke donasi yang digelar online atau sesederhana berbagi dengan orang-orang yang kamu temui sehari-hari. Misalnya ojek online yang nganterin jajanan online kamu atau tukang sayur di dekat rumah yang masih bekerja di tengah pandemi COVID-19. Atau buat kamu yang aktif di media sosial dan belum bisa berbagi dalam bentuk sumbangan, coba deh bikin thread makanan online di kotamu. Banyak pelaku usaha kuliner yang bisnisnya mandeg karena harus menutup restoran atau kedai mereka. Berbagi itu indah loh~

5. Walau dipisahkan jarak, kamu masih bisa silaturahmi sama teman-teman via video call

Jangan lupa silaturahmi sama teman-teman dan keluarga jauh via video call (Foto: iStock)

Kalau kangen sama teman-teman atau keluarga jauh dan ingin buka puasa bareng, jadwalkan aja agenda buka puasa bersama virtual. Manfaatkan teknologi video call terus undang mereka untuk berbagi serunya momen Ramadan tahun ini. Kamu bisa bikin agenda video call satu jam sebelum buka puasa untuk ngabuburit seru. Misalnya ajak main game online tebak gambar yang lagi hits. Permainannya memang simpel, tapi bisa bikin ketawa bareng-bareng karena momen menebak yang berjalan sengit demi mendapatkan skor. Daripada momen ngabuburit dipakai buat scrolling akun gosip, lebih baik silaturahmi kan?

Momen Ramadan bisa tetap seru kan walau #DiRumahAja?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.