Menjadi PNS adalah impian banyak orang. Iming-iming gaji yang nggak sedikit ditambah tunjangan masa depan yang terasa aman, bikin sebagian besar orang Indonesia berlomba-lomba jadi PNS. Sering kali, walau lowongan yang dibuka hanya beberapa saja, tapi peminatnya sangat luar biasa. Di sinilah lolos CPNS terasa sebagai hal yang sangat langka dan memuaskan.

Meski begitu, nggak ada orang yang langsung menyerah dan pesimis. Masih banyak yang semangat, rela mengorbankan waktu dan tenaga demi lamarannya masuk ke sistem penerimaan CPNS. Sayangnya beberapa orang justru kurang beruntung karena terjadi kesalahan sistem, hingga keteledoran yang dia lakukan sendiri. Biar paham betapa jatuh bangunnya jadi PNS, Hipwee Hiburan bakal memberikanmu gambaran lika-liku perjuangan mereka, simak!

1. Entah karena mengantuk atau refleks karena keseringan unggah foto hewan peliharaannya, pendaftar CPNS ini malah unggah foto kucing. Yaaaah 🙁

Nambah-nambahin saingan dari dunia fauna aja nih. via twitter.com

2. Klasik banget nih, sudah unggah foto yang benar, waktu dipratinjau malah kecil banget. Apa harus dibesarkan seperti anak sendiri kayak Malika?

Langsung panik! via www.facebook.com

3. Apakah harus pergi ke Thailand dulu untuk operasi biar kelaminnya berubah? Jangan sampai ini terjadi ke kalian, ya!

Antara kasihan tapi kok lucu sih pertanyaannya. 😀 via www.facebook.com

4. Beberapa instansi menginginkan surat lamaran yang pakai tulis tangan. Tapi kalau kebetulan tulisannya besar dan sehalaman kertas folio nggak muat, bagaimana?

Kalau diulangin, PR juga nih! via www.facebook.com

5. Bukannya sengaja, tapi foto yang sudah dipersiapkan dengan ukuran yang pas malah kebalik begini setelah diunggah. Kan, sedih 🙁

Nggak pusing difoto sambil jungkir balik, Mas? via www.facebook.com

6. Lagi-lagi salah unggah foto nih. Wah, harusnya memang super teliti waktu pengisian, ya!

Namanya juga buru-buru~ via www.facebook.com

7. Waktu input nama asli dengan serius nggak bisa terdeteksi sistem, giliran iseng mengisi gelarnya, malah masuk. Wah, ngerjain nih situsnya

Pendaftarnya kebingungan bukan kepalang. via www.facebook.com

8. Begini jadinya kalau anak paling rajin satu sekolahan juga mendaftar CPNS. Langsung ngajakin yang lain belajar

Menyadarkan banyak orang untuk jangan berhenti berjuang. via www.facebook.com

9. Mau bagaimana pun perjuanganmu dalam mendaftar CPNS, rasanya memang terlalu klise kalau melihat kenyataan yang terjadi, sabar …

Sebuah kritikan. via www.facebook.com

10. Kalau perjuanganmu hanya sebatas kompres foto, edit .pdf, dan mengulang unggah dokumen, bersyukurlah. Ada yang harus panjat pohon sambil bawa laptopnya demi cari sinyal

Gimana cara bapak ini turun, ya? via www.facebook.com

Advertisement

Ternyata, walau sistemnya sudah online, masih saja ditemui berbagai kendala dalam pendaftaran CPNS, ya. Banyak bersyukur deh buat kamu yang masih berusaha mendaftar, banyak loh yang ingin mendaftar tapi terkendala umur dan tingkat pendidikan. Tetap semangat dan yakin kalau kamu bisa lolos ke tahap selanjutnya. Jangan berhenti berjuang, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya