Berkarya Lewat Art dan Fashion, Kreator Irene Suwandi Menangkan Challenge #TauGaSih TikTok Indonesia

Challenge #TauGaSih TikTok Indonesia

Peluang interaksi yang besar membuat TikTok menjadi salah satu digital platform yang digandrungi oleh anak muda. Selain itu, TikTok juga terus memperbarui fitur di dalamnya untuk menunjang kenyamanan pengguna serta dapat mengasah kreativitas. Nggak hanya itu, TikTok juga sering mengadakan challenge dengan beragam topik yang dapat diikuti oleh seluruh penggunanya.

Advertisement

Terbaru, TikTok Indonesia mengadakan challenge #TauGaSih sejak tanggal 6-13 Desember 2021. Pada kesempatan ini, para kreator ditantang untuk membuat konten video edukatif dari beberapa topik pilihan dengan menjadikan artikel media partner seperti Hipwee sebagai sumber referensinya.

Sukses digelar, TikTok Indonesia telah mengumumkan 10 pemenang yang berhasil membawa pulang hadiah senilai total Rp140 juta. Dikenal lewat karya-karyanya yang artistik, Irene berhasil menjadi salah satu pemenang challenge #TauGaSih. Kira-kira seperti apa ya konten yang dibuat oleh Irene sehingga berhasil menang?

Sebagai mahasiswa fashion design, Irene Suwandi membagikan pengalamannya dalam melukis dan menggambar lewat kanal TikTok

Konten edukaitif Irene di TikTok | Credit @ireneswnd on TikTok

Irene adalah kreator berusia 20 tahun yang dikenal di platform TikTok berkat beragam konten edukasi seputar kesenian, kerajinan tangan dari limbah dan tutorial gambar. Irene sendiri saat ini tercatat masih menjadi mahasiswa jurusan fashion design di salah satu universitas di negeri Tiongkok.

Advertisement

Dalam kesempatan wawancara eksklusif, Irene mengaku ingin dikenal sebagai kreator yang bisa memberikan edukasi kepada audiens dan berdampak untuk masyarakat Indonesia. Medium yang ia pilih untuk itu adalah TikTok. Terjun dari bulan Agustus 2020, salah satu konten tutorial menggambar miliknya mengantarkan Irene menjadi kreator art yang populer di TikTok.

“Aku memilih konten yang lekat hubungannya dengan art, karena aku hobi gambar dan kebetulan bidang ini sejalan dengan jurusan kuliahku di bidang Fashion Design. Pertama kali membangun kanal TikTok, aku pun melewati banyak proses trial and error hingga akhirnya aku fokus pada beberapa topik art mulai dari membuat tutorial gambar hingga saat ini sedang memiliki sebuah projek fesyen yang cukup besar,” kata Irene, Rabu (29/12).

Lebih lanjut, Irene juga menjelaskan alasannya memilih platform TikTok untuk berkarya. Ia merasa bahwa TikTok memberikan kesempatan yang sama untuk semua kreator, baik yang sudah terkenal maupun kreator yang baru ingin mulai berkarya. Hal tersebut membuat ia merasa semangat untuk unjuk karya, berbagi ilmu lewat konten video.

Advertisement

Irene berpartisipasi dalam challenge #TauGaSih agar lebih banyak audiens yang antusias terhadap projek besar yang sedang ia jalankan

Kreator pemenang challenge #TauGaSih Credit @ireneswnd on TikTok

Saat ini Irene tengah mengerjakan sebuah projek besar bertajuk “Gaun untuk Indonesia”. Projek ini telah ia rencanakan sejak bulan Juli 2020 dan saat ini sedang dalam tahap penyelesaian. Nantinya, gaun ini akan dilukis dengan beragam motif khas Indonesia dan dikenakan oleh Putri Indonesia, untuk kemudian dilelang dalam program donasi.

Kalau kamu penasarasan dengan proses di balik konten-konten TikTok Irene yang terbilang berdurasi singkat, ia mengaku membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam hanya untuk membuat konten tutorial gambar. Dalam proses berkarya, Irene mengatakan kerap menggunakan konsep ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) untuk mengolah ide kreatif.

Lebih lanjut, Irene mengatakan sampai saat ini seluruh proses pembuatan konten mulai dari penulisan skrip, shooting hingga proses editing video masih ia lakukan sendiri. Dalam meng-handle semua itu, Irene mengaku kerap menemui tantangan seperti creative block dan burn out. Untuk mengatasinya, ia mengaku sering mengambil jeda sejenak untuk istirahat dan quality time dengan keluarga dan teman.

Adapun keterlibatannya dalam challenge #TauGaSih ini, kata Irene, adalah untuk merangkul lebih banyak audiens dan menciptakan antusias yang besar terhadap projek besar yang tengah ia garap. Selain itu, challenge ini juga ia anggap sebagai momentum untuk melatih konsistensi dalam berkarya.

“Aku berpartisipasi dalam challenge #TauGaSih ini agar lebih banyak audiens yang antusias terhadap projek yang sedang aku jalani. Aku juga menyadari bahwa konsistensi menjadi hal yang sangat penting saat berkarya dan saat ini aku masih struggle dengan hal itu. Yang terpenting kita tetap menjadi diri sendiri agar karya yang kita buat memiliki karakteristik yang khas” tutur Irene.

Harapan Irene di tahun 2022 adalah merampungkan projek “Gaun untuk Indonesia”

Irene berharap di tahun 2022 ia bisa segera menyelesaikan projek “Gaun untuk Indonesia” dan melelangnya untuk program donasi. Irene juga berencana mendaftarkan hasil projeknya ke Rekor Muri. Terakhir, Irene juga berharap bisa segera merilis bisnis fesyennya sendiri yang telah lama ia rencanakan.

Keren banget ya, karya-karya dari Irene ini. Rencana-rencananya di tahun 2022 juga sangat layak dinanti. Sepakat, nggak? Nah, kalau kamu tertarik dengan konten Irene yang edukatif, kreatif dan informatif, bisa langsung mengunjungi kanal TikTok dengan nama pengguna @ireneswnd atau melalui tagar #TauGaSih untuk menyaksikan konten video yang mengantar Irene jadi salah satu pemenang challenge.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE