Cowok harus benar-benar jadi lakik dong dalam hidupnya. Setelah menantangmu di artikel “25 Tantangan Buat Cowok Indonesia”, kali ini Hipwee akan memberikan daftar 101 hal yang harus dilakukan cowok dalam hidup.

Mulai dari menyelam dengan hiu, menulis puisi, menyalonkan diri jadi walikota dan beberapa hal lain yang kadang tidak terpikirkan tapi pasti seru untuk dicoba. Udah siap jadi lakik yang benar-benar lakik nih?

1. Minta Maaf

Sori ya, Jek! via lefunny.net

Mari kita awali daftar ini dengan minta maaf, karena isi list ini berlanjut ke hal yang ujung-ujang bikin kamu minta maaf. Lagi pula minta maaf itu gratis kok.

2. Robohin Tembok

Mereka aja bisa, masak kamu kalah? via bayusastraartwork.blogspot.com

Advertisement

Mungkin rumah kamu butuh renovasi, sekalian bantuin tukangnya.

3. Diam-Diam Ikut Diet

Mulai Diet Hari Ini via thirtyplusfour.files.wordpress.com

Turunin berat badan 5-7 kg tapi gak usah ngomong sana-sini, biar semua kaget saat kamu muncul dengan penampilan baru

4. Berjelajah Naik Kereta

Naik Kereta Api… via c1.staticflickr.com

Dari Banten ke Banyuwangi boleh juga. Bisa lanjut ke Bali.

5. Minta Maaf Duluan

Sesekali nggak ada salahnya minta maaf duluan via www.notonthehighstreet.com

Kalau biasanya kamu keras kepala dan gak mau kalah kalau berdebat sama pacar, coba deh minta maaf duluan. Tapi sekali aja ya. Bisa-bisa ntar pacarmu merasa Mrs.Always Rigt Terus. Bahaya.

6. Keluarin Duit Yang Banyak

Untuk beli setelan jas yang mahal, beli mobil sport, belanja sepuasnya buat hobimu.

7. Beri Tip Yang Besar

Kasih tips yang banyak via www.notonthehighstreet.com

Jumlah tip yang lebih besar dari harga makanan. Lah, dermawan amat?

YOLO MAN! YOLO!

8. Kebut-Kebutan di Padang Garam Bonneville

Hanya kamu dan mesin (serta sedikit garam) via nostalgiavagabond.files.wordpress.com

Dataran super datar tempat orang-orang mencoba memecahkan rekor kendaraan tercepat dunia. Ngebut sepuas-puasnya di sana. Dirikan tenda, berkemah sendirian.

9. Ajak Putri Kamu Nonton The Nutcracker, Frozen Atau Film Apapun yang Cute

Nonton film imut via flavorwire.com

Kalau belum punya anak, ajak keponakan, anak tetangga atau siapalah. Jadi “lakik” harus punya sisi lembut juga ‘kan?

10. Dekati Kematian

Mendaki dan mendekati bahaya via marhaba.com.qa

Sebelum kamu mati beneran, coba sesuatu bisa memberikan sensasi ‘setengah mati’

11. Nonton Konser Perpisahan Sebuah Band

Tonton konser perpisahan sebuah band

Cari band yang segera bubar, nonton konser terakhir mereka. Kamu akan jadi saksi mata

Band yang Ini Juga Boleh Lho Kalau Mau…..

Kalau mau yang ini juga boleh via mydunialagu.blogspot.com

HEHE. HEHE. Eh, mereka udah bubar belum sih?

12. Terobos Lampu Merah

Mungkin udah sering kamu lakukan tapi pilih persimpangan yang lebih padat.

13. Balapan Antar Kota Antar Provinsi

Balapan jarak jauh via www.bhauto.my

Balapan kayak film The Cannonball Run. Kalau di film itu sih balapannya antar negara, tapi susah ya kalau di Indonesia. Antar kota antar provinsi juga cukup bikin pantat datar, kok.

14. Jadi Relawan

Tiru Pak Anies dong! via aniesbaswedan.com

Gak harus nunggu bencana alam. Kamu bisa ikuti aksi sosial di kotamu.

15. Naik Pesawat Beaver

Kamu tahu pesawat beaver? Pesawat baling-baling yang rodanya diganti pelampung supaya bisa mendarat di air.

16. Berhenti Mencintai Diri Sendiri

Mendingan cintai kaktus via www.ikea.com

Mulai cintai orang lain. Atau cinta tanaman dan peliharaan. Pokoknya jangan cuma fokus sama dirimu sendiri. Well, kamu juga nggak se-awesome bayanganmu sendiri kok!

17. Menembak

Latihan menembak via www.bakorkamla.go.id

Menembak dengan senjata benaran. Gak perlu senapan besar, cukup pistol aja. Rasakan sensainya. Tapi jangan sembarangan, ya datangi PERBAKIN setempat.

18. Tulis Puisi

Tulis saja, Kapan lagi? via jt76.files.wordpress.com

Tulis apa saja yang sedang kamu rasakan. Lalu bacakan di malam apresiasi puisi di kotamu.

19. Bikin Keputusan Mendadak

Mendadak hijrah ke tempat jauh via www.bakorkamla.go.id

Sekali seumur hidup, coba jadi spontan dengan mengambil keputusan mendadak dan penting banget. Misalnya, tiba-tiba menikah atau tiba-tiba hijrah ke luar negeri gitu?

20. Jadi Pelatih Olahraga Secara Sukarela

Latih anak-anak sekitarmu dengan olah raga yang kamu kuasai via www.ayogitabisa.com

Melatih anak-anak sekitar dengan olahraga yang kamu kuasai.

21. Liburan Tahunan Bersama Bromance-mu

Liburan Bareng Teman via blog.surfstitch.com

Ajak 2-4 orang teman, jadwalkan liburan yang wajib kalian lakukan bersama tiap tahun.

22. Bikin Seragam Pribadi

Kayak gini, mungkin? via www.flickeringmyth.com

Bikin seragam yang cuma dipakai oleh kamu sendiri.

23. Ikut Standup Comedy

Hadir ke Open Mic via www.indonesiakreatif.net

Pelajari cara mereka melempar lelucon. Lewat cara ini, kamu juga bisa melatih keberanian untuk tampil di depan publik.

24. Hadir Di Persalinan Bayi

Hadir di persalinan orang terdekat via ledbyfaith.wordpress.com

Ngaku “lakik”? Hadirlah di persalinan istri, ibu, atau saudara perempuanmu. Lihat perjuangan mereka menghadirkanmu ke dunia ini. Rasakan juga lembutnya tangan bayi yang baru lahir.

25. Jelajahi Dunia Sendirian

Pergi dan tersesat di tengah dunia, mungkin kamu akan menemukan tempat yang kamu idamkan selama ini. Kenapa harus sendirian? Ini sebabnya.

26. Bantu Orang yang Tidak Kamu Kenal Mengganti Ban Kendaraannya

Ganti ban like a man! via ontherealny.com

Unjuk gigi skill kamu dengan mengganti ban mobil (atau motor) orang, walaupun tanpa disuruh.

27. Sampaikan Pidato Soal Ayahmu

Sampaikan pidato dan bersulanglah untuk ayahmu via www.huffingtonpost.ca

Demi menghormati ayahmu, bersulang dan sampaikan sepatah kata tentang jasa-jasanya selama ini.

28. Karang Sebuah Lagu

Tulislah Sebuah Lagu via www.painfreenyc.com

Hindari lagu pop, coba dangdut atau lagu daerah.

29. Bakar Sesuatu

Bakar jagung boleh…. via franzkurniaputra.wordpress.com

Bakar ini boleh. Kalau punya dana lebih, bakar sesuatu yang lebih besar juga boleh. Rumah, motor, mobil juga boleh kalau kamu udah kebanyakan duit.

30. Ikut Menggali Kuburan

Berani gak begini? via thevelvetrocket.com

Ngaku lakik banget? Coba bantu-bantu di sebuah pemakaman, ikut gali kuburan. Jangan lupa ditimbun lagi.

31. Ambil Cuti Sebulan Penuh

Terus, kesini via www.home-designing.com

Pergi ke tempat yang sudah kamu idam-idamkan segini. Bikin bos kamu jantungan karena takut kerjaanmu terbengkalai. Tapi tetap tanggung jawab ya, jangan biarkan kewajibanmu keteteran.

32. Uji Ketahanan Fisik Kamu

Naik Mobil F1 dengan Kursi Penumpang via www.carspicturesdb.com

Coba naik mobil F1 tandem dengan di sirkuit kelas dunia.

33. Jelajahi Indonesia Dari Merauke Sampai Sabang

Jelajahi Indonesia secara terbalik via www.yakkumcraft.org

Sudah bosan dengan istilah ‘Dari Sabang Sampai Merauke’? Coba lintasi Indonesia dari timur ke barat.

34. Jalan Kaki Sejauh 10 Km

Jalan kaki jarak jauh via lionesss.tumblr.com

Kurang menantang? Kalau kamu suka keringatan sekalian 10k Run di kota kamu.

35. Mendaki Gunung Lewati Lembah

Tebing Di Lembah Harau, Sumatera Barat. via www.yukpegi.com

Selain karena pendaki gunung adalah pacar idaman bagi beberapa cewek, memanjat tebing di Lembah Harau juga cukup lakik kok.

36. Nyetir Di Jalanan Terjal Dan Sempit

Mepet, bro! via foto.inilah.com

Kamu gak perlu jauh-jauh ke Going-to-the-Sun Road, jalanan paling menantang di Amerika utara, di pedalaman Indonesia banyak jalur yang lebih menantang dan berbahaya.

37. Nawar Barang Habis-Habisan

Belajar tega via bayuwinata.wordpress.com

Pergi ke pasar tawar barang yang gak terlalu kamu butuhkan serendah-rendahnya sampai harga yang gak masuk akal. Kalau kamu lagi beruntung mungkin dikasih, tapi kalau lagi sial paling kamu dicerca oleh penjual.

38. Berhenti Kerja

Berhenti dari pekerjaan. via cache-blog.credit.com

Terutama jika kamu gak beres di pekerjaanmu.

39. Tangkap dan Sembelih Sendiri Hewan Yang Kamu Makan

Kalau ini yang ditangkap, gimana? via sukatulis.wordpress.com

Halo, karnivora. Menyatap hewan yang kamu sembelih (dan masak) sendiri jauh lebih nikmat daripada yang kamu beli di pasar.

40. Singkirkan Smartphone Dari Hidupmu

Singkirkan smartphone-mu

Singkirkan saja, buang! Kayak kamu gak butuh. Tanya kenapa? Ini alasannya.

41. Cari Musuh!

Coba cari musuh via www.hancinema.net

Berdebat. Pertahankan argumenmu.

42. Tidur Di Alam Bebas

Into The Wild via www.skillsofmen.com

Dirikan tenda. Bikin api unggun. Tidur.

43. Tidur Di Tempat Umum

Coba tidur di tempat umum via typusorbisterrarum.com

Mulai dari taman kota dan trotoar dulu. Kalau udah berani, baru deh lanjut ke tempat yang lebih mengekspos diri.

44. Berusaha SANGAT Keras Untuk Sesuatu

Berusaha mendapatkannya, mungkin? via www.nisabeautyroom.com

Lakukan lagi dan lagi. Lebih keras lagi.

45. Tadi Udah Mendampingi Persalinan ‘Kan? Sekarang Coba Bantu Persalinan

Membantu Persalinan Hiu via i.dailymail.co.uk

Membantu Persalinan Hiu via i.dailymail.co.uk

……HIU

Momen ajaib yang bikin kamu menghargai hidup. Jika persalinan bayi manusia sangat susah bagi kamu untuk ‘dibantu’, coba mulai dari persalinan binatang.

46. Matikan Lampu Mobil

Matikan lampu kendaraanmu via outcastlookingin.wordpress.com

Walaupun cuma beberapa detik ketika berkendara malam hari di jalan yang padat.

47. Hadapi Phobia Kamu

Hadapi Ketakutanmu via 2.bp.blogspot.com

Jika kamu takut dengan kucing, coba pelihara kucing.

48. Belajar Meracik Minuman

Cari teman yang bisa mengajarimu mencampur minuman via www.freep.com

Cari teman mixologist biar kamu cepat paham.

49. Berkuda

Kuda beneran ya, bukan kuda Psy via www.soompi.com

Tanpa dikawal, sendirian. Sejauh lapangan aja cukup.

50. Sarapan Dini Hari

Bikin sarapan yang selucu ini via designtaxi.com

Bangun jam 3 pagi untuk bikin roti isi.

51. Berenang Bugil

Yang botak macam ini aja berani… via onthenorthriver.com

Setengah jam setelah sarapan tadi.

52. Bikin Kerajinan Tangan

Bikin Sesuatu via www.biggone.com

Bikin sesuatu yang benar-benar dari tanganmu. Bisa benda yang berguna banget atau sekedar dekorasi untuk rumah kamu. Jika kamu gak punya ide mau bikin apa, latihan dulu di sini.

53. Ngamen

Berani tampil begini gak? via forum.detik.com

Benar-benar nyanyi di tempat umum lalu uangnya buat beli makan malam.

54. Ketemu Tokoh Idolamu

Mungkin dia? via forum.detik.com

Temui tokoh idolamu kalau kamu punya, kalau gak punya…

55. Bingung Mau Ketemu Siapa? Coba Cari Tokoh Idola

Ini juga layak loh jadi idola (kalau kamu mau) via agung-hercules.blogspot.com

Bisa selebritis, olahragawan atau anggota keluargamu.

56. Nyore Di Perpustakaan

Luangkan Waktu Untuk Membaca via www.franklinparishlibrary.org

Daripada jalan-jalan sore gak jelas itu, mending kamu habiskan sore di perpustakaan membaca buku yang belum sempat kamu baca.

57. Cabut Dari Obrolan Yang Gak Jelas

Daripada kamu jadi sebosan ini via www.tumblr.com

Tanpa kasih alasan, tinggalkan orang yang lagi ngobrol sama kamu karena kamu emang gak suka sama topiknya.

58. Merasakan Dipecat!

Bikin bosmu bilang gini via memecrunch.com

Dipecat karena alasan yang jelas. Seperti, kamu memulai demo minta kenaikan gaji.

59. Ngobrol Dari Hati Ke Hati Sama Ayah

Dari Hati Ke Hati via hopeforallmin.files.wordpress.com

Tanyakan tentang kehidupannya sebelum kamu lahir. Waktu masih bujangan.

60. Berlayar

Arungi masa depan via www.fullhdwpp.com

Naik ke kapal berlayar 3 hari 3 malam ke laut lepas.

61. Kerjakan Sesuatu Dengan Tangan Non-Dominan

Kerjakan sesuatu dengan tangan non dominan via www.journeysofthezoo.com

Contohnya, bercukur atau sikat gigi dengan tangan kiri jika kamu biasa pake tangan kanan. Menulis dengan tangan kanan jika kamu kidal.

62. Menikah

Memutuskan Untuk Menikah via sepedakwitang.files.wordpress.com

Setidaknya sekali dalam seumur hidup, bro.

63. Kasih Orang Pekerjaan

Ciptakan lapangan kerja dan terima pegawaimu via informasicoins.wordpress.com

Jika kamu memulai usaha dan butuh bantuan.

64. Udah Kasih Orang Pekerjaan? Sekarang, Pecat Dia

Pecat dia jika ada alasan yang tepat via leomatsuda-blog.blogspot.com

Jika kamu menjalankan bisnis yang memburuk dan ada alasan yang tepat, pecat dia!

65. Datang Ke Pertunjukan yang Diperankan Oleh Anak-Anak

Musikal Laskar Pelangi via sepedakwitang.files.wordpress.com

Nonton acara yang diisi oleh anak-anak. Bisa pentas drama atau kontes menyanyi anak. Kamu akan sadar betapa kamu kalah keren dibanding mereka.

66. Nonton Peluncuran Roket

Lihat peluncuran roket via ryderdoty.tumblr.com

Jika melihat peluncuran roket oleh NASA bisa disaksikan lewat TV. Cari komunitas rocket scientist di sekitarmu.

67. Dukung Satu Partai Politik, Kemudian Mundur

Cabut drai partai, kayak Ahok via www.lintas.me

Lalu cabut pindah ke partai lain. Atau mundur aja kalau dirasa ada hal yang gak sesuai

68. Makan Waffle & Ayam Goreng

Ayam dan Waffle. Gak nyambung, man via egilsgatakitchen.blogspot.com

Datang ke restoran ayam goreng dari Kentucky itu pesan ayam dan waffle, makan bersamaan. Yikes!

69. Keliling Kota Jalan Kaki

Kunjungi sudut-sudut kota via www.embassysummer.com

Kenali lebih dalam lagi kota tempat kamu tinggal.

70. Berurusan Sama Polisi

Cobalah berurusan dengan polisi via www.portalkbr.com

Selama kamu gak dirugikan. Dan gak ada orang lain yang dirugikan.

71. Baca Novel yang Film-nya Udah Kamu Tonton

Baca novel yang sudah kamu tonton filmnya via www.kimberleeconwayireton.net

Baca trilogi The Lord of The Ring jangan cuma nonton film-nya doang.

72. Baca Huckleberry Finn

Worth reading via www.mondoplex.com

Judul aslinya, The Adventures of Huckleberry Finn karya Mark Twain.

73. Baca Fifty Shades of Grey

Bukan Mr. Grey via 1.bp.blogspot.com

Baca novel ini sebelum film-nya beredar.

74. Belajar Bahasa Asing

Coba belajar bahasa asing via www.keroroslayer.com

Selain bahasa Inggris, pelajari bahasa asing lain yang bisa menambah wawasanmu.

75. Lari Marathon

Ikutan maraton via galleryhip.com

Ikuti acara marathon di kota kamu. 3k, 5k, atau 10k just have fun.

76. Ikut Puasa

Tutup mulutmu, tolak makanan via galleryhip.com

Puasa memiliki banyak manfaat, lho!

77. Piknik Di Taman

Menu Secukupnya via richmonduu.org

Cukup bawa roti isi, buah dan soda, lakukan piknik kilat di taman.

78. Nonton Timnas Indonesia di GBK

Ikut keriuhan ini via olahraga.kompasiana.com

Atmosfir Gelora Bung Karno sewaktu timnas Indonesia bertanding itu… WOW!

79. Bikin Sesuatu Yang Menarik Tapi Gak Kamu Jual

Bikin helm Dart Vader, jangan dijual! via gtaforums.com

Sesuatu yang bikin orang terpesona dan ingin memilikinya, tapi kamu menolak untuk mengkomersilkannya.

80. Pesan Sepatu Custom

Dukung Pengerajin lokal via www.fashionreview.co.uk

Datang ke pengrajin sepatu setempat untuk minta bikin kan sepatu yang cuma ‘pas’ kalau kamu pakai.

81. Jadi Caleg dan Menang

Salah satu caleg yang menang via indopolitika.com

Kalau jadi legislator bukan minatmu, calonkan diri jadi Walikota, Gubernur atau ehem… Presiden.

82. Nyalon Lagi dan Kalah

Siap nyalon lagi, siap menang, siap kalah via irfanmuhamad.wordpress.com

Setidaknya kamu sudah mencoba. By the wayHipwee tidak mendoakan caleg di poin sebelumnya kalah di Pilkada selanjutnya ya. Baik-baik ya Pak jadi wakil rakyat.

83. Nyobain naik Super Car

Puas-puasin mumpung bisa via 3.bp.blogspot.com

Karena mahal kamu bisa minjam atau sewa mobil super. Minimal sekali.

84. Men-jump start Mobil Mogok

Jump-start mobil, kayak gini via plus.google.com

Bagi Hipwee ini keterampilan yang lakik banget.

85. Gondrongin Rambut

Kali aja bisa sekeren dia via taylorlautneritalia.wordpress.com

Mumpung kamu masih di bangku kuliah, biarkan rambut kamu tumbuh gak teratur. Kalau kamu udah terikat dengan tuntutan kerja, gondrongnya pas pensiun aja.

 86. Datang Ke Festival Musik Dunia

World Class via nowherefield.com

Di Indonesia juga ada kok festival bertaraf dunia seperti, Java Jazz Festival, Java Rockin’ Land, Djakarta Warehouse Project dan lain-lain. Tapi pesona Glastonbury emang menggoda sih, guys.

87. Masak Untuk Teman-Teman

Masak kayak gini, bisa gak? via www.mypartyfoodpantry.com.au

Bikin acara makan-makan dan undang teman yang banyak. Supaya lebih spesial, kamu yang masak.

88. Bungee Jumping

Bungee jumping via tourismupdates.com

Base jumping, sky diving atau aksi lain yang bisa memacu adrenalinmu.

89. Stage Diving

Terjun Dari Panggung via www.downeysavings.com

Kunjungi panggung underground lokal karena kesempatan buat terjun dari panggung terbuka lebar.

90. Melihat Fenomena Alam

Tugu khatulistiwa via mooekzkasmooekz.deviantart.com

Kalau cowok-cowok di Eropa bisa lihat aurora, kamu bisa mengunjungi tugu Khatulistiwa pada 21-23 Maret atau 21-23 September, nikmati dirimu ketika gak punya bayangan.

91. Coba Kuliner Ekstrim

Bebek Dalam Saus Darah via cdn.klimg.com

Bebek Saus Darah, mungkin?

92. Main Airsoft Gun

Coba main airsoft gun via s454.photobucket.com

Mungkin pistol Glock terlalu berbahaya untuk kamu atau kamu ingin merasakan atmosfir perang, gabung sama komunitas airsoft gun. Ikut perang-perangan sama mereka.

93. Makan Di Restoran Yang Super Mahal

Coba makan di restoran yang super mahal via gastronomy-aficionado.com

Seenggaknya kamu berhak tahu kenapa makan di situ mahal banget.

94. Beli Gadget Impian

Prima Cinema: Film terbaru Hollywood Nongol di TV kamu via www.digitaltrends.com

Gadget yang bikin kamu ngiler karena terlalu mahal atau gak dijual di Indonesia. Seperti Prima Cinema yang berharga US$ 35,000.

95. Menyelam Dengan Hiu

Coba deh menyelam sama hiu via proof.nationalgeographic.com

Dengan penanganan profesional menyelam dengan hiu bisa banget dilakukan. Apalagi kalau hiu-nya gak agresif contoh, Hiu Paus.

96. Brewokan

Coba tumbuhin brewok, deh via drdenimjeans.tumblr.com

Menumbuhkan jenggot butuh kesabaran dan dedikasi. Berguna bagi kamu.

97. Botak Licin

Berkepala Plontos via www.hanyangian.com

Setelah gondrong dan brewokan cukur habis semua rambut yang ada di kepala dan wajah kamu, kecuali alis dan bulu mata kali, ya.

98. Kunjungi Yogyakarta

Kunjungi Yogyakarta via www.rimendi.com

Tempat di mana kamu bisa menjalankan beberapa aktivitas di atas dengan nyaman.

99. Bikin List Baru

Bikin list baru via galleryhip.com

Jika menurut kamu daftar ini kurang representatif, coba bikin ‘101 Hal Yang Harus Dilakukan Cowok Sebelum Mati’ versimu sendiri.

100. Gak Usah Bikin List Sama Sekali

Kemas barangmu dan pergi melihat dunia via galleryhip.com

Travel, eat, go places. Kemana pun angin menuntunmu. Sebenarnya, yang bikin kamu jadi cowok itu adalah hal sudah kamu perbuat. Bukan yang baru kamu rencanakan.

Gimana, apakah kamu berani menantang dirimu untuk melakukam 100 hal diatas? Kamu cuma punya 1 kali kesempatan hidup, kalau bukan sekarang kapan lagi?