Kebun binatang emang jadi salah satu tempat favorit buat menghabiskan liburan. Selain bisa belajar soal satwa dan melihat tingkah lucu hewan-hewan di sana, di kebun binatang kita juga bisa sedikit ‘bernafas’ lega karena di sana pasti banyak pepohonan dan minim polusi. Meski di kebun binatang sekalipun, ada etika dan norma yang tetap harus dijaga lho guys. Pasalnya, belakangan ini semakin sering dengar kejadian tidak pantas seperti kelakuan sekelompok anak muda yang mencekoki minuman keras ke seekor rusa? Ngasih makan sembarangan ke hewan di sana aja sebenarnya udah dilarang, apalagi mencekoki miras??

Baru-baru ini peristiwa serupa terjadi lagi di kebun binatang modern, Batu Secret Zoo, Jawa Timur. Sebuah Instagram story baru aja viral di internet. Dalam story singkat itu tampak seorang pemuda menghembuskan asap vape ke seekor monyet! Meskipun iseng, tapi perlakuan kayak gitu tetap nggak bisa dibenarkan sama sekali. Nih, Hipwee News & Feature udah merangkum info lengkapnya buat kamu. Simak deh, biar bisa jadi pembelajaran bersama!

Kelihatannya mungkin sepele karena iseng aja, tapi keisengan itu bikin makhluk hidup lain menderita. Kita nggak tahu ‘kan gimana dampak asap vape itu bagi kesehatan si monyet?

Advertisement

Kejadian ini awalnya diunggah oleh pengguna Instagram bernama Agnesia Christy lewat story, Minggu (29/7). Lalu story itu di repost oleh seorang pecinta binatang bernama Doni Herdaru, dan seketika jadi viral. Dalam video itu pemuda bernama David terlihat menyemburkan asap vape ke muka salah satu hewan primata di Batu Secret Zoo. Si monyet jadi gelagapan dan kelihatan banget nggak nyaman. David jadi dikecam ribuan warganet karena perlakuan minusnya pada hewan nggak berdosa itu.

Permintaan maaf David via www.batutimes.com

Katanya sih kemarin David udah minta maaf lewat unggahan IG-nya dan bersedia memenuhi panggilan pihak manajemen Batu Secret Zoo. Mereka ketemu buat membicarakan kejadian ini agar nggak terulang lagi ke depannya. General Manajer Jatim Park Group, Agus Mulyanto, juga mengakatan kalau bakal memeriksa dan mengarantina si monyet malang itu biar nggak terjadi hal-hal yang nggak diinginkan.

Di semua tempat di dunia, termasuk kebun binatang, kita sebagai manusia dituntut buat mengutamakan etika. Caranya dengan menghindari yang nggak boleh dilakukan di sana

Do’s & don’ts di kebun binatang via www.bikebrats.com

Di semua ruang publik, kita sebagai manusia punya aturan-aturan yang perlu dipatuhi. Tujuannya ya biar kita sesama manusia tuh sama-sama enak dan nyaman, lha wong namanya aja ruang publik, ‘kan berarti milik bersama. Di kebun binatang pun begitu. Jangan kira karena binatang nggak bisa ngomong mereka bakal fine-fine aja sama semua perilaku kita ya. Inilah kenapa sebenarnya ada hal-hal yang boleh dan nggak boleh dilakukan di kebun binatang.

Advertisement

Ngasih makan hewan misalnya, kelihatannya kayak menunjukkan kepedulian manusia kepada hewan, padahal sebenarnya nggak. Hewan di kebun binatang udah punya aturan sendiri soal apa makanannya, gimana gizi yang terkandung di dalamnya, dll. Kalau kita sembarangan ngasih makan, malah bisa mengganggu sistem pencernaannya.

Kasus lain misalnya ngajak foto hewan terus-terusan. Karena diajakin foto terus mereka bisa capek lho. Nggak cuma manusia aja yang butuh istirahat, tapi para binatang juga. Selain itu kita juga nggak boleh bawa barang-barang yang bisa bikin bising hewan, kayak peluit, terompet, balon (antisipasi kalau meledak), dll. Kalau kayak kasus David di atas, harusnya dia merokok di smoking area yang udah disediakan.

Bahkan sebenarnya ada kalangan aktivis yang beranggapan adanya kebun binatang sendiri itu tidak etis. Menurut mereka, hewan itu boleh diambil dari habitat aslinya hanya demi dipertontonkan kepada manusia

Keberadaan zoo banyak ditentang via www.kansascityzoo.org

Adanya kebun binatang tuh sebenarnya udah banyak ditentang para aktivis hewan lho. Menurut mereka, kebun binatang bikin para hewan nggak bisa bebas hidup di alam. Soalnya habitat asli mereka ‘kan sebenarnya ya di alam liar. Kalau di kandang, pergerakan mereka jadi terbatas, pertumbuhan mereka pun bisa berbeda sama hewan sejenis yang hidupnya di alam.

Mungkin sah-sah aja bikin kebun binatang, mengingat tempat itu bisa jadi sarana edukasi buat anak-anak. Asalkan keselamatan dan kelestarian hewan terus terjaga

Jadi sarana belajar anak-anak via cincinnatiusa.com

Sebetulnya keberadaan kebun binatang nggak bisa disalahkan 100% kok. Soalnya tempat semacam itu bisa jadi sarana edukasi bagi anak-anak. Ya dimana lagi mereka bisa lihat hewan liar kalau nggak di zoo? Lagian banyak kok hewan kebun binatang yang usia hidupnya lama. Semua itu tergantung gimana kualitas kebun binatang itu sendiri, asupan makanannya, kualitas perawatannya kalau lagi sakit, dll. Pemerintah negara terkait juga harusnya lebih memperketat kebijakan soal kebun binatang. Kalau nggak layak ya mending ditutup aja~

Nah, mengajak anak-anak ke kebun binatang itu sama saja menanamkan rasa empati terhadap binatang sebagai sesama makhluk hidup lho. Rasa kasih sayang inilah yang bakal diingat sampai mereka dewasa. Asalkan, kita sebagai orang dewasa juga bisa mengajarkan gimana cara menjaga perilaku selama berada di kebun binatang…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya