Indonesia yang termasuk ke dalam salah satu negara yang mengalami pertumbuhan internet begitu besar semakin membuka peluang besar bagi para pengusaha dalam negeri. Diprediksi akan mencapai angka 215 juta pengguna internet pada tahun 2020, sektor UMKM pun jadi kian mengembangkan usahanya dan menambah kontribusi pada perekonomian nasional. Namun hingga saat ini baru 9% UMKM yang telah serius memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnisnya.

Berbagai program pemerintah telah diinisiasi untuk mendorong lebih banyak UMKM memanfaatkan teknologi digital, salah satunya rencana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kominfo merencanakan akan memfasilitasi 6 juta UMKM agar go digital pada tahun 2020. Program UMKM Go Digital ini diharapkan dapat menjadi salah satu akselerator pertumbuhan ekonomi nasional dan pengembangan kapasitas perdagangan nasional.

Advertisement

“Perkembangan inovasi di era digital ini memberikan banyak kemudahan dan menghadirkan berbagai kesempatan bagi masyarakat Indonesia yang belum pernah ada sebelumnya. Bertumbuhnya usahawan baru yang didukung dengan teknologi yang mumpuni diharapkan dapat meningkatkan daya saing ekosistem industri digital Indonesia dan berkontribusi pada perekonomian nasional. Lazada sebagai salah satu e-commerce besar di tanah air diharapkan mampu menjadi motor perkembangan bisnis-bisnis baru di seluruh Indonesia,” ungkap Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Lazada sebagai portal belanja online terbesar di Asia Tenggara juga ikut serta dalam sejalannya rencana pemerintah. Melalui program #UpGradeUKM, Lazada telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 2.000 pelaku usaha di 11 kota di Indonesia selama 2017 ini. Selain program tersebut, Lazada juga menghadirkan berbagai fasilitas dan teknologi pendukung bagi para seller-nya. Mulai dari rencana penambahan sejumlah warehouse baru di pelosok negeri, fasilitasi promosi, hingga inovasi sistem terbaru Lazada yang mampu melayani 90 juta pesanan setiap harinya.

Tak hanya itu, sejalan dengan adanya pembukaan Online Revolution Month pada 11 November mendatang, Lazada memberikan kesempatan bagi para seller juga brand untuk memanjakan konsumen dengan berbagai cara. Mulai dari menghadirkan serangkaian produk unggulan seperti perlengkapan elektronik, kesehatan dan kecantikan, hingga produk-produk fesyen terkini dengan diskon spesial dari berbagai bank, terutama bagi para pengguna kartu kredit berlogo visa, yang dapat digabung dengan cicilan.

Advertisement

“Kami sangat bersemangat menyambut datangnya Bulan Online Revolution tahun ini. Ini merupakan momen baik bagi para seller juga brand untuk berpartisipasi dan memanfaatkan lonjakan order yang terjadi setiap tahunnya. Tahun ini kami memiliki berbagai diskon, deals, exclusive launching, flash sales, dan bundle,” jelas Achmad Alkatiri, Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya