‘Hallyu’ atau ‘Korean Wave’ merupakan fenomena global yang sepertinya tak akan pernah habis untuk dibahas. Setelah sekian lama dunia hiburan internasional didominasi Hollywood dan musik-musik Barat, selama 10 tahun terakhir ini kiblat entertainment tampaknya mulai beralih ke timur. Lebih tepatnya, Korea Selatan. Disamping artis-artis K-Pop yang popularitasnya meledak di berbagai negara, drama-drama dari negeri Gingseng ini juga diimpor ke seluruh penjuru dunia.

Kesuksesan sebuah drama di Korea Selatan bukan lagi ditentukan oleh rating nasionalnya, tapi juga seberapa laris drama tersebut dibeli hak siarnya oleh pihak luar. Drama populer yang dirilis tahun 2016 kemarin ‘Descendant of The Sun’, hak siarnya dibeli oleh 32 negara. Bukan cuma hanya melalui siaran resmi saja, situs-situs streaming online drama Korea juga menjamur di mana-mana. Bukan lagi Tom Cruise atau Johnny Depp yang bisa jadi idola, tapi Gong Yoo dan Lee Dong-Wook dari drama Korea terbaru ‘Goblin‘ juga tak kalah besar jumlah penggemarnya.

Idola baru para penggemar drama Korea

Idola baru para penggemar drama Korea via www.dramafever.com

Advertisement

Nah kali ini Hipwee ingin membahas fakta menarik seputar aktor-aktor Korea Selatan ini. Meski terkenal dengan dramanya masing-masing, tahu nggak sih kalau ternyata banyak banget aktor Korea ternama yang ‘berasal’ dari satu serial drama ini, School. Drama serial School merupakan drama sekolah yang mulai ditayangkan di saluran nasional KBS sejak tahun 1999. Hampir tiap tahunnya, serial ini diperbaharui dengan casting anyar. Hampir semua aktor yang di-casting drama ini jadi aktor populer di Korea Selatan. Penasaran siapa saja? Yuk lihat daftar ini.

1. School 1, 1999

1999

1999 via egloos.com

Jang Hyuk, Choi Kang-Hee, Bae Doo-Na, Yang Dong-Gun

Seri pertama yang mengawali drama legendaris ini dirilis KBS pada bulan Februari 1999. Dari urusan asmara sampai belajar untuk ujian, cerita seputar dilema dan permasalahan anak-anak SMA ini langsung jadi hits di kalangan muda Korea. Kesuksesan bintang-bintangnya pasca serial ini jugalah yang jadi lambang kebesaran drama ini. Setelah School 1, Jang-Hyuk jadi pilihan tetap untuk aktor utama. Mungkin kalian kenal dia dari drama ‘The Slave Hunter‘, Fated to You‘, atau yang terbaru ‘Voice‘. Sedangkan Choi Kang-Hee terkenal lewat ‘Protect the Boss’, ‘7th Grade Civil Servant’, dan banyak lagi. Bahkan Bae Doo-Na seringkali jadi pilihan tetap sutradara kenamaan Hollywood, Wachowski bersaudara yaitu lewat film ‘Cloud Atlas‘ dan ‘Jupiter Ascending‘.

2. School 2 & School 3, 1999-2000

1999-2000

1999-2000 via tistory.com

Advertisement

Lee Dong-Wook, Jo In-Sung, Kim Min-Hee, Kim Rae-Won, Ha Ji-Won

Popularitas dan nama besar serial drama ini semakin terpatri dengan lulusan keduanya yang tak kalah hebat. School 2 yang disiarkan pada tahun 1999-2000 punya alumni-alumni terkenal yang kemampuan acting-nya tidak diragukan lagi. Dari Lee Dong-Wook yang melejit lagi namanya di tahun 2017 ini dengan ‘Goblin‘, Jo In-Sung yang sedang meraup kesuksesan lewat film barunya ‘The King‘, sampai Kim Min-Hee yang jadi pembicaraan di festival film internasional lewat filmya ‘The Handmaiden‘. Ternyata semua aktor hebat Korea ini mengawali kariernya dari drama sekolahan KBS.

3. School 4, 2001-2002

2001, 학교 4

2001-2002 via hbbsimg.imgcss.com

Gong Yoo, Im Soo-Jung 

Gong Yoo adalah aktor paling populer di Korea Selatan saat ini. Drama terbarunya ‘Goblin‘ yang juga ditulis oleh penulis drama ‘Descendant of the Sun’, Kim Eun-Sook, memecahkan rekor sebagai drama dari saluran kabel yang terpopuler dalam sejarah. Gelar yang sebelumnya dipegang oleh ‘Reply 1988‘. Drama yang berlatar belakang cerita rakyat ini bercerita tentang ddokebi atau dewa yang kesepian. Kisah cinta yang dibalut dengan mitos dan fantasi ini berhasil merebut perhatian dari berbagai kalangan usia. Gong-Yoo pun ternyata adalah alumnus dari serial School yaitu School 4 yang ditayangkan pada tahun 2001-2002.

10. School 2013

2013

2013 via instiz.net

Lee Jong-Suk, Kim Woo-Bin

Setelah School 1-4, KBS tampaknya memang mencoba bereksperimen dengan format lain dari drama sekolah sehingga serial ‘School’ ini dihentikan. Namun pada tahun 2013, KBS berupaya kembali menghidupkan serial sekolah legendarisnya. Kali ini aktor-aktor muda baru yang di-casting adalah Lee Jong-Suk dan Kim Woo-Bin. Ternyata lagi-lagi, legenda dan kebesaran nama dari drama ini kembali terbukti. Nama Lee Jong-Suk dan Kim Woo-Bin melejit setelah School 2013. Lee Jong-Suk dengan ‘Pinocchio’ dan ‘W’, sedangkan Kim Woo-Bin terkenal lewat ‘The Heirs’. Keduanya kini masuk jajaran aktor papan atas di Korea Selatan.

12. School 2015

School 2015

2015 via twimg.com

Kim So-Hyun, Nam Joo-Hyuk, Yook Sung-Jae 

Edisi terbaru dari drama legendaris ‘School’ ditayangkan pada tahun 2015 kemarin. Aktor cilik Kim So-Hyun, model yang beralih ke acting Nam Joo-Hyuk, dan anggota boyband idol berbakat Yook Sung-Jae, terpilih jadi pemeran utamanya. Seperti alumni-alumni sebelumnya, tampaknya ketiga aktor muda ini juga akan memiliki karier acting yang menjanjikan. Dalam drama terbarunya ‘Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo‘, Nam Joo-Hyuk mendapatkan pujian atas kemampuan acting-nya. Begitu juga Yook Sung-Jae yang namanya ikut melejit dengan ‘Goblin‘, acting-nya dinilai bisa mengimbangi seniornya seperti Gong-Yoo dan Lee Dong-Wook.

Sampai sekarang belum ada sih kabar tentang kelanjutan drama serial legendaris ini. Tapi jika KBS diam-diam sedang merencanakan School 2017, drama yang satu ini patut ditunggu-tunggu pecinta drama Korea. Siapapun yang di-casting kemungkinan akan jadi aktor besar Korea seperti pendahulu-pendahulunya. Nah kalau ada yang tertarik melihat bagaimana acting aktor-aktor favoritmu ketika di awal kariernya, maraton nonton serial School ini bisa jadi pilihan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya