Siapa sih yang nggak senang kalau mendapat pesan dari orang tersayang. Entah itu keluarga terdekat, teman atau pasangan. Pun demikian dengan ucapan selamat berbuka. Biasanya saat menjelang waktu buka puasa, kamu mungkin juga ingin mengucapkan selamat berbuka. Secara khusus kepada teman, pasangan, ataupun keluarga. Tapi kalau ucapannya standar “Selamat Berbuka”, tentunya kurang berkesan. Nggak ada salahnya dong ingin berikan ucapan selamat berbuka yang nggak mainstream. Toh, puasa saat Ramadan ‘kan cuma setahun sekali.

Kalau ngomongin kalimat-kalimat ucapan buka puasa, orang Indonesia memang paling jagonya. Mulai dari pantun sampai contoh obrolan receh tentang puasa, intinya akan ucapkan selamat berbuka. Nah, kamu sudah punya ucapan andalan untuk dikirimkan ke teman, pasangan, maupun keluarga? Kalau belum, Hipwee berikan beberapa alternatif ucapan selamat berbuka berikut ini.

1. “Akhirnya, perjuangan lo dari jam 4 pagi sampai jam 6 sore kelar juga ya. Congrats bro/sis! Bisa puasa sampai Maghrib”

Bulan puasa adalah momen yang sering dipakai orang-orang untuk akrabkan dirinya lagi sama teman. Makanya sebelum mengajak buka bersama (bukber), group WhatsApp sudah mulai ramai seperti baru diaktifkan kembali. Semisal ucapan berbuka yang berisi ledekan ke teman yang akhirnya bisa puasa sampai Maghrib nggak boleh ketinggalan. Kata-kata kayak, “Akhirnya, perjuangan lo dari jam 4 pagi sampai jam 6 sore kelar juga ya. Congrats bro/sis! Bisa puasa sampai Maghrib.” Pas banget nih ditujukan ke temanmu yang dulu rajin buka puasa saat tengah hari. Hehe.

2. “Selamat ya! Perut yang udah keroncongan daritadi dan tenggorokan yang kering banget bisa terpuaskan sekarang. Met makan dan minum, beb”

Chatting sama pasangan nggak harus yang romantis. Kamu bisa ucapkan selamat berbuka sambil sedikit nyeleneh. Singgung aja pacarmu yang dari tadi ngeluh laper dan haus tapi tetap sukses melanjutkan puasanya sampai adzan Maghrib terdengar. Biar dia nggak bete gara-gara ucapanmu, coba bilang pakai kalimat, ” Selamat ya! Perut yang udah keroncongan dari tadi dan tenggorokan kering banget bisa terpuaskan sekarang. Met makan dan minum, beb.” Dijamin, dia nggak bakal kesel sama kamu. Malahan makin semangat menunaikan puasa sampai sebulan penuh.

3. Atau bisa juga kirimkan foto masakanmu sambil bilang “Ini, foto hasil masakanku sendiri lho”

Bulan puasa bisa dijadikan sebagai ajang mengetes kemampuan memasak. Tanpa harus dicicipi dahulu, kamu bisa mulai coba memasak menu apa yang akan dihidangkan saat buka puasa. Kalau sudah, kamu dapat kirimkan foto-foto masakan yang sudah jadi ke pasangan sambil ucapkan selamat berbuka. Lumayan ‘kan gara-gara ngiler lihat foto makanan yang kamu kirim, keesokan hari pacar ngajakin masak bareng keluarganya buat bukber di rumah dia. Hore, bakal bertemu juga dengan keluarganya.

4. “Walau cuma lewat aplikasi chating, semoga kamu nggak merasa sepi ya. ‘Kan udah aku temenin”

Bagi penganut hubungan jarak jauh, buka puasa (bukber) bareng pasangan adalah sebuah keinginan yang hakiki. Tapi mau gimana lagi, kalian bisanya cuma via aplikasi chatting semata. Pas ada teman yang ajak bukber bareng pasangan masing-masing, kamu cuma bisa gigit jari. Untuk mengobati hal itu, kalian bisa saling ucapkan selamat berbuka puasa dengan lebih kreatif. Ambil ponselmu lalu video call-in aja dia. Terus bilang “Walau cuma lewat aplikasi, semoga kamu nggak merasa sepi ya. ‘Kan udah aku temenin.”. Uwuwuwu~

Biaya video-call mahal? Ah, kamu pasti belum tahu info terbaru dari Paket Yellow IM3 Ooredoo. Cuma dengan harga 1000 rupiah saja, alias seharga kamu beli kuaci eceran, kamu sudah dapat paket 1GB yang isinya 100% kuota utama. Jadi mau kamu pake untuk video-call sampai bosan, ataupun kirim-kirim video lucu untuk menemani dia berbuka puasa, bisa semua. Masih malas-malasan nih mengucapkan selamat berbukan puasa ke kesayanganmu?

5. “Ciyeee akhirnya bisa makan dan minum juga. Kalem aja, jangan kalap gitu biar perut nggak sakit”

Menahan lapar itu membuat siapapun kalap ketika waktu berbuka puasa tiba. Lantaran perut keroncongan sedang mata terus digoda oleh pemandangan makanan selama berjam-jam, baik kamu atau teman-teman jadi saling berlomba puas-puasin makan dan minum saat adzan Maghrib berkumandang. Sayangnya, kelakuan yang begitu justru akan menyebabkan sakit perut. Makanya, nggak ada salahnya kamu ingatkan orang-orang terdekat dengan ucapan Berbuka puasa yang diselipkan nasihat supaya mereka nggak kalap saat menyantap makanan dan minuman.

6. “Ngabuburit udah lewat ya jamnya? Hehe gapapa, yang penting ucapan selamat menyantap hidangan dan minuman tetap berkesan di hati”

Rasanya belum sah menikmati Ramadan kalau nggak ngabuburit. Aktivitas yang makin padat membuatmu harus pintar membagi waktu untuk beristirahat selama puasa. Meski nggak bisa ngabuburit bareng kerabat, yang penting komunikasi tetap terjalin ya. Seperti ketika adzan maghrib berkumandang, kamu bisa kirimkan pesan selamat berbuka. Salah satu contohnya yaitu “Ngabuburit udah lewat ya jamnya? Hehe Gapapa, yang penting ucapan selamat menyantap hidangan dan minuman dariku tetap berkesan di hati kan, ya?” Setuju?

7. “Wah, saat yang ditunggu-tunggu datang juga. Udah sana makan sama minum dulu, jangan sibuk megang ponsel melulu”

Ngabuburit itu nggak mesti ke luar, lho. Karena kamu tetap bisa mainin ponsel yang lama-lama bikin nggak sadar kalau waktu berbuka puasa tiba. Misalkan kamu sedang chat sama teman, anggota keluarga, atau pacar, nah kamu bisa sekalian ucapkan selamat berbuka puasa. Kamu dapat ungkapkan ke mereka untuk mempersilahkan makan dan minum dulu. Dan jangan lupa ingatkan mereka supaya nggak sibuk pegang ponsel melulu. ‘Kan sudah saatnya buka puasa, jadi harus utamakan makan dan minum dulu ya.

Bulan puasa adalah bulan yang penuh hikmah. Seperti hikmah berkomunikasi dengan kerabat agar tali silaturahim tetap berjalan. Karena di bulan puasa, biasanya kamu jadi sering ngobrol dengan banyak orang mulai dari waktu sahur, siang-siang untuk mengalihkan rasa lapar, waktu ngabuburit, sampai mengucapkan selamat berbuka puasa. Biar kamu nggak tekor, pilih internet yang murah banget dan gak pakai ribet seperti Paket Yellow IM3 Ooredoo. Nggak cuma paketnya yang 100% kuota utama, kamu juga dapat bonus unlimited SMS dan telepon. Harganya cuma 1000 rupiah. Berlaku 24 jam dan di semua jaringan. Registrasinya pun gampang, cukup tekan *123*111# atau via myIM3 apps doang kok. Untuk info selengkapnya, cek di sini ya~

Yuk, jadikan bulan Ramadhan semakin penuh berkah dan kehangatan dengan menjalin silaturahim dengan orang-orang di sekitarmu~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya