Sebelum layar TV kita didominasi oleh makhluk setengah-hewan-setengah-manusia, ada masa di mana Pedro, Marimar, Luis, dan Belen dari Amerika Latinlah yang menguasai layar kaca. Yup, era 90-an dan awal 2000-an nggak pernah lengkap tampa kehadiran telenovela.

Gak ada deh dulu anak yang gak hobi nonton telenovela. Saking populernya sinetron impor ini, kita sampai tahu beberapa kata dalam bahasa Spanyol. ‘Amigos‘ (teman), ‘por siempre‘ (untuk selamanya), ‘la fea’ (si buruk rupa)Hahahaha. Biar seru, kita nostalgia yuk tentang hal-hal menggelikan tentang telenovela! Mana nih, dari hal-hal di bawah ini, yang juga kamu rasain?

1. Kalau udah siang menjelang sore di sekolah, kamu selalu pingin cepat-cepat pulang ke rumah. Biar gak ketinggalan telenovela!

Duduk yang rapi biar cepet pulang!

Duduk yang rapi biar cepet pulang! via cdn-2.tstatic.net

Advertisement

Biasanya ada telenovela yang tayangnya siang-siang setelah jam pulang sekolah. Buat anak-anak yang udah kegandrungan nonton opera sabun ini pasti cepet-cepet buat sampe rumah. Buat apa? Buat bisa nonton tepat waktu. Kalau kamu telat, kamu akan ketinggalan cerita di menit-menit awal.

Karena internet belum semudah sekarang, kamu nggak akan bisa liat siaran ulangnya. Teknologi merekam acara tivi lewat VCR juga dulu nggak terkenal di Indonesia. Jadilah, supaya gak ketinggalan episode telenovela, kamu harus cepat-cepat pulang!

2. Telenovela anak sekolahan, Amigos X Siempre, siap menemanimu di jam tidur siang. Kamu bisa nonton sambil tiduran depan TV deh~

Amigos X Siempre~

Amigos X Siempre~ via www.kaskus.co.id

Telenovela favorit anak sekolahan adalah Amigos X Siempre. Siapa dari kamu yang nggak ngikutin cerita Ana, Pedro, Santiago beserta antek-anteknya ini? Pasti pernah nonton semua. Dulu Amigos tayangnya waktu jam bobok ciang. Kamu nggak akan merasa tidur sendirian karena kamu akan ditemani dengan anak-anak yang sekolah di Meksiko ini.

Advertisement

Oh iya. Mungkin kamu masih ingat, telenovela ini dibalut menarik dengan beberapa adegan seperti drama musikal. Jadi kamu bisa ikutan nyanyi sambil nonton. Btw, ada yang masih ingat lagunya gak?

3. Masih tentang Amigos, cinta monyet Ana dan Pedro pernah bikin kita terpesona.

Ana dan Pedro sahabat kecil

Ana dan Pedro sahabat kecil via renataxsiempre.tumblr.com

Sebenernya anak-anak SMP ini masih terlalu dini sih buat pacaran. Ana, seorang gadis yang sering banget bersedih, tak jarang dibuat tersenyum dengan Pedro. Bisa kita bilang ini cerita cinta-cintaan remaja gitu deh. Ngaku deh, siapa yang pernah pingin jadi Ana yang beruntung punya temen sebaik dan seganteng Pedro? Hehehehe.

4. Dan ada geng jahat yang bikin onar dan bikin keributan di asrama. Apakah kamu tipe anak-anak kayak gini?

Perhatikan yang sebelah kiri

Perhatikan yang sebelah kiri via www.kapanlagi.com

Namanya anak sekolahan selalu ada aja tingkahnya. Pasti ada sekumpulan anak-anak yang bikin onar dan dapet hukuman. Kalo jaman sekarang kayak sekumpulan geng tengil, gitu. Karena tinggal di asrama, bocah-bocah ini selalu punya rencana jahil buat ganggu Ana, Pedro, dan anak baik-baik lainnya. Ah…. jadi kangen jaman sekolah dulu.

5. Diem-diem kamu apal lagunya Amigos dan nggak mau matiin TV sebelum nyanyiin soundtrack-nya.

Goyang dulu jos!

Goyang dulu jos! via www.bintang.com

Tiap sinetron punya soundtrack-nya masing-masing. Biasanya punya judul yang sama kayak judul sinetronnya. Jangan salah, nih telenovela punya lagu khasnya sendiri yang bakal selalu diputer waktu pembukaan dan di akhir episode. Lagu yang easy listening membuat siapa aja yang denger pingin ikut nyanyi. Bahkan nggak segan-segan pingin ikutan joget!

6. Karena keseringan nonton Amigos, kamu mulai nge-geng sama temen-temenmu. Pokoknya nge-geng itu cool banget

Biar keren punya geng

Biar keren punya geng via www.tumblr.com

Tiap nonton sesuatu, kurang lebih akan ngasih pengaruh buat kamu. Nah, setelah nonton Amigos apa sih yang berubah dari kamu? Salah satunya adalah cara bertemanmu. Dulu yang awalnya kamu berteman sama siapa aja, tiba-tiba bikin geng sendiri.

Bikin geng ah, biar keren kayak anak-anak di Amigos.

7. Di sore hari, kamu akan ditemani si imut Dulce Maria. Telenovela Carita De Angel pun dimulai….

Imutnya dedek Dulce Maria

Imutnya dedek Dulce Maria via okezone.com

Carita de Angel, sebuah telenovela yang selalu tayang di sore hari. Telenovela ini bercerita tentang seorang anak imut yang baru bersekolah. Melihat aksi-aksinya yang tidak bisa diprediksi membuat kamu makin gemes sama dia. Dengan topi baret berwarna merah muda dan sikap manjanya makin bikin dia terlihat lovable. Pingin deh punya anak kayak si Dulce Maria. Hehehe.

8. Senang juga tiap lihat kisah cinta antara si Papa dan Suster Cecilia. Ganteng dan cantik atuh.

Si Papa dan Cecilia

Si Papa dan Cecilia via teleprograma.fotogramas.es

Selain lihat tingkah dari si Dulce, kamu akan dihibur dengan kisah cinta papanya Dulce Maria dengan salah satu biarawati yang mengasuh di sekolah tersebut. Complicated banget, apalagi ada halangan dari pacar jahat papa Dulce dan dari keluarganya sendiri.

9. Masih ingat juga gak sama Ciripa? Anjing ini sih, diam aja juga lucu banget!

Nama anjing peliharaan Dulce ini akan terdengar familiar di telinga kamu. Iya, anjing dengan bulu lebat berwarna putih ini selalu kelihatan lucu banget. Woof woof…

10. Ada juga si Tante Rambut Palsu. Sering banget ganti warna wig, kayak ganti casing HP aja, Tan.

Tante lagi ijo-ijoan.

Tante lagi ijo-ijoan. via www.iflist.com

Kamu nggak boleh melupakan kehadiran Tante yang paling ajaib se dunia, Tante Rambut Palsu. Dengan warna yang berbeda-beda tiap hari bikin yang liat ga bosen. Si Tante rajin ganti wignya sesuai warna bajunya, kayak HP jaman dulu yang bisa gonta-ganti casing kapan aja. Hehehehe.

11. Kadang kita juga curi-curi nonton telenovela buat orang dewasa. Misalnya aja… Betty La Fea.

Sedikit berbeda dengan tema anak-anak sekolah sebelumnya, kamu akan sedikit merasakan suka-duka bekerja di kantoran dalam telenovela Betty La Fea ini. Sebenarnya Betty ditujuin buat orang dewasa sih, tapi kita juga sering curi-curi ngelihatnya. Hehehehe.

12. Bos Armando yang tampan bikin kamu nggak pingin ngelewatin telenovela ini. Sampai dimarahin Bapak/Ibu kalau telat sholat gara-gara mau nonton!

Bersama pak Armando

Bersama pak Armando via manietag.blogspot.co.id

“Mbak, sholat dulu! Jangan nonton Betty La Fea mulu!”

Siapa dulu yang pernah diginiin sama Ibu atau Bapaknya? Hihihi. Iya, telenovela satu ini memang menyihir. Yang bikin kalian menjadi penonton setia adalah…. ketampanan si bos Armando, bosnya Betty. Ini yang bikin si Betty bertahan sama pekerjaannya. Bos ini juga yang menjadi alasanmu ngikuti cerita dari episode awal sampe tamat. Hehehehe.

13. Gara-gara Betty La Fea, kamu pun percaya kalau penampilan nggak ada hubungannya sama cinta. (Yah, namanya juga masih polos)

Jodoh pasti bertemu

Jodoh pasti bertemu via www.viki.com

Gara-gara Betty La Fea, kamu pun percaya kalau cinta nggak ada hubungannya sama penampilan. Yah namanya juga dulu kamu masih polos dan anak-anak. Pas udah gede, baru deh sadar kalau dunia nyata bukan dunia telenovela. Penampilan penting, cuy! Hahaha.

14. Ada juga Rosalinda Ayamore dan Jose Fernando yang cintanya tak dapat restu keluarga~

Bunganya kak silakan

Bunganya kak silakan via www.fanpop.com

Telenovela ini punya ciri khas dari soundtrack pembukanya “Rosalinda ayamore! Aw”. Sinetron Meksiko ini bercerita tentang seorang penjual bunga cantik bernama Rosalinda yang jatuh cinta dengan pria kaya raya bernama Jose Fernando. Seperti plot drama percintaan, mereka harus berjuang untuk bisa bersama sampai selamanya. Aw, so sweet.

15. Selain Rosalinda, ada juga Esmeralda: gadis buta yang dibuang ibunya.

Esmeraldaaaa

Esmeraldaaaa via www.kapanlagi.com

Hidup nggak selamanya berpihak sama kamu. Contohnya aja Esmeralda, yang terlahir buta lalu dibuang ibunya. Ibunya bahkan sengaja menukar dengan bayi laki-laki lain bernama Jose Armando. Konflik di telenovela ini bermula ketika Esmeralda dan Jose menaruh hati pada satu sama lain. Yah, namanya juga sinetron ya, guys. Harap maklum kalau plotnya rada-rada cheesy.

16. Marimar, aw! Masih inget sama gadis pantai yang lugu ini? Kalau ingat, berarti kita seangkatan.

Mbak Mari lagi nempel di pohon

Mbak Mari lagi nempel di pohon via webdomination.co

Masih ingat dengan gadis pinggir pantai yang cantik menawan ini? Kalau kamu inget dan ternyata jadi telenovela favorit kamu? Tos dulu, kita satu angkatan. Hehehehe. Sambil mengingat-ingat, sinetron Meksiko ini bercerita tentang Marimar yang cinta sama Sergio. Sangat disayangkan, dia harus bisa meluluhkan hati calon ibu mertuanya.

Semangat Mbak Mari!

17. Sebenernya sih, cerita telenovela sama aja cheesy-nya kayak sinetron di Indonesia. Tapi mungkin karena kita dulu masih kecil, jadi suka-suka aja.

Kalo dipikir-pikir, sebenernya sinetron di negara mana aja sama aja, lho. Dari tema, biasanya nggak jauh-jauh dari cinta, persahabatan, keluarga, atau di dunia kerja. Terus pasti ada calon ibu mertua yang jahat, tokoh yang amnesia atau sakit-sakitan, sama anak kecil yatim-piatu. Tapi entah kenapa, telenovela ini lebih ngena di hati para pemirsanya. Mungkin karena… (*simak poin selanjutnya*)

18. Pemainnya cantik-cantik dan ganteng. Hehehehe.

Seperti ini misalnya...

Seperti ini misalnya… via laopcion.com.mx

Apa yang membuat telenovela lebih enak ditonton daripada sinetron Indonesia? Pemainnya. Yes, soal penampilan mereka bisa dibilang lebih menarik. Ganteng dan cantiknya Meksiko itu unik, mirip bule tapi juga banyak yang hidungnya kecil, matanya sipit, rambutunya hitam, dan kulitnya sedikit cokelat khas masyarakat asli Amerika Latin. Ini nih yang bikin kita selalu kesengsem! Hehehehe.

Nah, udah cukup deh nostalgianya! Di antara telenovela yang udah kita bahas tadi, mana nih yang jadi favoritmu waktu zaman sekolah dulu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya