Buktikan Komitmen Jaga Keamanan Data Pribadi Pengguna, Home Credit Raih Sertifikasi ISO 27001

Home Credit raih sertifikasi ISO 27001

Setiap orang yang menggunakan layanan berbasis digital ingin data pribadinya aman terlindungi. Ini karena kebocoran data pribadi bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, penting bagi setiap perusahaan layanan digital memperketat keamanan sistem informasi mereka agar data pengguna tetap terlindungi, terlebih perusahaan yang bergerak di layanan keuangan.

Advertisement

Sadar akan pentingnya perlindungan data pribadi, perusahaan pembiayaan berbasis teknologi PT Home Credit Indonesia (Home Credit) dengan sistem perlindungan yang telah dimiliki meraih sertifikasi ISO 27001. Sertifikasi itu berkaitan dengan sistem manajemen keamanan informasi yang menunjukkan komitmen Home Credit untuk selalu melindungi data pribadi penggunanya.

ISO 27001 mencakup tiga prinsip dasar dalam upaya menjaga keamanan dan kerahasiaan data pribadi pengguna

Buat yang belum tahu, sertifikasi ISO 27001 merupakan standar internasional Sistem Manajemen Keamanan Informasi berkaitan dengan tiga prinsip mendasar yang harus dipenuhi perusahaan. Ketiga prinsip itu adalah kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi. Dengan adanya sertifikasi itu, masyarakat bisa lebih yakin dan percaya menggunakan suatu layanan karena keamanan dan kerahasiaan data terjaga dengan baik.

Bagi Home Credit, sertifikasi ISO 27001 ini menunjukkan komitmen dalam melindungi data pribadi pengguna dengan keamanan infrastruktur jaringan serta aplikasi MyHomeCredit yang semakin diperkuat dengan sistem berstandar internasional. Direktur & Chief Information Officer PT Home Credit Indonesia Yusron Anas menegaskan kalau sertifikasi ini merupakan wujud komitmen mereka terhadap lebih dari 10 juta pengguna aplikasi MyHomeCredit.

Advertisement

“Home Credit percaya bahwa keamanan data pribadi pengguna merupakan salah satu prasyarat penting bagi terciptanya kenyamanan dan kepercayaan saat melakukan transaksi layanan keuangan.” kata Yusron melalui keterangan tertulis, Rabu (3/11).

Sertifikasi ISO 27001 didapat Home Credit melalui penilaian terhadap fitur keamanan berlapis, pemantauan keamanan dan penetration testing 

Aplikasi My Home Credit | dok.HomeCredit

Bukti bahwa sistem keamanan informasi Home Credit sudah memenuhi standar global terlihat dari tiga indikator utama. Pertama, fitur keamanan berlapis, kedua pemantauan keamanan, dan terakhir adanya penetration testing yang dilakukan secara berkala di aplikasi digital My Home Credit.

Advertisement

Fitur keamanan itu dimulai dari 6 digit Nomor Identifikasi Pribadi (PIN), sandi sekali pakai (OTP), dan kebijakan satu perangkat aktif untuk satu pengguna. Lalu, pemantauan keamanan dan penetration testing bermanfaat untuk meningkatkan tingkat keamanan aplikasi dengan upgrade sistem secara berkala.

Sebagai lembaga jasa keuangan non-bank yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Home Credit memastikan seluruh kegiatan operasional perusahaan mengikuti aturan yang berlaku, khususnya berkaitan dengan perlindungan data pengguna. Kebijakan perusahaan tentang data di aplikasi My Home Credit juga sudah diverifikasi oleh auditor eksternal untuk memastikan keamanan data sesuai dengan ketentuan.

“Mengacu pada Kebijakan Privasi yang diinformasikan kepada pengguna aplikasi MyHomeCredit, Home Credit tidak akan mengumpulkan data yang bersifat pribadi seperti PIN, kata sandi atau bahkan informasi lain yang ada dalam telepon selular pengguna,” lanjut Yusron.

Meski sudah punya sistem perlindungan data pribadi yang baik dibuktikan lewat sertifikasi ISO 27001, Home Credit tetap mengimbau para pengguna untuk bisa menjaga kerahasiaan data pribadi masing-masing dengan tidak memberitahu PIN, password atau kode OTP kepada siapa pun.

Diimbau pula agar para pengguna untuk tetap waspada dengan pihak tidak bertanggung jawab yang kerap mengatasnamakan institusi resmi atau perusahaan. Dalam hal ini, pengguna dapat memastikan setiap informasi mengenai Home Credit melalui akun resmi media sosial Home Credit yang telah terverifikasi dengan tanda centang biru dan situs resmi Home Credit di www.homecredit.co.id.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE