Hari ini kita sudah mulai memasuki masa Ramadhan dan umat muslim pun sudah mulai menjalankan ibadah puasa. Jika kamu jeli melihat peluang usaha, sebenarnya banyak ragam pekerjaan sampingan yang bisa kamu coba. Jangan pandang sebelah mata dulu pada ragam bisnis ini, karena jika ditekuni kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan lho.

Nah, ingin tahu apa saja macam bisnis yang bisa kamu jalankan selama Ramadhan? Yuk, simak penjabaran dari Hipwee selengkapnya!

Ingin daganganmu diserbu pembeli tanpa perlu modal tinggi? Berjualan aneka makanan takjil bisa kamu wujudkan hanya dengan Rp 300.000 saja!

jual takjil

jual takjil via google.com

Advertisement

Takjil biasanya sangat digemari selama bulan Ramadhan. Aneka camilan dan jajan pasar ini memang menjadi primadona saat bulan puasa. Modal yang diperlukan pun tak begitu besar, kamu bisa merogoh kocek sekitar Rp 300.000 hingga Rp 1.000.000. Pastikan aneka takjil yang kamu jual pun beraneka macam sehingga calon pembeli tertarik untuk melirik.

Tak hanya sekedar aneka kudapan manis seperti cake, brownies, kue lapis, bolu, atau pisang goreng. Kamu bisa juga melengkapinya dengan camilan gurih maupun lauk yang bisa digunakan untuk teman berbuka. Misalnya saja aneka gorengan, martabak asin, pepes, aneka sate, aneka sayur, hingga macam-macam lauk. Jika lapakmu terlihat komplit dan penuh dengan aneka jenis camilan, bisa dipastikan makin banyak juga pembeli yang akan datang. Bisnis ini pun sangat menggiurkan, biasanya para penjual bisa meraup untung dua kali lipat dari modal awal.

Tak hanya takjil yang bakal terjual habis, aneka jus buah dan minuman dingin juga pasti akan laris manis

jual aneka minuman

jual aneka minuman via beritadaerah.co.id

Selain takjil, ragam minuman dan jus buah juga pasti akan ludes terjual selama bulan puasa. Kamu bisa menjual aneka jus buah segar seperti jus semangka, stroberi, sirsak, mangga, jeruk, dan jambu merah. Jus buah tentu digemari, kandungan vitamin di dalamnya akan sangat membantu memulihkan kesegaran tubuh di saat berbuka.

Advertisement

Untuk menjual jus buah, alih-alih memberikan es batu, kamu bisa menempatkannya di dalam cool box. Tak hanya tetap dingin dan segar, namun rasanya juga akan tetap terjaga tanpa es batu yang sudah mencair. Selain itu, kamu bisa melengkapi aneka jualanmu dengan es kelapa muda, es kopyor, kolak pisang, es pisang ijo, hingga es buah. Makin banyak pilihannya, pembeli akan makin tertarik untuk membeli. Bisnis ini bisa kamu mulai dengan modal Rp 200.000 hingga Rp 500.000. Keuntungan yang diraup biasanya dua kali lipat dari modal.

Untuk memeriahkan suasana menjelang Lebaran, kamu bisa kok menjajakan kembang api. Asalkan, kembang api yang kamu jual aman lho!

bisnis kembang api

bisnis kembang api via www.tribunnews.com

Selain aneka takjil dan minuman, kamu bisa menjajakan kembang api untuk menyemarakkan suasana bulan Ramadhan. Modal yang diperlukan untuk bisnis ini pun tak begitu besar, kamu bisa menyiapkan dana sekitar Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000 saja. Namun, yang perlu dipastikan, kembang api yang kamu jual bersifat aman ya. Jangan sampai kamu turut menjajakan petasan yang bisa membahayakan pelanggan-pelangganmu.

Selama Ramadhan, orang-orang pasti akan mulai berburu baju Lebaran. Kamu bisa berjualan busana muslim dan menggunakan Instagram sebagai etalase dagangan.

bisnis busana muslim

bisnis busana muslim via www.vemale.com

Di bulan suci ini tidak hanya tutur kata dan perbuatan yang perlu dijaga, penampilan pun harus lebih santun dari sebelumnya. Hehehe. Untuk itulah berbisnis busana muslim sungguh bisa dicoba. Kamu bisa hanya memfokuskan berjualan busana muslim bagi para kaum hawa, karena biasanya permintaan besar memang selalu datang dari sana. Tak perlu memiliki toko, kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai lapak daganganmu.

Selain itu, sudah menjadi tradisi bahwa di akhir Ramadhan orang-orang akan mulai berburu baju Lebaran. Dan di saat inilah, kamu wajib dengan pintar memanfaatkan peluang. Mungkin bisnis yang satu ini memang membutuhkan dana yang lebih besar dibanding bisnis yang disebutkan sebelumnya. Kamu perlu menyiapkan dana awal sekitar Rp 5.000.000 atau bisa juga menggunakan sistem pre-order supaya tak merugi. Kamu tertarik menggeluti bisnis ini tapi tak memiliki modal? Gampang saja, kamu bisa memulai bisnis ini dengan menjadi dropshipper.

Menjelang Lebaran, permintaan ketupat pasti akan naik berkali-kali lipat. Bolehlah menjajal usaha ini agar lebih banyak keuntungan yang kamu dapat

bisnis ketupat

bisnis ketupat via baltyra.com

Ketupat selalu diidentikkan dengan bulan suci Ramadhan. Ya, kehadiran ketupat memang tidak diwajibkan ada, tapi rasanya Ramdhan dan Lebaran belum lengkap tanpa kehadiran penganan yang satu ini. Sebagai pengganti nasi tentulah permintaan ketupat akan selalu tinggi. Tak salah bila kemudian kamu menjatuhkan bisnis pada usaha ini.

Jika kamu tekun, kamu pasti bisa meraih untung tinggi. Modal yang diperlukan pun tak begitu besar. Siapkan saja dana mulai dari Rp 200.000 – Rp 1.000.000 untuk membeli daun kelapa yang masih muda sebagai pembungkus hingga beras sebagai isiannya. Sudah bisa dipastikan kamu akan mengantongi laba bersih senilai dari modal awal ketika niat menekuni bisnis ini.

Bisnis parsel cantik sungguh sangat bisa dilirik. Jika menghitung total keuntungan yang akan didapat, dijamin bisnis ini bakal bikin kamu tertarik

binis parsel

binis parsel via beritadaerah.co.id

Selain ketupat, parsel juga merupakan barang yang dicari selama Ramadhan. Parsel biasanya dikirimkan kepada kerabat, kawan, maupun untuk dinikmati sendiri ketika hari Lebaran. Ukuran dan isinya pun beraneka ragam. Biasanya parsel berukuran kecil dijual sekitar Rp 200.000 dan yang berukuran besar Rp 700.000. Kamu bisa kok menggeluti bisnis ini dengan modal mulai Rp 1.000.000 saja. Pastikan parsel yang kamu buat terlihat menarik. Mulai dari cara membungkus hingga memilih produk yang ada dalam parcel buatanmu pun harus diperhatikan baik-baik.

Di bisnis yang satu ini, pemasukanmu akan selalu bisa diandalkan. Jadi, geluti saja usaha kue Lebaran mulai dari sekarang!

bisnis kue camilan

bisnis kue camilan via female.kompas.com

Bisa dikatakan bisnis kue lebaran tidak pernah sepi pelanggan, bahkan bisa jadi kamu pasti akan kebanjiran orderan karena tingginya permintaan. Modal awal pun tak begitu besar, siapkan saja dana 1 – 1,5 juta. Untuk laba bersih yang akan kamu terima juga terhitung lumayan, karena biasanya toples berukuran ¼ kg harga jualnya Rp 25.000-35.000 dan untuk ukuran ½ kg dibandrol dengan harga Rp 50.000-80.000.

Pasarkan saja kue kering buatanmu melalui media sosial maupun promosi dari mulut ke mulut. Bila kamu giat berpromosi dari sekarang, bukan tidak mungkin menjelang lebaran kamu akan kebanjiran orderan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Selain memaksimalkan ibadah, tak ada salahnya juga ‘kan jika kamu memanfaatkan kesempatan dengan menjajal salah satu dari bisnis di atas? Jadi, bisnis mana yang akan kamu geluti mulai sekarang?

Advertisement