Kita Semua Tahu Manusia Bisa Terbang ke Luar Angkasa, Tapi Gini Nih Cara Mereka Mendarat di Bumi

Misi mengirimkan manusia ke luar angkasa sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Tahun 1969 menjadi tahun paling bersejarah dengan keberhasilan manusia mendarat dan menjejakkan kaki untuk pertamakalinya di bulan. Meski belum berhasil mencapai Mars atau planet lain dalam galaksi bima sakti, misi mengirimkan astronout untuk meneliti dan tinggal di stasiun luar angkasa International Space Station (ISS), terus dilakukan hingga saat ini.

Advertisement

Mungkin kamu familiar dengan adegan peluncuran roket luar angkasa lewat film-film populer semacam “Armageddon“, tapi penasaran nggak sih gimana astronout-astronout ini balik ke bumi? Apa juga pakai roket atau semacam pesawat? Terus landasannya di mana ya? Apa pakai landasan bandara biasa ya?

Pada tanggal 2 September lalu, ada pendaratan misi luar angkasa bersejarah lho guys. Soalnya Peggy Whitson, salah satu astronaut yang mendarat kemarin, memecahkan rekor sebagai orang yang terlama tinggal di luar angkasa. Menurut Space, jika diakumulasi, Whitson mendiami stasiun luar angkasa selama 665 hari. Peristiwa ini memperlihatkan secara dekat bagaimana astronout cewek berprestasi ini kembali lagi ke bumi. Yuk lihat bareng-bareng Hipwee News & Feature!

Tim Peggy Whitson membutuhkan waktu 3,5 jam untuk pulang ke bumi dari stasiun luar angkasa internasional. Ternyata nggak lama-lama banget ya…

Di usianya yang sudah 57 tahun, Whitson berhasil memecahkan rekor dunia  via newatlas.com

Beda dengan pesawat Boeing atau Airbus, kapsul Soyuz, satu-satunya alat transportasi balik ke bumi, hanya muat 3 orang

Ia pulang bersama dua orang astronaut lain, Jack Fischer dan Fyodor Yurchikhin. (Foto: Sergei Ilnitsky). via reuters.com

Advertisement

Mereka mendarat di daerah terpencil dekat wilayah Dzhezkazgan, Kazakhstan. Tempat pendaratan hampir semua misi luar angkasa sekarang

Disambut oleh berbagai personil kesehatan untuk memulihkan badan mereka kembali ke atmosfer bumi via reuters.com

Begini kira-kira metode pendaratan astronout yang dikenal sebagai Soyuz Landing. Setelah melepaskan diri dari ISS, mereka kembali masuk ke atmosfer bumi dalam bentuk kapsul

Setelah dekat dengan permukaan, parasut akan terbuka via id.pinterest.com

Di dalam kapsul ini, juga jauh dari kata nyaman. Mereka harus rela berdesak-desakan sampai mendarat di bumi

Ujian terakhir astronout setelah berhasil terbang ke luar angkasa: kembali ke bumi dengan selamat via jaxa.jp

Advertisement

Momen saat masuk ke lapisan atmosfer Bumi adalah waktu yang sangat menegangkan dan jelas penuh guncangan. Kecepatan bisa mencapai 28 ribu kilometer per jam

Tidak ada pendaratan mulus jika kamu mendarat dari luar angkasa  via www.spacesafetymagazine.com

Karena harus melewati atmosfer, kapsul ini perlu dilapisi lapisan tahan panas yang maha kuat. Tapi ya pasti tetap saja kembali ke bumi dalam keadaan gosong

Tidak bisa sembarangan keluar, harus dibantu oleh kru di bawah via cnn.com

Setelah dikeluarkan dari dalam kapsul, mereka diperkenankan langsung menghubungi keluarga mereka. Tapi langsung dibawa menuju sebuah tenda guna pemeriksaan kesehatan

Setelah berbulan-bulan di luar angkasa, kondisi tubuh mereka berubah(Foto: Sergei Ilnitsky) via reuters.com

Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk kembali beradaptasi dengan kondisi bumi. Bahkan untuk berjalan sekalipun, mereka butuh waktu untuk membiasakan diri dengan gravitasi

Fokus selama 45 hari ke depan adalah pemulihan. (Foto: Sergei Ilnitsky). via Reuters.com

Bukan hanya sekali, Peggy Whitson sudah mengalami seluruh proses ini dua kali untuk pecahkan rekor dunia. Prestasi yang hebat banget lho guys!

Butuh kekuatan fisik dan mental yang luar biasa  via newatlas.com

Mungkin di masa depan bukan hanya para astronot yang punya kesempatan untuk tinggal lama di luar angkasa. Beberapa waktu yang lalu, berita tentang negara di luar angkasa yaitu Asgardia juga heboh lantaran mereka membuka pendaftaran untuk masuk ke negara baru mereka. Kalau begini jadinya, bukan tak mungkin kamu bisa memecahkan rekor yang dipegang oleh Peggy Whitson. Atau mungkin nggak lama lagi kamu jadi astronot seperti Peggy Whitson, semoga saja deh beberapa di antara kalian ada yang bisa mengharumkan nama bangsa layaknya Peggy whitson!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kertas...

40 Comments

  1. Yusuf Firman berkata:

    ohh gitu yaa.
    aku malah baru tau…
    hebatt..thanks Galih Fajar

  2. Mayang Setia berkata:

    Nah ini baru berita keren ?

  3. Idris Lubis berkata:

    Bagaimana mungkin kecepatan 28000 km /jam nge rem biar mendarat di bumi hanya menggunakan parasut
    NASA = hoax bro

  4. Jaya Adv berkata:

    Kalau menurut saya kondisi parasutnya tidak sesuai dengan beban. Parasut t tersebut akan segera sobek dan hancur seketika setelah mengembang dalam kondisi kecepatan turun yang sangat ekstrem.

  5. Shuka Wijaya berkata:

    betul itu, kita jg tahu bumi itu datarr!! jelas² NASA mau membodohi² kita, kapsul kan diminum, masak skrg kapsul sbg alat utk astronut balikk!

    ah paling lg syuting fil. hollywood tuh, HOAX

  6. Hi Deni berkata:

    Ikut komen buat cari komen hoax nasa ada

    *Mission accomplished
    *Achievement unlocked

  7. Tri Mud'zalifah berkata:

    Koq g ada yg menanyakan bagaimana penampakan bumi dr luar angkasa, flat or globe?? Penasaran dech.

  8. Jgn cuma pake logika mas. Orang zaman dlu klau cuma pakai logika tdk percaya klau pesawat bisa terbang. Buktikan dgn sains

CLOSE