Bikin janji ketemuan sama teman lama itu memang susah-susah gampang. Biasanya sih tantangannya terletak pada menentukan jadwal bertemunya, sedangkan tempat bisa belakangan. Sukses menentukan jadwal dan tempat bertemu? Jangan senang dulu, siapa tahu ada yang tiba-tiba membatalkan janji. Batal deh rencana yang tadinya sudah tersusun rapi.

Kangen sih iya. Tentu penasaran juga sama kabar masing-masing kayak gimana. Tapi tetap aja, susah banget ketemunya.

Advertisement

Hal kayak gini bisa bikin gemes deh lama-lama. Pernah gak sih kamu mikir, kenapa ya ketemuan sama teman lama sering cuma jadi rencana?

1. Kalian yang dulu dan yang sekarang berbeda. Kerja tentu lebih capek daripada sekolah atau kuliah saja. Karena itu, di sela waktu kosong kalian memilih beristirahat

duh, kurang tidur nih

duh, kurang tidur nih via diet.allwomenstalk.com

“Jangan lupa besok olahraga bareng. Kapan lagi kalau gak pas weekend?”

“Kayaknya gak bisa deh. Mau weekend bareng kasur aja… habisnya capek banget badan :(”

Kalian teman lama, udah berteman dari zaman ABG — zaman yang kerjaannya kalau nggak sekolah ya main doang. Zaman yang beda banget sama sekarang, di mana kalian bisa tidur 6 jam sehari aja udah bersyukur banget. Hari-hari kamu maupun teman saat ini penuh kesibukan, jadi ketika akhir pekan atau ada hari libur lebih baik kalian beristirahat. Gagal lagi, gagal lagi deh ketemuannya.

2. Waktumu yang udah sedikit ini juga masih harus dibagi-bagi. Selain teman, bertemu keluarga tentu sudah kamu nanti-nanti

wah sorry deh, sepupu gue nikah soalnya

wah sorry deh, sepupu gue nikah soalnya via lancasteronline.com

Advertisement

“Dinaaaa, maaf baru ngabarin. Gue ga bisa jalan ntar siang, sepupu gue nikah soalnya.”

Karena kalian sibuk, jadi nggak ada waktu untuk mengurusi jadwal acara keluarga yang (mungkin) setiap bulannya ada. Kalian hanya mendapat kabar dari orangtua yang kalau memberitahu dadakan. Alhasil, rencanamu dengan teman batal deh. Jangan bosan mengatur ulang jadwal ketemunya lagi ya. ;p

3. Zaman udah berubah, kamu pun berubah. Sekarang rasanya lebih nyaman tinggal di rumah aja daripada keluar-keluar

“Kamu kenapa kok batalin ketemuan besok?”

*dalam hati bilang: Duh, masa jujur kalau bilang mager?*

Hawa-hawa mager memang sering melanda kamu. Awalnya semangat banget dan paling excited ketemuan dibanding yang lain, eh tahunya pas hari H kamunya mager. Entah karena mengantuk atau ingin bersantai di rumah aja sambil nonton film di laptop, ketemuan sama teman lama jadi gagal deh.

4. Hidup itu terus berjalan, gak heran kalian punya kenalan baru. Jadi, jangan kaget rencana ketemuan gagal karena kamu lebih sering menghabiskan waktu dengan teman baru

seru-seruan sama teman baru

seru-seruan sama teman baru via www.news.com.au

Karena hidupmu sekarang berbeda, hubungan pertemananmu meluas. Kamu punya teman-teman baru yang senantiasa mengisi hari-harimu. Apalagi kalau menemukan kesamaan dan keseruan karena perbedaan yang ada, wah kamu jadi senang menghabiskan waktu bersama mereka. Naturally, waktu kosongmu pun kamu habiskan dengan mereka juga.

5. Kadang, ada perasaan minder di dalam diri karena hidup mereka di media sosial sangat berbeda denganmu.

minder deh

minder deh via ripost.net

“Dia sekarang keren banget. Gak cuma kerjaannya aja yang oke, tapi juga pendidikannya yang sekarang lanjut S2. Sedangkan gue masih gini-gini aja…”

Seiring berjalannya waktu memang banyak perubahan yang terjadi, termasuk pada dirimu maupun teman lamamu. Nggak heran kalau rasa minder seringkali menyelimuti saat mau ketemuan dengan teman lama. Minder karena kehidupan salah satu dari kalian udah lebih baik dan banyak keberhasilan yang dicapai.

6. Dulu sih akrab, tapi sekarang belum tentu karena udah jarang menghubungi. Kalian jadi khawatir kecanggungan nanti malah bikin awkward

canggung deh

canggung deh via www.gurl.com

“Hah? Dia udah banyak aja menangin lomba menulis di luar negeri. Obrolannya nanti gak bakal nyambung deh kayaknya kalau ketemu.”

Karena udah lama nggak ketemu dan komunikasi pun jarang, kamu merasa bakalan canggung saat ketemuan nanti. Apalagi kamu lihat di media sosialnya yang udah beda banget penampilan dan kehidupannya sekarang sama dulu. Daripada kikuk-kikuk dan pertemanan kalian malah jadi renggang, mending rencana pertemuannya ditunda dulu deh.

7. Toh terlepas dari itu kalian masih bisa ketemu di momen-momen tertentu. Tinggal datang saat ada teman yang menikah atau melahirkan. Jangan lupa foto-foto dan bawa pacar masing-masing! ;p

nunggu momen nikahan aja deh

nunggu momen nikahan aja deh via www.weddingku.com

Yang ini biasanya berlaku kalau kalian malas mengatur jadwal dan menentukan tempat untuk ketemuan nih. Kalian nggak mau ambil pusing, jadi lebih baik tunggu momen reunian, teman lama ada yang menikah atau melahirkan aja deh. Meskipun sebentar, toh setelah momen itu kalian masih melanjutkan ketemuan untuk berbagi cerita di tempat lain!

Rasa rindu berbagi cerita sambil tertawa bersama seringkali menghiasi dirimu maupun teman lama untuk saling bertemu. Namun, apa daya kehidupan kalian saat ini telah berbeda. Ada yang udah berkeluarga, masih jomblo, sibuk sama pekerjaan dan kuliahnya, atau ada aja hal yang menjadi alasan untuk membatalkan. Yah, tapi jangan sampai hubungan pertemanan kalian putus begitu saja ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya