Kisah Gelap Legenda Gumiho, Siluman Lambang Kelicikan di Tiga Negara

Makhluk ini ternyata bukan cuma ada di drama Korea

Dahulu, masyarakat kuno Korea Selatan percaya bahwa perempuan cantik yang memesona bisa jadi sumber bahaya. Wajah yang rupawan kemungkinan cuma pemikat untuk menggaet hati laki-laki sebelum akhirnya nyawa mereka menjadi korbannya. Itulah cara Gumiho, siluman rubah berekor sembilan mendapatkan organ hati manusia.

Percaya atau nggak, legenda ini beneran ada dalam budaya Korea Selatan sejak lama. Meski masih diliputi banyak tanda tanya dan nyaris diyakini sebagai mitos aja, cerita Gumiho beberapa kali diangkat ke dalam drama. My Girlfriend is Gumiho dan Tale of the Nine-tailed, contohnya.

Konon, Gumiho bisa berubah-ubah dan hilang begitu aja. Sosoknya yang meresahkan ini menjadi buah bibir hingga kisahnya diceritakan turun-temurun dari generasi ke generasi di Korea Selatan. Ternyata… Gumiho bukan cuma ada di Negeri Ginseng tersebut. Walaupun punya sebutan nama yang berbeda, legenda siluman rubah berekor sembilan ada di dua negara Asia Timur lain, yakni Jepang dan Tiongkok.

Namanya sih berbeda, tapi legenda di tiga negera itu punya beberapa kesamaan, salah satunya menjadi lambang kejahatan dan kelicikan. Duh, kalau membayangkan wajah Shin Min-ah, kok nggak cocok dengan kata sifat itu, ya?

Sebenarnya, seperti apa kisah di balik legenda Gumiho?

Mengapa siluman rubah berekor sembilan disebut lambang kejahatan dan kelicikan di tiga negara?

Temukan jawabannya di ulasan ini, SoHip! Siapkan diri dan tenangkan pikiran agar nggak terjerat rasa takut di tengah cerita, ya~

Suatu ketika, hiduplah siluman rubah berekor sembilan yang ingin menjadi manusia dengan cara sadis hingga mengambil nyawa

Sejauh ini, awal munculnya Gumiho di Korea Selatan belum tercatat dalam sejarah secara jelas. Namun, satu hal yang pasti, Gumiho menjadi siluman yang sering ditakuti kehadirannya oleh masyarakat zaman dulu. Bisa dibilang, Gumiho adalah sosok mistis yang paling dihindari karena sekali aja terpikat oleh kecantikannya, nyawamu bakal melayang. Ketika bertemu Gumiho, misalnya kamu mengabaikan atau nggak tertarik padanya, ia bisa langsung berubah dan memakanmu hidup-hidup saat itu juga.

Jadi, bisa terbayang, kan, betapa takutnya orang Korea sama Gumiho?

Tim Dalam Artikel Ini