Antariksa yang jadi tempat planet kita ‘bersemayam’ ini memang selalu menarik untuk dibahas. Luasnya yang sampai sekarang belum teridentifikasi ini membuat para ilmuwan terus bergairah meneliti, menganalisa, dan menyelidiki segala sesuatu terkait luar angkasa. Ini juga termasuk benda-benda selain planet yang sering berlalu-lalang di antariksa, seperti meteor, komet, asteroid, atau bebatuan lain.

Tahun 2017 lalu, ilmuwan dikejutkan dengan adanya sebuah benda unik yang melintas tata surya kita. Benda ini tertangkap teleskop Pan-STARRS 1 di Hawai. Para peneliti mengaku baru pertama kali menemukan benda pipih metalik dengan panjang mencapai 400 meter di tata surya. Awalnya mereka mengira itu adalah komet, ternyata asumsinya sempat berubah jadi asteroid, sebelum akhirnya baru-baru ini peneliti Harvard curiga kalau itu adalah kapal alien! Wah, gimana tuh info selengkapnya? Simak deh ulasan Hipwee News & Feature kali ini.

1. Benda antariksa bernama Oumuamua itu pertama kali terlihat Oktober 2017 lalu melalui sebuah teleskop di Hawai

Pertama kali terlihat di Hawai via ufosightingshotspot.blogspot.com

Advertisement

Sebuah benda unik tampak melintasi tata surya sekitar pertengahan Oktober tahun lalu. Benda yang kemudian diberi nama Oumuamua itu terlihat dari sebuah teleskop Pan-STARRS 1 di Hawai. Nama Oumuamua sendiri diambil dari Bahasa Hawai yang artinya “utusan yang datang dari masa lalu yang jauh”. Mungkin nama itu dipilih karena analis NASA berasumsi kalau Oumuamua ini datang dari galaksi yang berbeda dari kita. Menurut mereka benda itu kemungkinan berasal dari gugusan bintang Vega, yang lokasinya sekitar 25 tahun cahaya dari matahari. Untuk bisa berpindah dari Vega ke matahari, sebuah komet biasanya butuh waktu sekitar 1,7 tahun. Jika begitu, anggapannya benda tersebut sudah “melayang-layang” di ruang hampa selama 1,7 tahun.

2. Bentuk dan pergerakannya yang tidak biasa membuat ilmuwan tertarik untuk terus mendalaminya. Yang awalnya dikira komet lalu berubah jadi asteroid sebelum akhirnya dicurigai sebagai kapal alien

Awalnya dikira komet atau asteroid via www.dailymail.co.uk

Apa yang jadi ketertarikan ilmuwan untuk terus mempelajari benda ini meski sudah 1 tahun lalu muncul di sistem tata surya adalah bentuk dan pergerakannya yang aneh. Awalnya, Oumuamua diklasifikasikan sebagai komet yang melintas tata surya. Tapi asumsi itu dicabut karena tidak menunjukkan tanda-tanda seperti komet. Kemudian peneliti menyebutnya sebagai asteroid. Tapi itupun masih sedikit disangsikan karena bentuk asteroid umumnya bulat dan padat, sedangkan Oumuamua berbentuk panjang pipih dan warnanya merah tua. Ukurannya juga mencapai 400 meter, kira-kira sepanjang gedung Empire State New York. Belum lagi katanya Oumuamua bisa melakukan manuver layaknya pesawat.

Benarkah ia adalah kapal alien? via www.youtube.com

Lalu baru-baru ini, sebuah laporan yang ditulis profesor sekaligus pimpinan astronomi, Abraham Loeb bersama Shmuel Bialy, seorang mahasiswa doktoral, menyebutkan adanya kemungkinan Oumuamua ini adalah kapal yang berasal dari peradaban alien. Laporan yang juga diterbitkan dalam Harvard Smithsonian Center for Astrophysics ini didasarkan pada kecepatan atau dorongan tak terduga yang muncul saat benda itu melintas dan akhirnya keluar dari tata surya pada Januari lalu.

3. Kecurigaan ini sebenarnya sudah pernah diungkapkan para peneliti dari proyek Breakthrough Listen, yang mengamati pancaran sinyal radio dari benda itu

Pernah diamati sebelumnya via kidsnewstime.com

Advertisement

Selain dari pergerakannya, asumsi soal kapal alien ini juga pernah disebutkan oleh sejumlah ilmuwan sebelumnya. Sebuah proyek Breakthrough Listen, memantau apakah benda luar angkasa itu memancarkan sinyal radio, yang bisa jadi penentu benarkah ia hanya bebatuan antariksa biasa? Ataukah memang merupakan kapal luar angkasa dari peradaban lain? Riset ini memanfaatkan teleskop Green Bank untuk memantau asteroid Oumuamua selama 10 jam di 4 pita frekuensi radio.

4. Tapi nyatanya, tidak semua astronom sepakat dengan laporan yang dirilis para peneliti di Harvard itu. Menurut suara kontra, belum ada bukti nyata bahwa benda itu benar-benar kapal alien

Banyak yang menyangsikan via windowholes.blogspot.com

Meski mungkin teori soal kapal alien itu mampu membangkitkan gairah para ilmuwan yang semangat meneliti kehidupan lain di luar sana, tapi ternyata tidak sedikit lho yang justru kontra dengan laporan peneliti Harvard di atas. Menurut mereka, tidak ada bukti yang benar-benar kuat di balik asumsi Oumuamua adalah kapal alien. Dalam sebuah argumen besar, tentu butuh bukti yang juga besar. Beberepa ilmuwan yang cukup skeptis dengan laporan kontroversial itu adalah Coryn Bailer-Jones, seorang astronom di Max Planck Institute for Astronomy, Jerman dan Seth Shostak dari SETI Institute.

Jadi, menurutmu, apakah kita saat ini benar-benar sedang dimata-matai alien? Hmm…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya