Sejak masih SD kita sudah diajari tentang sejarah, tentang kerajaan-kerajaan sampai peperangan-peperangan yang pernah terjadi di dunia ini. Perang Dunia I dan II adalah dua pelajaran tentang sejarah yang kita harus tahu. Masa kecil kita di sekolah dihabiskan dengan beberapa pembahasan tentang dua perang besar itu. Mungkin sewaktu kecil kita nggak memikirkan bahkan mungkin sering kali belum tahu pasti apa sih letak perbedaan dari dua peperangan itu.

Sembari membuka kembali lembaran berdebu, mari sedikit menengok sebentar saja tentang peperangan-peperangan yang mengubah dunia ini. Dilansir dari beberapa sumber, Hipwee News & Feature sajikan dua komparasi ini, yuk simak bareng-bareng!

1. Dilihat dari waktu dimulainya dan lama waktu peperangan, PD I dan PD II udah jelas berbeda banget

2. Mungkin kalian sering bertanya, kenapa sih harus perang? Nah, penyebab terjadinya dua perang besar ini beda lho…

3. Dari penyebabnya itu tadi, pasti ada gerombolan-gerombolan atau blok-blok yang saling bertentangan. Ini dia dua kelompok yang saling serang!

4. PD I dan PD II adalah perang yang dahsyat, sudah tentu dua perang ini punya jumlah pasukan besar yang saling bertempur. Kira-kira berapa ya?

5. Berbicara tentang perang, sudah tentu banyak sekali yang menjadi korban dari peperangan ini

6. Dua peperangan ini pun berakhir dengan peristiwa-peristiwa berbeda

7. Dampak dari PD I dan PD II ini terhadap masyarakat di Indonesia, apa saja ya…

Advertisement

Dari perbandingan PD I dan PD II di atas tadi, sebenarnya masih banyak sekali perbedaan atau pun hal-hal yang belum kita ketahui. Bnayak cerita menarik dari peperangan-peperangan ini, dari cinta sampai pengkhianatan dan tentu peperangan ini banyak menginspirasi beberapa karya seperti film, buku, lukisan bahkan musik. Tragedi dan peperangan memang membekas, berapa banyak para pejuang yang gugur demi negaranya. Dengan itu maka selalu mengingat sejarah dan menolak untuk lupa adalah jalan terbaik menuju bangsa yang besar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya