6 Benda Ramah Lingkungan yang Cocok Jadi Kado Untuk Teman, Biar Nggak Itu-itu aja, kan~

Kado benda ramah lingkungan

Sudah bukan rahasia lagi kalau semakin ke sini, kondisi bumi semakin nggak karuan. Selain “momok” pemanasan global, kita manusia juga dihadapkan dengan keadaan laut yang sungguh amat memilukan. Laut yang seharusnya jernih berwarna biru kehijauan, kini pemandangannya sudah berubah mengerikan karena banyak dipenuhi sampah, terutama sampah plastik. Sampah-sampah itu mencemari ekosistem laut. Biota laut lah yang paling sering kena getahnya. Nggak sedikit yang mengira kalau plastik itu adalah makanan. Mereka pun banyak yang mati karena pencernaannya dipenuhi plastik.

Advertisement

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memulihkan kondisi bumi yang sedang sekarat ini. Sekalipun kita cuma orang biasa yang nggak punya wewenang mengatur sistem pembuangan sampah, atau bikin kebijakan soal sampah plastik, setidaknya kita bisa memulainya dari hal-hal kecil. Salah satunya memakai benda-benda yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Selain bisa dipakai sendiri, kita juga bisa memberikannya sebagai kado untuk teman, pasangan, atau siapapun orang-orang kesayangan kita. Kali ini Hipwee udah merangkum 7 inspirasi benda ramah lingkungan yang cocok dijadikan kado. Yuk, simak!

1. Banyak orang sudah beralih ke sedotan non-plastik. Kamu pun juga bisa menjadikan benda itu sebagai kado. Beli aja yang sepaket sama kantong dan sikat pembersihnya

Set sedotan stainless via www.blanja.com

Salah satu sampah yang paling banyak ditemui di laut adalah sedotan plastik. Sedotan ini cuma dipakai beberapa menit, tapi untuk bisa terurai butuh ratusan tahun! Untuk itulah penting bagi kita menumbuhkan kesadaran buat mengganti sedotan plastik dengan sedotan lain yang bisa dipakai berkali-kali. Saat ini yang paling populer adalah sedotan stainless atau sedotan besi. Harga sepaketnya sama kantong dan sikat juga nggak mahal kok, cuma Rp14.000-Rp16.000 aja! Kalau mau beli bisa di sini.

2. Selain sedotan, kamu juga bisa mempertimbangkan buat ngado peralatan makan yang terbuat dari kayu. Banyak kok yang jual satu set gitu

Set alat makan dari kayu via www.koreandae.com

Alat-alat makan yang terbuat dari plastik juga seringkali mencemari lingkungan. Apalagi kadang dipakainya cuma sekali atau dua kali gitu. Biar nggak mencemari lingkungan, kamu juga bisa beralih ke set perlengkapan makan non-plastik, seperti yang terbuat dari kayu gitu misalnya. Harganya juga nggak mahal, cuma 30an ribu! Itu juga udah satu set, isinya ada sendok, garpu, dan sumpit. Cek di sini aja.

Advertisement

3. Pilihan kado lain yang ramah lingkungan adalah tas belanja. Tahu sendiri kan kalau kantong plastik juga sering mencemari lingkungan??

Kantong belanja via www.brilio.net

Sekarang sudah banyak pemerintah daerah yang memberlakukan aturan soal kantong plastik sekali pakai. Ada yang melarang sepenuhnya, ada juga yang menerapkan tarif untuk kantong plastik. Nah, alternatifnya kita bisa membawa tas belanja sendiri setiap pergi ke supermarket atau mana pun. Benda ini pun juga cocok buat dijadikan kado. Harganya variatif sih, tapi kalau mau yang bagus biasanya Rp20.000 ke atas. Kamu bisa beli di sini ya.

4. Menstrual cup bisa jadi pilihan kado untuk teman, pacar, atau saudara wanitamu. Benda ini bisa membantu mengurangi sampah pembalut sekali pakai

Menstrual cup via www.nytimes.com

Menstrual cup mungkin masih tabu di Indonesia. Tapi benda yang gunanya untuk menampung darah haid ini berguna banget buat kita yang merasa berdosa karena tiap bulan harus buang-buang pembalut. Seringnya sampah pembalut ini juga berujung mencemari lingkungan karena sulit terurai. Menstrual cup juga bisa kamu jadikan kado lo. Harganya memang terbilang mahal, tapi kalau dihitung-hitung tetap lebih hemat pakai menstrual cup yang bisa dipakai bertahun-tahun. Harganya kalau mau yang bagus sih biasanya di atas Rp300.000. Coba cek di sini ya!

6. Selain menstrual cup, ada juga pembalut kain. Setelah pakai bisa dicuci dan dipakai kembali!

Pembalut kain via www.amazon.com

Pembalut kain juga banyak dijual sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan. Soalnya benda ini bisa dipakai berkali-kali. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup terjangkau, lebih murah dari menstrual cup, yaitu sekitar Rp100.000. Kalau mau beli bisa cek di sini.

Advertisement

7. Mungkin banyak yang nggak kepikiran buat ngadoin bibit tanaman. Padahal barang ini jelas banyak manfaatnya buat bumi

Bibit tanaman via tanamanbibit.com

Apalagi kalau ngasih bibit pohon yang bisa berbuah, meski tumbuhnya mungkin butuh waktu bertahun-tahun, tapi kalau buahnya sudah tumbuh bisa sekalian dipetik. Investasi lah ya~ Nah, harganya juga nggak mahal kok. Kayak misal bibit alpukat ini cuma dibanderol Rp51.200 aja! Cek di sini deh

Itu dia deretan inspirasi kado ramah lingkungan yang bisa kamu kasih ke teman atau siapapun itu. Kapan lagi bisa nyenengin orang lain sekaligus melestarikan bumi??

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE