Karena cowok dan cewek diciptakan berbeda, maka nggak heran kalau muncul berbagai kebiasaan yang juga berbeda. Bagi cewek, mempersiapkan segala sesuatu, khususnya untuk Hari Raya adalah hal yang menyenangkan. Mulai dari belanja baju baru, bikin kue lebaran, hingga bersih-bersih kamar demi menyambut hari yang fitri.

Sayangnya nggak selamanya begitu bagi cowok. Kadang shoping tetaplah hal paling bikin males walau banyak diskonan bergelimang jelang lebaran. Nah, biasanya ini nih justru yang cowok-cowok lakuin saat mendekati lebaran. Beda sama cewek deh pokoknya. 😀

1. Berkeluh-kesah saat disuruh menemani mama atau pasangan buat menyerbu diskonan. Mana lagi puasa, ya, kan? Panas lagi, ya, kan? Haus dong, ya? 😀

sebuah ironi 🙁 via slydor.com

Advertisement

Bagi makhluk yang rata-rata hobi belanja, momen lebaran ini dimanfaatkan untuk membeli banyak hal yang sudah lama diidamkan. Misalnya tas seri khusus yang di hari-hari biasa nggak terbeli, kali ini diserbu karena THR turun. Apalagi kini banyak banget gerai dan pusat perbelanjaan, bahkan toko online yang memfasilitasi cewek yang lapar mata. Seringnya, cowok-cowok pun diminta menemani para cewek buat menyerbu promo dan diskonan yang ujungnya jadi belanja berjam-jam. Bagi cowok, aktivitas ini sama sekali nggak menarik dan justru melelahkan. Apalagi waktu puasa begini nih, duh,, mendingan duduk-duduk di kursi tunggu sambil makan indomi.

2. Tapi jangan salah, di hari yang fitri, cowok tetap pengen kelihatan maksimal. Meski usaha yang mereka lakukan sebatas potong rambut dan cukur berewok

Kalau cewek mungkin akan lebih memilih opsi perawatan wajah seperti facial dan beli bermacam kosmetik untuk berdandan saat lebaran, cowok juga memikirkan penampilan mereka kok. Meskipun yang mereka lakukan seringnya berkisar soal cukur rambut dan cukur berewok, sudah termasuk pergerakan yang luar biasa lho. Dengan begitu mereka bisa tampi ‘beda’ saat Idulfitri dan bertemu saudara-saudara nanti.

3. Ketika kebanyakan cewek sibuk bikin kue lebaran, cowok justru mempercantik kendaraan mereka. Biar kendaraan mereka merasakan suasana lebaran juga kali, ya?

Pokoknya sampai kinclong, Bos! via www.yelp.com

Saat bahagia nggak bikin cowok lupa dengan kesayangan mereka yaitu kendaraan pribadi. Mulai dari dicuci sampai wangi, diservis, hingga dibelikan aksesoris baru khusus buat motor dan mobil mereka. Banyak yang bilang tunggangan memang kebanggannya cowok sih, jadi nggak heran perawatannya bisa sampai jor-joran begitu.

4. Meski lebaran adalah momen yang membahagiakan, ada sisi lain yang bikin khawatir. Menyiapkan angpau dan oleh-oleh buat keponakan, THR-nya bakal cukup nggak, ya?

Cukup nggak, ya, buat sekampung? via mensstylepro.com

Advertisement

Cowok merasa lebih bertanggung jawab secara finansial dibanding cewek. Makanya cowok kebanyakan lebih memikirkan bagaimana memberikan oleh-oleh untuk saudara dan bagi-bagi angpau. Seringnya hal ini terjadi karena cowok merasa tolok ukur kesuksesan mereka di mata banyak kerabat dilihat dari kondisi finansial. Secara nggak langsung cowok bakal mikirin banget hal ini.

5. Mempercantik hunian juga secara nggak langsung dianggap sebagai tugas cowok. Ngecat rumah, sampai benerin genteng pasti rela deh dilakukan

Kamu bikin kue aja, Yang. via www.thebalancesmb.com

Bikin kue dan masakan lebaran memang bukan hal yang menyenangkan bagi sebagian besar cowok. Sebaliknya, mereka justru lebih tertarik dengan pekerjaan yang lebih berat dan kelihatan maskulin seperti mengecat tembok dan benerin genteng rumah. Hunian yang nyaman saat lebaran jadi kebanggan tersendiri bagi banyak cowok.

6. Urusan baju baru cowok juga mikirin lho. Tapi simpel, yang penting punya baju koko baru, alas kaki baru, dan celana baru

Sudah ganteng mah, beres! via www.kapanlagi.com

Baik cowok maupun cewek, baju lebaran itu memang hal yang perlu banget dipikirkan. Bedanya, porsi memikirkan baju lebaran bagi cewek sangatlah besar. Sedangkan cowok justru lebih sederhana. Asal sudah punya baju koko, celana, kaus atau kemeja, hingga alas kaki itu sudah cukup. Cewek sih perlu mikirin gamisnya, kerudungnya, celananya, rok, sampai ke kalung, dan antingnya, kalau bisa baru semua deh.

7. Khusus buat tahun ini, perhatian cowok juga terbagi. Menyesuaikan jadwal silaturahmi dengan jadwal piala dunia~

Keseruan nonton bola. via www.leafly.com

Tepat di malam lebaran, opening pertandingan sepakbola paling bergengsi di dunia mulai digelar. Cowok yang notabene sebagian besar adalah penyuka bola, nggak mau ketinggalan dong. Tentu cowok juga bakal menyesuaikan jadwal begadang menonton bola dengan jadwal silaturahmi keluarga. Bagaimana lagi, kedua hal itu hampir sama-sama pentingnya sih!

Meski nggak semua cowok bakal melakukan semua hal di atas, tapi sebagian besar tipikal cowok seringnya begitu. Kalau dibandingkan dengan kebiasaan sebagian besar cewek jadi beda banget, kan? Tapi walau berbeda, yang penting saling mengisi kekurangan dan kelebihan masing-masing dong. Biar lebaran nanti makin harmonis. <3

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya