Ubah Stigma, 6 Adegan Sinetron ini Sosialisasikan Cegah Persebaran Virus Corona. Edukatif juga, Ya~

Adegan sinetron Indonesia cegah virus Corona

Selain dangdutan, posisi sinetron sebagai hiburan merakyat nggak bisa disangkal lagi. Penggemarnya ada dan berlipat ganda! Tanpa biaya langganan, cukup modal TV dan antena, sekeluarga udah bisa nonton sinetron yang episodenya bikin minder serial-serial Netflix. Sungguh penawaran yang menggiurkan untuk dilewatkan, bukan?

Advertisement

Tapi di antara fanatik sinetron, ada golongan yang menolak kehadiran tayangan fantastis tersebut. Alasan yang banyak benarnya adalah cerita sinetron itu nggak berbobot tanpa hal yang bersifat edukatif. Namun belakangan stigma sinetron sudah dipatahkan lewat beberapa adegannya lo. Di tengah merebaknya Covid-19 di Indonesia, mereka menyisipkan pesan edukatif kepada penonton. Sebuah aksi langsung yang efektif menyasar kelompok marjinal sebagai mayoritas penggemarnya. Berawal dari utas @ariefr, berikut Hipwee Hiburan sajikan untukmu. Simak!

1. Untuk yang suka nyosor pegang atau peluk pasangan sepulang kerja diingetin sama sinetron Istri Kedua, nih. Kamu itu abis ketemu banyak orang dan pegang-pegang benda di fasilitas umum, Mas!!!

2. Nah ini untuk mendukung social distancing atau #JagaJarakSejenak, sinetron Kisah Cinta Anak Tiri ngajak kamu untuk stay di rumah, pakai masker kalau lagi nggak fit, dan rajin cuci tangan dengan benar. Btw, itu yang cowok kayaknya bawa banyak DVD biar nggak gabut kali, ya?

View this post on Instagram

Tuh dengerin, jangab malah liburan! Sinetron Kisah Cinta Anak Tiri . #covid_19 #corona

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

Advertisement

3. Masih dari sinetron Kisah Cinta Anak Tiri nih, buat yang masih ngeyel kalau sekolah diliburin karena Covid-19 itu artinya boleh jalan-jalan atau mudik. Jangan keluar rumah dulu kalau nggak ada urusan mendesak. Ingat, selama masa darurat ini tugas kamu adalah memutus rantai penyebaran virus dengan nggak keluar rumah!

View this post on Instagram

Sinetron Kisah Cinta Anak Tiri lagi nih . #corona #covid_19

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

4. Jangan sampai momen berdua jadi ajang penularan virus nih ceritanya. Sinetron Anak Langit ingetin kamu buat jaga jarak minimal 1 meter pas tatap-tatapan, gunakan masker dan antiseptic biar lebih aman. Demi Indonesia yang sehat dan sejahtera!

View this post on Instagram

Demi cinta kita untuk Indonesia sehat dan sejahtera! Ada yanh nonton sinetron Anak Langit? . #covid_19 #corona

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

5. Pesan yang sungguh mulia lagi dari sinetron Anak Langit. Selain menghindari penyebaran virus, jaga jarak biar nggak bersentuhan apalagi sama yang bukan muhrim itu menghindari pertambahan dosa lo. Mantap, Bang Hiro!

View this post on Instagram

Mau sepi mau rame, jagan ada kontak fisik ya Gaes. Bahaya! . Sinetron Naak Langit . #covid_19 #corona

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

Advertisement

6. Karena consent adalah sikap yang mesti diterapkan sejak dini. Meski sedikit “aneh” karena subjeknya anak sekolahan, sinetron Dari Jendela SMP ngingetin untuk bersikap lebih dari sekadar menghindari penyebaran virus. Minta izin dulu, ya, sama pasangan sebelum melakukan apa pun yang melibatkan kedua belah pihak~

View this post on Instagram

Jangan lupa pake masker ya! Sinetron Dari Jendela SMP . #covid_19 #corona

A post shared by Bu Rokhim (@bu_rokhim) on

Bagaimana, mulai merasa kalau sinetron Indonesia ada manfaatnya? Patut diapresiasi karena edukasi mereka bisa menjangkau masyarakat yang nggak ngerti kalau sosialisasi selalu dilakukan dengan istilah yang ‘ndakik-ndakik’. Nah, tinggal nunggu sinetron azab bawa pesan edukatif untuk para penimbun masker dan hand sanitizer, nih~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

CLOSE