Insulin Diramalkan Makin Langka Pada Tahun 2030. Padahal Penderita Diabetes Terus Meningkat Nih

Insulin diprediksi makin langka tahun 2030

Diabetes adalah ancaman serius di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Apalagi penyakit ini memang bisa diturunkan dari orangtua ke anaknya. Tapi tentu saja gaya hidup juga turut berpengaruh. Dengan berbagai komplikasi seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan sampai banyak yang berujung kematian, diabetes berkembang menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti. Makanya banyak orang yang harus sampai mengandalkan suntikan insulin secara rutin untuk mengontrol gula dalam darah.

Advertisement

Nah tapi baru-baru ini ada sebuah penelitian yang memprediksi kalau di tahun 2030 mendatang, cuma setengah dari total jumlah penderita diabetes yang bakal punya akses ke insulin. Itu artinya penyakit ini akan semakin sulit ditangani karena faktor keterbatasan akses ke insulin. Wah padahal kabarnya jumlah penderita diabetes ini makin bertambah dari tahun ke tahun lo! Terus gimana dong cara menanggulanginya? Adakah solusi lain? Atau apakah manusia kini hanya bisa pasrah terhadap ancaman diabetes? Simak deh ulasan Hipwee News & Feature kali ini.

Sebuah jurnal memprediksi adanya kelangkaan insulin pada 2030 mendatang. Jumlahnya nggak sebanding dengan penderita diabetes yang semakin meningkat

Kelangkaan insulin via insulinnation.com

Menurut World Health Organization (WHO), tahun 1980, jumlah penderita diabetes terhitung ada 108 juta orang. Pada tahun 2014 ternyata jumlahnya meningkat jadi 422 juta. Jumlah itu diprediksi akan terus mengalami peningkatan ke depannya, melihat tingginya konsumsi makanan tinggi gula dan junk food di kalangan manusia modern. Sedihnya, di tahun 2030, para ahli justru memprediksi kalau insulin –sebagai obat ampuh mengatasi diabetes— justru akan mengalami kelangkaan. Studi ini diterbitkan dalam jurnal Lancet Diabetes and Endocrinology, seperti dikutip CNN.

Studi di atas membandingkan jumlah ketersediaan insulin dengan jumlah penderita diabetes yang diprediksi terus meroket

Penderita diabetes makin meroket via medicalxpress.com

Sebanyak 79 juta penderita diabetes tipe 2 di tahun 2030, disinyalir akan membutuhkan insulin untuk mengontrol gula dalam darahnya. Tapi sayangnya, cuma setengah di antara mereka yang bisa mengakses insulin, dengan catatan jumlah ketersediaan insulin nggak jauh beda sama sekarang. Kelangkaan insulin ini bakal terjadi terutama di negara-negara yang paling banyak terjangkit diabetes, seperti Asia, Afrika, dan Oceania.

Insulin sendiri saat ini dianggap sebagai obat ampuh untuk membantu penderita diabetes mengontrol gula darah dalam tubuhnya

Penggunaan insulin dengan disuntikkan lewat perut via geneticliteracyproject.org

Diabetes terjadi ketika pankreas tidak bisa menghasilkan hormon insulin yang bertugas memerintah sel tubuh untuk mengubah gula menjadi energi. Akibatnya, gula jadi menumpuk dalam darah dan mengganggu organ lain dalam tubuh.

Sebenarnya dalam dunia medis, dikenal ada dua jenis diabetes; diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Advertisement

Diabetes tipe 1: pankreas berhenti total menghasilkan insulin

Diabetes tipe 2: pankreas nggak cukup menghasilkan insulin

Karena masalahnya ada pada hormon insulin tadi, makanya kebanyakan dokter akan merekomendasikan pengobatan melalui suntikan insulin untuk mengimbangi kinerja tubuh menyerap gula jadi energi, bukan malah jadi penyakit. Selain karena keturunan, diabetes juga sering dikaitkan dengan obesitas, pola makan yang buruk, dan jarang olahraga.

Tapi sebetulnya, nggak selamanya orang yang menderita diabetes akan membutuhkan insulin kok

Nggak semua butuh insulin tapi tetep aja keberadaannya penting via www.redorbit.com

Dari total 511 juta penderita diabetes, ternyata cuma 79 juta saja yang diprediksi akan membutuhkan insulin untuk pengobatannya. Tapi seperti yang sudah disebutkan di atas tadi, hanya sekitar 38 juta saja yang kemungkinan bakal bisa mengakses insulin. Masalahnya, insulin juga bukan obat yang murah. Sekarang produksi insulin di dunia juga cuma didominasi sama 3 pabrik besar. Jadi, wajar kalau kemudian para ahli memprediksi ke depannya insulin bisa jadi langka.

Kalau pemerintah tiap negara nggak turun tangan dengan menciptakan insulin yang lebih terjangkau, bukan nggak mungkin prediksi di atas bakal jadi kenyataan. Apalagi kalau ingat sekarang ini jenis makanan atau minuman makin beragam jenisnya, bikin susah menolak tiap diajak jajan yang manis-manis~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

CLOSE