Bersama IDA Mengulas Pentingnya Fakta dan Informasi Berkualitas dalam Konten Iklan

Webinar ini dapat diikuti oleh pelaku industri media, periklanan digital hingga masyarakat umum

Kemajuan teknologi digital membuat kita bisa dengan cepat mencari dan mendapatkan informasi. Namun, dewasa ini bukan hanya kecepatan penyebaran informasi saja yang dibutuhkan, tetapi juga ketepatan dan validitas informasi tersebut. Hal ini penting, karena dalam konteks pemberitaan dan iklan, informasi yang terkandung punya dampak besar dalam mempengaruhi pembaca atau audiens.

Advertisement

Untuk itu, pelaku industri media dan periklanan digital perlu menjaga informasi yang disampaikan selalu valid, agar dampak yang tercipta senantiasa positif. Nah, untuk menekankan pentingnya validitas dan informasi berkualitas dalam sebuah konten, khususnya iklan, Indonesia Digital Association (IDA) yang menaungi pelaku usaha teknologi digital pun menggelar webinar bertajuk “Fighting Misleading News and Ad Content”.

IDA Gelar webinar “Fighting Misleading News and Ad Content” dengan dukungan platform periklanan MGID

Acara webinar IDA Indonesia dan MGID | dok. IDA

Webinar menarik yang akan mengupas industri media dan periklanan digital ini akan diselenggarakan pada Kamis, 10 Maret 2022 pukul 16.00 – 17.30 WIB. Pada kesempatan ini, IDA turut menggandeng Tempo.co, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) dan MGID untuk memberikan pemahaman dan kesadaran bersama mengenai pentingnya memerangi bentuk berita dan iklan yang tidak valid.

Webinar ini akan menghadirkan narasumber yang berpengalaman dan kredibel di bidang media dan periklanan, yaitu CEO Tempo.co Wahyu Dhyatmika, Project Officer Program Media & Pemeriksa Fakta MAFINDO Dedy Helsyanto dan perwakilan MGID Moch Rifki. Diskusi berbobot penting seputar industri digital ini akan dipandu oleh External Affair Department IDA, Alexander Zulkarnain.

Advertisement

Adapun webinar “Fighting Misleading News and Ad Content” digelar dengan harapan memperkaya wawasan para penyelenggara media online, platform periklanan digital dan masyarakat pengguna internet pada umumnya. Jadi, webinar ini bukan saja untuk pelaku industri media atau periklanan saja. Masyarakat pengguna internet juga perlu terlibat, karena apa yang dibahas sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Mengetahui pentingnya fakta dan informasi berkualitas bagi masyarakat adalah bagian dari literasi digital

Seperti diketahui, di era transformasi digital saat ini, literasi digital menjadi sebuah proses pembelajaran tanpa henti untuk setiap individu. Ini karena kita hidup di dunia konten tanpa batas. Setiap hari kita dihujani dengan berbagai jenis konten yang berasal dari berbagai sumber, baik dari media resmi maupun perorangan melalui media sosial.

Advertisement

Mengetahui pentingnya fakta dan informasi berkualitas menjadi salah satu poin literasi digital. Sebab, integritas dan validasi dari informasi dalam sebuah konten yang dengan mudah kita akses, seringkali sulit dipastikan kebenarannya. Di sisi lain, perusahaan media digital perlu menerapkan solusi tertentu untuk memastikan konten yang mereka hasilkan cukup aman dikonsumsi publik, termasuk iklan yang ditayangkan.

Perlu diketahui, iklan atau konten berita sama-sama bentuk informasi yang ditampilkan oleh media dan memiliki dampak yang setara bagi konsumen. Oleh karena itu, memproduksi serta menjaga kualitas konten dan iklan merupakan tanggung jawab dua belah pihak, yaitu produsen konten dan konsumen atau audiens.

Upaya tersebut juga terus dilakukan oleh IDA yang bertugas menaungi pelaku usaha periklanan digital di Indonesia. Seperti melalui webinar “Fighting Misleading News and Ad Content”, IDA akan menjembatani penyebaran edukasi tentang bagaimana pelaku industri baik media maupun periklanan bisa bekerja untuk memastikan konten yang diproduksi memuat fakta dan informasi yang berkualitas.

Nah buat kamu yang tertarik untuk mengikuti webinar “Fighting Misleading News and Ad Content” ini, jangan sampai terlewatkan di hari Kamis, 10 Maret 2022 pukul 16.00-17.30 WIB. Untuk informasi lebih lanjut bisa kamu dapat melalui laman http://ida.or.id/ atau melalui Instagram @ida.indonesia. Sementara untuk registrasi, kamu bisa langsung mengunjungi laman https://bit.ly/IDAwebinar1.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE