Kiat Berkomunikasi dengan Orang Sesuai Golongan Darah, Biar Ngobrol Lancar dan ‘Searah’

berkomunikasi sesuai golongan darah

Bicara tentang kepribadian ibarat kita membahas 1001 hal yang rumit. Bukannya melebih-lebihkan, tapi kepribadian memang kompleks dan nggak mudah dipahami. Beragam tes psikologi yang berusaha mengungkap kepribadian manusia nyatanya nggak ada yang 100% akurat, tapi bukan berarti nggak benar juga. Soalnya, tak sedikit hasil tes dan kepribadian seseorang memang memiliki kecocokan.

Tes-tes kepribadian hanyalah satu dari sekian cara kita memahami kepribadian orang lain maupun diri sendiri. Selama ini, kita cukup akrab dengan astrologi atau tes MBTI sebagai alat menebak kepribadian. Namun, tahu nggak kalau golongan darah juga bisa jadi opsi lain?

Menebak kepribadian seseorang lewat golongan darahnya bukan hal baru, terutama dalam budaya Jepang. Golongan darah punya pengaruh besar dalam pekerjaan, jalinan cinta, sampai pertemanan. Konon, cara ini ditemukan oleh profesor Tokeji Furukawa pada tahun 1930. Menukil Very Well Mind, ia mengklaim golongan darah mencerminkan kepribadian seseorang.

Nah, menurut studi lanjutan dalam jurnal Public Library of Science tahun 2015, ditemukan hubungan yang signifikan antara golongan darah dengan sifat-sifat kepribadian. Meski masih permulaan, penelitian ini menjadi titik terang bahwa kaitan antara golongan darah dan kepribadian bukan bualan aja. Bisa  nih kamu pakai untuk memahami orang lain supaya komunikasimu nggak salah sambung melulu.

Ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat berkomunikasi dengan orang bergolongan darah A yang dianggap punya kehidupan paling lurus

Identik dengan karakter bijaksana, suka mengorganisisasi, bertanggung jawab, perfeksionis, tenang, dan dapat diandalkan membuat tipe  golongan darah A tampak mengagumkan. Makanya, nggak sedikit orang yang menyebut tipe ini sosok yang hidupnya lurus-lurus aja. Apalagi, tipe ini dikenal menyukai kedamaian dan cenderung menghindari konfrontasi.

Gara-gara karakter dominan inilah, orang bergolongan darah A kerap menempati posisi pemimpin dalam suatu kelompok. Misalnya, dalam budaya Korea Selatan, rata-rata leader dalam grup idola ditempati oleh orang bergolongan darah A seperti RM BTS atau G-Dragon Bigbang.

Kendati demikian, tipe golongan darah A sangat sensitif dan gampang stres. Sisi buruknya, orang bergolongan darah A sangat keras kepala. Namun, dalam beberapa hal yang sifatnya bukan prinsipil, ia bisa mengendorkan sedikit keras kepalanya ini.

Tim Dalam Artikel Ini