5 Keseruan Baru yang Bisa Jadi Bakal Kamu Dapatkan Pas Update ke Android 11. Siap-Siap Aja Nih!

Update Android 11

Baru-baru ini, para pecinta Android dihebohkan oleh kabar bahwa Google akan merilis update tingkatan terbaru dalam Android yaitu Android 11. Tentunya, kabar ini menjadi berita bahagia bagi banyak orang meski hal itu baru akan dirilis pada bulan September mendatang. Google sendiri sebenarnya sudah melakukan warming up alias pemanasan sejak bulan Maret kemarin terkait dengan adanya update terbaru ini.

Advertisement

Kebayang nggak sih, gimana rasanya bakal mendapatkan fitur-fitur terbaru dari Android 11 yang bakal segera rilis dalam beberapa bulan lagi ini? Udah jelas ada banyak banget perubahan yang dibawa, mulai dari hal-hal sekunder sampai hal-hal primer yang bakal berpengaruh dalam performanya yang terbaru. Kira-kira inilah keseruan baru yang bakal didapat jika nanti kamu mengupdate Androidmu ke seri terbarunya. Simak!

1. Kabarnya, pada update terbarunya nanti, Android 11 bakal disupport oleh jaringan 5G. Wow banget sih ini!

Ilustrasi jaringan 5G via www.indozone.id

Bagi kamu para pecinta game online, streaming film lewat HP, dan segala macam aktivitas yang membutuhkan koneksi cepat, kabar dari Android 11 ini rupanya banyak membawa angin segar. Pasalnya, Google sendiri membeberkan bahwa dalam update terbarunya nanti, Android 11 bakal mendapat support alias didukung oleh jaringan super cepat yaitu 5G. Hmmm, semoga sih besok benar-benar terealisasi ya, biar nggak ada lagi tuh sambat-sambat tentang buruknya koneksi internet kita.

2. Pada Android 11 nanti, akan ada fitur media control di bagian atas smartphone lho

Pemutar musik via www.androidpolice.com

Pada update Android terbau nanti, bagian atas smartphone atau di bagian quick setting akan ada satu fitur media control yang melekat di sana. Kamu yang biasanya suka mainin musik via Spotify atau aplikasi pemutar musik lain bisa banget memanfaatkan fitur ini biar nggak usah bolak-balik buka aplikasinya atau scrolling sampai bawah untuk sekadar ganti musik. Ya namanya juga masih dalam versi beta, untuk sekarang fitur ini belum compatible dengan semua aplikasi. Masih ada bug di sana-sini. Yang sabar aja, bisa jadi nanti pas Android 11 ini officially diluncurkan fitur yang satu ini udah benar-benar siap.

3. Kebayang nggak sih bisa bener-bener mengontrol smartphone-mu cuma pakai perintah suara? Nah di Android 11 kamu bisa mencobanya

Sebenarnya di Android versi sekarang juga udah ada yang namanya Voice Access. Kamu nggak perlu menyentuh smartphone-mu untuk melakukan sebuah perintah. Hanya saja, Voice Access terdahulu ini cuma sebatas pada perintah yang dikasi nomer aja. Kita nggak bisa memerintah smartphone pakai kalimat, tapi via nyebutin nomor yang muncul di layar. Nah di Android 11 nanti, kemampuan Voice Access bakal meningkat drastis. Kamu jadi bisa mengontrol smartphone-mu pakai perintah suara dengan mengucapkan kalimat perintah. Berasa jadi kayak main game ya hehe.

4. Mode gelap yang bisa dinyalakan dan disetting secara otomatis. Bakal memanjakan mata banget sih ini

Ilustrasi mode gelap via teknologi.id

Belakangan ini, fitur mode gelap alias dark mode baru banyak digandrungi karena lebih enak dipandang dan nggak bikin silau di mata. Masalahnya, mode tersebut biasanya hanya bisa disetting secara manual pada aplikasi-aplikasi yang dikehendaki aja. Nah, di sistem Android yang 11 nanti, fitur mode gelap bisa diatur secara otomatis. Jadi kamu bisa tuh mengatur biar mode tersebut otomatis nyala di pukul 12 siang sampai jam 6 petang, setelah itu nanti pun juga mati dengan sendirinya. Seru banget kan?

Advertisement

5. Di Android 11 kamu nggak perlu repot-repot menginstal aplikasi screen recorder karena udah ada bawannya~

Ilustrasi screen recorder via 9to5google.com

Saat ini, aplikasi screen recorder alias perekam layar banyak digunakan oleh para gamers untuk merekam hasil permainan mereka yang nantinya bakal diunggah di media sosial sebagai konten.  Sayangnya, biasanya aplikasi tersebut didapat dari pihak ketiga yang mana bukan merupakan dari pengembang sistem Android itu sendiri. Kabar baiknya, di Android 11 nanti, Google telah menambahkan fitur screen recorder sebagai aplikasi bawaan, jadi kamu nggak perlu tuh pusing-pusing cari aplikasi perekam layar yang cocok.

Sebenarnya masih ada banyak lagi perubahan kecil yang dibawa oleh Android 11, namun kira-kira beberapa hal di atas yang menjadi poin penting yang harus kamu ketahui. Oiya, saat ini nggak disarankan untuk menginstal sistem Android 11 meski versi betanya udah keluar. Namanya pun juga masih dalam masa percobaan kan? Pasti banyak banget bug yang terjadi di dalamnya. Sabar aja, ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE