Lagi Ramai Mahasiswa ‘Ancam’ Dosen Pakai Hadis Saat Presentasi. Duh, Jangan Main-Main Begini dong

ancam dosen pakai hadis

Kuliah nggak ada yang mudah. Seberapa pun uang yang kamu punya, seencer apa pun otakmu, perkuliahan adalah sebuah proses yang mau bagaimanapun harus dilewati dengan baik. Pembelajaran nggak hanya soal pengetahuan akademis semata, namun juga moral, tanggung jawab, sopan santun, dan pendewasaan.

Advertisement

Belakangan ini banyak mahasiswa yang pakai hadis untuk ‘mengancam’ dosen. Meski niatnya bercandaan semata, tapi kayaknya nggak pas banget ditampilkan waktu presentasi deh. Bercandaan seperti ini lebih layak jadi guyonan tongkrongan aja. Kita bahas bareng Hipwee Hiburan berikut, yuk!

Bunyi hadis tersebut sebenarnya sering kita dengar, tapi kayaknya kalau disampaikan di saat yang tidak tepat, ngeri juga!

Hmmm, tujuannya biar apa sih? via twitter.com

Banyak mahasiswa yang sering bercanda kalau salah satu cara meluluhkan dosen adalah dengan menunjukkan sebua hadis yang dirasa relate, namun sebenarnya bercandaan semacam ini jangan dibawa ke ranah yang serius karena cuma bisa bikin ngakak di tongkrongan. Adapun bunyi hadis yang dimaksud:

“Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat.”

Advertisement

Parahnya ada yang menampilkan hadis ini di slide terakhir presentasinya. Ada yang ditampilkan waktu sidang juga lo!

Ternyata nggak cuma guyonan semata, ada mahasiswa yang benar-benar nekat menampilkan hadis ini di slide terakhir presentasi mereka. Melalui akun @tubbirfess, bahkan ada juga yang menampilkan kalimat ini saat sidang skripsi lo. Percayalah ending-nya nggak bakalan bagus. Karena dengan kalimat-kalimat ini, dosen bakal merasa tersinggung karena merasa bakal menyusahkanmu. Mendingan nggak usah neko-neko deh!

Selain seolah menggunakan hadis sebagai senjata, menampilkan tulisan tersebut seolah memberikan ancaman secara nggak langsung pada dosen

Advertisement

Sadarkan dirimu, kamu bukan penceramah dan ke kampus bukan untuk memberikan dakwah secara langsung pada dosen. Mahasiswa dan dosen di kampus punya tujuan akademis yang serius. Menggunakan hadis ini saat presentasi itu salahnya dobel-dobel.

Pertama, kamu seolah menggunakan ajaran agama seenaknya sebagai sebuah tameng dan senjata. Kedua, kamu seolah memberikan ancaman ‘masuk neraka’ pada dosen ketika mereka mempersulitmu. Padahal apa yang bakal dilakukan dosen itu membuatmu lebih mengerti dan memahami materi perkuliahan lo.

Pemahaman seperti ini sebenarnya nggak akan kamu dapatkan lewat teori mana pun. Mulai sekarang, niatkan kuliah nggak sekadar belajar biar pintar, tapi juga belajar memahami nilai-nilai hidup, sampai kamu mengerti mana yang pantas dan nggak pantas. Slide hadis begini nggak usah dipakai lagi, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sonyaruri---

Editor

Senois.

CLOSE