Sebagai manusia, wajar kalau setiap tahun bahkan setiap harinya kita menemui hal-hal baru. Ini karena kehidupan kita yang terus berubah, berkembang, dan berinovasi. Sekarang mungkin kita belum menemukan anjing bisa baca puisi, tapi mungkin beberapa tahun lagi ada ilmuwan yang bisa merekayasa genetik atau apalah itu, buat mewujudkan yang sebelumnya nggak mungkin menjadi mungkin.

Cara berpikir manusia yang terus maju membuat banyak hal di zaman dahulu sudah nggak relevan lagi kalau diterapkan di zaman modern seperti sekarang. Salah satu contohnya adalah iklan. Lupakan dulu iklan-iklan kekinian yang bahkan sudah ada undang-undang yang mengaturnya. Zaman dulu, iklan masih bebas, nggak terikat aturan atau norma. Logika berpikir juga masih sempit kalau dibanding sekarang, membuat beberapa iklan jadul malah bikin sakit perut kalau ditonton saat ini. Hipwee Hiburan sudah merangkum 9 iklan jadul Indonesia yang bikin ngakak so hard. Tonton bareng yuk!

1. Iklan spring bed Alga ini bikin kita bertanya-tanya, sejak kapan orang lagi tidur nggak kebangun padahal di sampingnya ada alat berat lagi lewat 🙁

2. Iklan indomie ini katanya dibuat tahun 70-an akhir. Kalau diperhatikan, ada yang unik di dalamnya; kenapa itu panci buat masak mie kayaknya sedalam samudera, ya?

3. Mungkin karena zaman dulu belum ada alat komunikasi memadai, jadi tiap ada anak sakit langsung dibawa ke toko kelontong, ya. Tapi best part-nya tetap di bagian akhir sih 😀

4. Iklan zaman dulu tuh kekuatannya cuma di verbal, ya, kayak iklan ini yang dari awal sampai akhir orangnya ngomong terus. Tapi kalau iklannya begini kira-kira orang bisa langsung mau beli baterai Eveready itu nggak, ya?

5. Bagian Muhammad Ali-nya tetep paling epik sih. Kalau dipikir-pikir kenapa harus Muhammad Ali, ya, buat bagian yang ngasih testimoni truk Dyna? Apakah doi emang brand ambassador Dyna?

6. Bisa jadi ini iklan pertama yang ada bule di dalamnya. Tapi itu bulenya kok kayak kurang meyakinkan, ya? Proses syutingnya mungkin juga di Indonesia sih ini

7. Remaja lelaki 80-an pasti pernah mengidam-idamkan motor satu ini. Tagline “Gejolak darah muda kejantanan”nya sih … nggak kuat!

8. Sebelum populer TV flat kayak sekarang, zaman dulu tuh masanya TV tabung kayak Sanyo TV ini. Tapi anu … itu kok boksnya segede gambreng gitu, ya?

9. Iklan ini kalau ada di zaman sekarang pasti nggak bakal lolos deh, vulgar banget soalnya! Duh, tapi malah miris sih lihat cewek-cewek jadi “objek” kayak gitu 🙁

Advertisement

Itulah beberapa iklan zaman dulu yang kalau dilihat di zaman modern kayak sekarang rasanya sudah nggak relevan lagi. Berkembangnya kehidupan manusia ternyata juga dirasakan banget sama industri periklanan. Dan iklan zaman sekarang bisa dibilang “lebih sopan” karena sudah ada lembaga-lembaga yang mengatur, kayak lembaga sensor, dan lain-lain. Kalau kamu paling suka yang mana nih, Guys?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya