Mengintip 7 Fakta Game Dinosaurus Google Chrome. Hiburan Sejuta Umat Saat Koneksi Internet Terputus

Game dinosaurus Chrome

Selain sambat, hal apa sih yang kamu lakukan ketika sedang asyik berselancar di internet, lalu koneksi tiba-tiba terputus? Mungkin sebagian orang dengan sabar akan refresh page sembari memeriksa koneksi. Sebagian lain yang menggunakan peramban Google Chrome, setelah sambatnya sedikit mereda, hampir dipastikan akan mulai memainkan sebuah game. Yup, game sejuta umat yang secara otomatis terbuka ketika koneksi terputus dengan karakter Dinosaurus T-Rex.

Advertisement

Setidaknya masing-masing kita pernah memainkan game offline sederhana ini. Berjasa lah orang di baliknya karena berhasil bikin kita mengurungkan sambat menjadi misuh, sebab hanya dengan mencet tombol spasi di keyboard, sang T-Rex berjalan menghibur dan membuat kita lupa sejenak akan kekesalan. Nah, biar lebih afdol mengenal game jagoan ketika koneksi terputus ini, berikut Hipwee Feature rangkum dari berbagai sumber 7 fakta dan rahasianya.

1. Google Chrome memang menciptakan game ini untuk menghibur pengguna internet saat koneksi terputus

(dok. tangkapan layar chrome dino)

Seperti sensasi yang kamu rasakan ketika memainkannya, game ini sengaja dibikin dengan tujuan menghibur pengguna internet saat koneksi terputus. Jadi memang sudah selayaknya kamu nggak usah sambat kalau koneksi terputus, dan cobalah terhibur dengan gerakan statis si T-Rex melewati kaktus dari siang menuju malam.

2. Dimainkan 270 juta kali setiap bulannya dan Indonesia jadi salah satu penyumbang pemain terbanyak

Faktanya game ini sudah dimainkan 270 juta kali setiap bulannya di seluruh dunia, dan Indonesia jadi salah satu negara yang menyumbang pemain terbanyak menyusul India, Brasil, dan Meksiko. Entah ini adalah pencapaian yang menggembirakan atau tidak, yang pasti fakta ini mengindikasikan kalau Indonesia termasuk negara dengan koneksi internet nan buruk. Nggak tau deh kalau ada orang-orang yang iseng buka Google Chrome tanpa koneksi internet hanya untuk lompat-lompatin kaktus~

Advertisement

3. Karakter T-Rex dipilih agar pemain jadi membayangkan bagaimana hidup di zaman prasejarah tanpa koneksi internet

Karakter T-Rex (dok. hindustantimes) via tech.hindustantimes.com

Perancang game offline dinosaurus Google Chrome, Sebastian Gabriel seperti dilansir dari Kompas mengatakan pemilihan T-Rex dengan latar tandus bertujuan mengingatkan pemain pada zaman prasejarah, yaitu masa di mana belum ada teknologi dan koneksi internet. Jadi bisa diibaratkan, kamu tanpa koneksi internet adalah T-Rex di zaman dahulu yang gabut lompat-lompat di antara kaktus.

4. Sukses dimainkan banyak orang, tapi malah membuat Google Chrome sempat berniat menonaktifkannya

(dok. smartphones.gadget) via smartphones.gadgethacks.com

Kesuksesan game ini dimainkan banyak orang saat koneksi internet terputus, nyatanya pernah membuat Edward Jung, salah satu desainer Google UX ingin menonaktifkan sang T-Rex kita. Ia mengatakan kalau orang-orang mulai kecanduan, dan game ini telah menyita banyak waktu yang seharusnya digunakan untuk mengerjakan kewajiban. Hayo, seberapa sering kamu terdistraksi game ini saat sedang nyari bahan tugas atau kerjaan di internet?

5. Game ini juga bisa lo dimainkan secara online, jadi sebenarnya kamu nggak perlu nunggu koneksi putus dulu~

(dok. tangkapan layar chrome dino)

Nah, untuk kamu yang gandrung game ini tapi sebel kalau harus putus koneksi internet dulu, tim Google Chrome telah mengembangkan versi arcade-nya loh. Kamu bisa kunjungi tautan ini chrome://dino/ kalau ingin coba. Dengan inovasi ini kamu jadi bisa tetap bertemu si T-Rex tanpa harus melewati kekesalan setelah koneksi terputus.

Advertisement

6. Meski susah, ternyata game ini bisa ditamatkan loh~

(dok. tangkapan layar chrome dino)

Kalau kamu pernah memainkannya dan sebal karena tersandung kaktus atau burung terbang melulu, yakini lah diri untuk terus berusaha. Karena ternyata game ini bisa banget untuk kamu tamatkan, dengan catatan harus dimainkan selama 17 juta tahun. Yup, kamu nggak salah dengar. Game ini akan berakhir jika terus dimainkan selama 17 juta tahun tanpa game over, sesuai dengan perkiraan masa keberadaan T-Rex di bumi. Ingat, 17 juta tahun waktu manusia, ya. Bukan waktu dalam tamagochi!

7. Seorang bocah pernah mengubah si T-Rex jadi karakter game ikonik Sonic milik Sega

Entah karena bosan melihat T-Rex kurang kerjaan lompat-lompatin kaktus, atau memang si adek ini punya jiwa-jiwa hacker. Akun twitter @sueannajoe_ membagikan video anaknya saat mengubah karakter T-Rex jadi Sonic lewat inspect code pada Google Chrome. Dalam video tersebut bisa disaksikan Sonic yang identik dengan warna biru bergerak layaknya si T-Rex, dan bahkan punya raut muka tertentu ketika gagal melewati rintangan. Sugoi! Entah hal serupa masih bisa dilakukan atau Google Chrome sudah memperbaiki celahnya.

Nah itu dia 7 fakta dan rahasia di balik game sejuta umat di kala koneksi internet terputus. High score-mu berapa, nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE