Cowok selalu diidentikkan sebagai mahluk yang tega membagi cinta, tidak setia, dan sulit bertahan hanya pada satu wanita. Tapi sepertinya nggak semua cowok selamanya bisa disamaratakan begini. Banyak cowok-cowok diluar sana yang punya kesetiaan luar biasa terhadap pasangannya. Meskipun jumlahnya hanya segelintir saja.

Bahkan beberapa glintir cowok yang setia ini meninggalkan jejak-jejak sejarah agar semua orang bisa mengenang betapa cintanya dia dengan pasangannya. Berikut ini Hipwee Boys sudah merangkum mengenai bangunan-bangunan bersejarah yang ternyata juga merupakan dedikasi seorang pria terhadap pasangannya. Sekaligus jadi bukti kalau nggak semua cowok bisa dijuluku cassanova!

1. Mirabell Palace and Garden di Austria, keluarga bahagia pun tinggal di dalamnya

Indah banget via www.salzburg.info

Advertisement

Istana dan taman  Mirabell ini dibangun pada 1606 oleh Pangeran Archbishop Wolf Dietrich von Raitenau untuk sang istri. Mereka pun kemudian tinggal di dalamnya. Pasangan ini kemudian dikaruniai 15 anak dan hidup bahagia di dalamnya. Saat ini istana dan taman Mirabell banyak direnovasi namun interior baik di dalam dan di luar istana tetap tidak tersentuh dan dipertahankan sebaik mungkin untuk mengenang keluarga bahagia ini.Tidak sekedar mencerminkan sebuah karya seni tinggi, konon interior dan desain bangunan Istana Mirabell melambangkan betapa cintanya sang pangeran terhadap istrinya.

2. Coral Castle di Miami, Florida. Nggak ada yang percaya semua pahatan dan penataan batu karang ini dibangun oleh satu orang dalam waktu 28 tahun

Cinta nggak akan redup via www.labyrinthina.com

Di balik sebuah bangunan yang sangat cantik ini ternyata ada cerita patah hati yang sangat mengharukan. Pada awal abad ke 19, seorang pria bernama Edward Leedskalnin telah bertunangan dengan Agnes Scuffs, seorang remaja 16 tahun yang terpaut usia 10 tahun dengannya. Namun sehari sebelum hari pernikahannya dilangsungkan, Agnes Scuffs memutuskan untuk membatalkan pernikahannya tanpa alasan yang jelas.

Edward yang patah hati kemudian memutuskan untuk membangun Coral Castle pada 1921 dan memindahkan potongan batu karang yang semuanya berjumlah 1100 ton seorang diri. Selain itu ia pun menata dan memahatnya seorang diri untuk membuktikan betapa ia mencintai Agnes Scuffs. Bahkan pembangunan Coral Castle ini memakan waktu hingga 28 tahun dan menghabiskan seluruh sisa hidup Edward. Saat ini masih banyak sekali pengunjung Coral Castle yang sangat kagum dengan kecantikan bangunan ini dan tidak percaya bahwa tempat ini dibangun oleh hanya satu orang saja.

3. Petit Trianon di Prancis, sang istri meninggal sebelum bangunan ini selesai, sedih ya…

Takdir berkata lain via www.greatbuildings.com

Advertisement

Petit Trianon ini berlokasi di sekitar Istana Versailes di Prancis. Bagunan ini didedikasikan oleh Raja Louis XV untuk sang istri Ratu Madame de Pompadour. Sayangnya, empat tahun sebelum bangunan ini selesai, sang Ratu meninggal dunia. Namun pada akhirnya Raja Louis XV memutuskan bangunan ini diberikan kepada ratu selanjutnya sebagai pengganti Madame de Pompadour, yaitu Madame Du Barry.

4. Boldt Castle di New York, belum sempat diberikan, sang istri juga meninggal

Cocok buat pesta pernikahan via showmenan.blogspot.com

Boldt Castle dibangun pada 1901 oleh George C. Boldt untuk hadiah sang istri Louise. Rencananya Boldt ingin mendirikan sejumlah 11 bangunan kastil dalam satu kawasan untuk membuktikan cintanya pada Louise. Namun sayang, sebelum kastil ini benar-benar diberikan pada Louise, Louise meninggal dunia. Boldt pun berencana ingin menghancurkan kastil ini dan berjanji tidak akan kembali. Pada akhirnya, Boldt hanya pergi begitu saja dan tak menghancurkan bangunan ini ini. Sekarang bangunan ini sering digunakan untuk acara pernikahan.

5. Taj Mahal, bahkan disebut sebagai simbol cinta dan dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia

Super megah via www.indiadesktop.com

Nggak lengkap rasanya kalau belum ngomongin Taj Mahal sebagai bangunan bersejarah yang melambangkan cinta. Masjid ini dibangun oleh Shah Jahan pada 1653 dan baru selesai 17 tahun kemudian. Shah Jahan mebangun Taj Mahal untuk mengenang sang istri yaitu Mumtaz yang meninggal dunia setelah melahirkan putranya yang ke-14. Pembangunan Taj Mahal menghabiskan senilai sekitar Rp10 triliun rupiah (dengan perbandingan uang saat ini) dan seluruhnya membutuhkan 22ribu pekerja. Tak heran bangunan megah ini terlihat sangat indah hingga saat ini. Selain sebagai masjid, Taj Mahal merupakan makam Mumtaz, dan setelah Shah Jahan meninggal ia pun dikebumikan di dekat makam istrinya agar cinta mereka abadi.

Ternyata cinta bahkan bisa meninggalkan jejak sejarah. Meskipun tidak berwujud, cinta bisa dibuktikan dengan beberapa hal nyata seperti contohnya bangunan-bangunan bersejarah tersebut. Kisah cinta dibalik bangunan yang masih berdiri hingga sekarang pun menjadi buah bibir banyak orang. Bukti keluarbiasaan hati yang mampu menggerakkan tubuh dan pikiran.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya