Perbedaan Zombi di Film dari Beberapa Negara, Masing-masing Ternyata Punya ‘Pesonanya’

Macam-macam zombi

Salah satu genre horor yang nggak hanya seram, tapi juga menegangkan adalah film zombi. Karakter zombi biasanya digambarkan sebagai manusia yang terinfeksi penyakit atau mayat yang dibangunkan kembali. Makhluk ini dianggap lebih seram dan mengerikan dibanding hantu pada kisah horor pada umumnya.

Hayo, siapa yang biasa mengatasi rasa takut pada hantu dengan menganggap bahwa hantu nggak akan memakan manusia?

Anggapan hantu ini akan dipatahkan ketika bicara soal zombi. Meski sebagian orang menganggap sosok ini bukan hantu dan hanya sebagai karakter fiksi, nyatanya zombi di berbagai film dikisahkan sebagai pemakan manusia yang sangat menyeramkan. Hal inilah yang menciptakan ketegangan penonton dan membuatnya begitu populer di seluruh dunia.

Belum lagi, zombi sebenarnya mirip hantu yang memiliki ciri khas tersendiri di berbagai negara. Hal ini tentu nggak lepas dari cerita budaya zaman dulu yang berkembang di masyarakat yang membuatnya makin seram karena terasa ‘dekat’. Namun, seiring berkembangnya waktu kisah zombi semakin bermacam-macam, kemasan genrenya pun semakin beragam.

Bagaimana gambaran zombi dari cerita rakyat Hatian dan karakter seram yang dibangun pada zombi di Amerika, Rusia, dan negara-negara Asia? Mana, coba, yang menurutmu paling seram?

1. Zombi dari cerita rakyat Hatian merupakan kisah zombi paling orisinal di mana zombi merupakan arwah ilmu hitam yang sengaja dimasukkan ke tubuh manusia

Zombi | Credit by Prometeus on depositphoto

Jika kamu sudah banyak menonton film zombi dengan berbagai macam kisah dan bentuk rupa, maka kamu juga perlu tahu sosok zombi yang pertama populer. Zombi sebenarnya cerita rakyat Hatian, sebuah suku di Haiti, wilayah Karibia, Amerika Utara. Mulanya zombi merupakan ilmu hitam yang mengendalikan tubuh manusia. Arwah zombi dikendalikan oleh seseorang yang disebut Bokor dengan tujuan tertentu, seperti perebutan pasangan, kekuasaan, hingga wilayah.

Zombi pertama kali dikisahkan melalui media film asal Amerika, White Zombie (1932). Di film ini, zombi dikisahkan mirip seperti cerita aslinya, yakni menggunakan ilmu hitam untuk membuat seseorang menjadi zombi dengan suatu tujuan. Zombi digambarkan sebagai manusia yang telah dicuci otaknya dan dirasuki arwah yang dikendalikan seseorang. Sosok ini akan terus mengacaukan manusia dan nggak bisa mati kecuali pengendalinya atau si Bokor mati.

2. Zombi Amerika dirilis paling menyeramkan melalui sebuah film era 60-an di mana zombi dibuat lebih seram dengan memakan daging manusia

Zombi pemakan manusia | Credit by Promoteus on depositphoto

Popularitas kisah zombi sebagai mitologi Haiti kian berkembang dan semakin menjauhi cerita aslinya. Zombi Amerika di era yang lebih modern menjadi pelopor kisah zombi pemakan manusia. Buat kamu penggemar zombi pasti paham betapa seramnya zombi pemakan manusia yang kita lihat sekarang, kan? Nah, pelopor zombi semacam ini dikisahkan pada film I Eat Your Skin (1961) dan The Plague of the Zombie (1965).

Keduanya mengawali kisah zombi yang berkembang sampai saat ini, di mana zombi menjadi wabah karena terus memakan korban dan menjadikannya kawanan zombi. Nggak hanya seram sebagai pelopor kisah zombi pemakan manusia saja, zombi Amerika juga dikenal seram dari segi artistik melalui make-up untuk menguatkan karakternya.

3. Rusia memiliki kisah zombi mirip dengan drakula, vampir, dan manusia serigala yang kejam dan memiliki misi mengambil alih kehidupan manusia

Illustration by Hipwee

Kisah zombi di Rusia saat ini memang banyak diadaptasi pada film-film action seperti pada The Blackout, tapi jika kamu ingin tahu zombi paling populer dari Rusia, kamu bisa menonton film Zombie Kanikuli dan Winter of the Dead. Zombi Rusia cukup populer karena kekejaman dan karakternya yang cukup sadis. Zombi ini memiliki karakter gabungan drakula yang menghisap darah, vampir yang menyebarkan virus zombi, dan manusia serigala yang kejam.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis