Kaleidoskop: Momen Penting Penuh Keseimbangan Sepanjang 2022

5 momen penting sepanjang tahun ini perlu dilihat kembali karena memiliki nilai-nilai keseimbangan

Selain membuat resolusi, tradisi lain di penghujung tahun adalah melihat kembali peristiwa atau momen-momen penting yang telah terjadi, baik itu sekadar untuk menyegarkan ingatan atau mengapresiasi diri sendiri yang secara nggak langsung sudah menjadi bagiannya. 

Nah, di sepanjang tahun 2022 sendiri ada banyak peristiwa dan momen penting yang terjadi. Namun, setidaknya 5 momen berikut ini perlu untuk kamu lihat kembali karena memiliki nilai-nilai keseimbangan.  

1. Kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia yang konsisten membaik membuat masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan leluasa

Ilustrasi berkumpul bareng teman-teman | Photo by Chaay_Tee from iStockphoto

Di tahun 2022 ini, kurva pandemi COVID-19 di Indonesia terus melandai meski status pandemi belum dicabut. Ini merupakan pencapaian berkat disiplin protokol kesehatan serta vaksinasi yang sama-sama kita jalankan dan masih perlu terus dipertahankan. 

Melandainya kurva pandemi COVID-19 di Indonesia ini bukan saja berarti peluang bebas dari krisis kesehatan, tetapi juga bebas melakukan hal-hal temu fisik yang selama ini terkendala. Baik itu urusan pekerjaan maupun hiburan.

Di tahun 2022 kita sudah bisa kembali bekerja dengan optimal, dan di tahun ini pula kita bisa melakukan mudik lebaran, nonton konser bareng teman. Terbaru, pemerintah bahkan bakal membebaskan perayaan Natal 2022 dan tahun baru 2023. 

2. Presidensi G20 Indonesia 2022 di Bali yang turut membawa manfaat ekonomi dan pariwisata bagi bangsa

Presiden Joko Widodo dalam penutupan KTT G20 | Foto oleh BPMI Setpres

Presidensi G20 Indonesia 2022 (KTT G20) merupakan salah satu perhelatan internasional membanggakan yang digelar Indonesia di tahun ini. Dilangsungkan di Bali pada tanggal 15-16 November 2022, perhelatan ini sendiri bertujuan mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

Nah, yang menarik,  KTT G20 juga turut membawa banyak manfaat positif bagi Indonesia selaku tuan rumah. Di antaranya manfaat ekonomi, manfaat pariwisata, dan manfaat bagi UMKM. Bagaimana bisa?

Melansir Kompas.com, dari sisi ekonomi KTT G20 diproyeksikan mampu meningkatkan konsumsi domestik hingga Rp1,7 triliun, penambahan PDB nasional hingga Rp7,4 triliun, dan pelibatan UMKM, serta penyerapan tenaga kerja sekitar 33 ribu di berbagai sektor.

Sementara dari sisi pariwisata, KTT G20 dapat berkontribusi terhadap proyeksi peningkatan wisatawan mancanegara hingga 1,8 juta – 3,6 juta dengan 600 ribu – 700 ribu lapangan kerja baru di sektor kuliner, fashion, dan kriya.

Sedangkan bagi UMKM, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menuturkan bahwa KTT G20 mampu mendorong investasi pada UMKM dalam negeri. Sebab, saat ini 80 persen investor global berasal dari negara-negara G20.

3. Kenaikan UMP Indonesia tahun 2023 yang dapat menyeimbangkan kebutuhan para pekerja

Ilustrasi upah | Photo by Sewupari-studio from iStockphoto

Diumumkannya rata-rata kenaikan upah minimum provinsi (UMP) 2023 maksimal 10 persen oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bisa dibilang menjadi salah satu momen paling membahagiakan bagi para pekerja di tahun ini. 

Melalui kebijakan yang diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022 ini terdapat nilai keseimbangan, di mana upah yang akan diterima para pekerja dapat menyeimbangkan kebutuhannya.

Sebaliknya, dengan aturan maksimal kenaikan 10 persen, Direktur Pengupahan Kemnaker Dinar Titus Jogaswitani seperti dikutip dari Kompas.com, mengatakan pengusaha atau pemberi kerja diharapkan tidak akan kesulitan untuk membayarkan upah minimum. 

4. Perhelatan Piala Dunia 2022 dengan Qatar selaku tuan rumah yang tetap mempertahankan norma ketimuran

Ilustrasi piala dunia | Photo by kovop58 from iStockphoto

Digelarnya Piala Dunia 2022 menjadikan tahun ini spesial bagi pencinta olahraga sepak bola. Perhelatan empat tahunan ini makin spesial lantaran Qatar sebagai tuan rumah menjadi negara Timur Tengah pertama untuk kompetisi ini.

Menariknya lagi adalah nilai-nilai keseimbangan yang terdapat dalam Piala Dunia 2022 begitu kental terasa. Selaku tuan rumah, Qatar menerapkan norma ketimuran secara ketat sepanjang perhelatan berlangsung. 

Merujuk pada syariat Islam, selama Piala Dunia 2022 Qatar secara tegas nggak mentolerir tindakan seperti kumpul kebo hingga pesta minuman beralkohol. Qatar bahkan menyiapkan sanksi bagi mereka yang berani melanggar aturan. Dengan itu semua, Qatar terbukti berhasil menjaga kelangsungan Piala Dunia 2022 sampai akhir dengan aman dan nyaman. 

Apa yang dilakukan Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia 2022 tersebut membuktikan bahwa keseimbangan adalah hal penting dalam menjalani hidup. Serius mengurus perkara dunia, tanpa harus mengesampingkan syariat. Lewat komitmennya mempertahankan nilai-nilai yang dianut, Qatar secara tidak langsung juga telah mengenalkan Islam ke mata dunia. 

5. Masyarakat yang bersolidaritas terhadap tragedi dan bencana lewat hobi dan hal-hal yang mereka suka

Ilustrasi relawan mengumpulkan donasi | Photo by skphotostock from iStockphoto

Di tahun 2022 ini Indonesia mengalami sejumlah tragedi dan bencana. Dua dengan skala cukup besar adalah tragedi Stadion Kanjuruhan dan bencana gempa bumi yang melanda kota Cianjur, Jawa Barat. 

Di tengah tragedi dan bencana tersebut, kita bisa melihat adanya solidaritas tanpa batas yang ditunjukkan masyarakat Indonesia lewat berbagai cara. Satu yang menarik adalah melalui hobi dan hal-hal yang mereka suka.

Seperti dilakukan oleh berbagai fandom Kpop di Indonesia berikut ini. Diketahui untuk tragedi Stadion Kanjuruhan, fandom NCT dan WayV: NCTzen dan WayZenni berhasil mengumpulkan donasi sekitar Rp340 juta. 

Nggak hanya mereka, ada juga penggemar EXO: EXO-L Indonesia yang berhasil mengumpulkan donasi lebih dari Rp145 juta, penggemar Super Junior: ELF Indonesia dengan total donasi sekitar Rp42 juta, penggemar BTS: ARMY Indonesia dengan total donasi senilai lebih Rp447 juta dan banyak fandom Kpop lainnya. 

Melakukan aksi solidaritas yang sama untuk korban gempa bumi di Cianjur, ARMY Indonesia berhasil mengumpulkan donasi sekitar Rp191 juta, NCTzen dan WayZenni sekitar Rp46 juta dan banyak fandom lainnya yang melakukan aksi serupa. 

Dari aksi solidaritas yang dilakukan para fandom Kpop ini kita bisa tahu bahwa keseimbangan bisa dicapai dan diciptakan melalui banyak cara. Menyukai budaya populer dari luar negeri juga bukan berarti nggak memperhatikan bangsa sendiri. 

Nah, untuk kamu yang juga ingin mencapai atau menciptakan keseimbangan dalam kehidupan ini, bisa follow Instagram @guegensy karena di sana ada banyak informasi menarik tentang keseimbangan hidup.

Itu dia 5 momen penting dan penuh keseimbangan yang terjadi sepanjang tahun 2022. Kamu punya versi lain? Yuk, share

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor