Pernahkah kamu mengalami kelelahan yang teramat sangat, baik secara fisik maupun emosional hingga merasa enggan untuk beranjak dari tempat tidur dan malas memulai rutinitas sehari-hari? Jangan anggap sepele, mungkin saja itu gejala burnout atau sindrom kelelahan yang diakibatkan oleh stres berkepanjangan dan tumpukan beban pekerjaan. Burnout yang tidak ditangani dengan serius dapat berujung pada depresi.

Nah bagaimana cara mengatasinya? Simak tips berikut agar kamu terhindar dari burnout di tempat kerja!

1. Cari udara segar untuk menghilangkan penat dengan sejenak keluar dari meja kerjamu

jalan-jalan sejenak via www.freepik.es

Advertisement

Menjauh sejenak dari tumpukan beban pekerjaan dapat membuat kita merasa lebih segar, kamu bisa berjalan-jalan di sekitar kantor, makan siang di luar, atau berkunjung ke meja rekan kerja untuk sekadar mengobrol misalnya. Kamu perlu berhenti sejenak dan mendistraksi pikiranmu agar nantinya bisa kembali produktif bekerja.

2. Jangan lupa atur skala prioritas, tidak semua hal bisa kamu kerjakan sekaligus

kewalahan kan? via plumasatomicas.com

Beban pekerjaan yang bertumpuk dapat membuat kita merasa kewalahan bahkan sebelum mulai mengerjakan. Untuk itu, kamu perlu membagi-bagi beban pekerjaan yang berat tersebut menjadi beberapa pekerjaan yang lebih ringan. Lalu kerjakanlah sesuai urutan skala prioritas yang telah kamu tetapkan sebelumnya.

3. Kamu tak melulu harus selalu multitasking, menyelesaikan pekerjaan satu persatu dapat meringankan beban pikiranmu

kerjain satu per satu aja dulu via www.ahchealthenews.com

Mengerjakan pekerjaan dengan multitasking tak selalu lebih efektif. Terkadang hal ini malah akan membuat kita semakin terbebani secara psikologis. Untuk itu, tak ada salahnya menyelesaikan pekerjaan satu per satu kalau itu bisa menjaga kita agar tetap terfokus.

4. Berhentilah mengejar kesempurnaan, menjadi perfeksionis justru akan membuat dirimu merasa tersiksa

si perfeksionis via www.southlakeuniontherapy.com

Advertisement

Memasang target dan ekspektasi tinggi untuk diri sendiri terkadang memang perlu, namun perfeksionisme berlebihan justru akan mendatangkan stres dan beban tambahan yang tidak perlu.

5. Sebanyak apapun beban pekerjaan, istirahatlah jika sudah merasa kelelahan

istirahatlah yang cukup via www.nus.org.uk

Kelelahan baik secara fisik maupun emosional dapat berakibat fatal. Jangan forsir tenagamu untuk berkerja tanpa henti, badan kita perlu berhenti sejenak sebelum kembali beraktivitas esok hari.

6. Sudah beristirahat namun gejala burnout tak kunjung pergi? Mungkin ini saat yang tepat untuk mengajukan cuti

ambil cuti bila perlu via smallbusiness.co.uk

Jika istirahat belum cukup untuk memulihkan kondisi, mengajukan cuti selama tiga atau empat hari mungkin akan cukup untuk mengisi ulang energi.

Jangan paksakan diri untuk tetap bekerja jika kamu sudah merasakan beberapa gejala burnout. Jangan sampai kamu mengorbankan kesehatanmu hanya demi pekerjaanmu ya. Ingat, kesehatan fisik dan mentalmu tetap yang utama!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya