Banyak banget konstruksi masyarakat yang kemudian bikin kita berpikir kalau yang begini salah yang begitu benar. Padahal belum tentu. Nggak terkecuali anggapanmu tentang cewek-cewek nakal. Kita semua nggak ada yang pernah tau isi hati manusia sesungguhnya kan? Tapi kadang kita selalu menghakimi seseorang seenak hati kita. Ada baiknya, kita nggak selalu beranggapan negatif dulu terhadap apa yang kita lihat.

Kenapa sih cowok kalau lihat cewek yang kelihatannya agak nakal langsung nafsuan? Kalau lihat cewek-cewek yang kamu anggap ‘nakal’ bawaannya pasti sering mikir, “wah bisa nih diajak ngamar!”, “wah, boleh nih diajak seneng-seneng.” Padahal nggak semua cewek yang kelihatan nakal tuh nakal beneran. Beberapa dari mereka bahkan berpenampilan sebagai cewek yang bakal dianggap nakal hanya untuk cari perhatian aja. Biar nggak suka salah persepsi, mendingan disimak yuk uraian dari Hipwee Boys berikut ini!

Mulai dari cewek yang ngerokok, rokok sebenarnya nggak bisa disamakan dengan kepribadian cewek nakal juga

Cewek perokok via www.bbc.com

Mungkin hal ini masih menimbulkan pro dan kontra, terutama di Indonesia. Tetapi kita nggak bisa menilai secara linear perilaku cewek merokok yang selalu disamakan dengan cewek nakal kan? Memang sih kebanyakan cewek yang ‘nakal’ itu merokok, tapi nggak semua cewek yang merokok itu nakal.

Bahkan sebenarnya anggapan ini tuh seksis banget, kenapa kalau cowok yang merokok dinilai biasa saja bahkan lumrah dilakukan. Sedangkan cewek pasti dinilai sangat negatif. Padahal jika alasannya sama-sama karena kesehatan, merokok juga bisa bikin cowok kena gangguan impotensi lho, nggak cuma cewek aja yang bakal terganggu kesehatan janinnya.

Advertisement

Siapa tahu, cewek yang kamu lihat merokok waktu itu dan kamu pikir bisa diajak ena-ena ternyata anaknya petani tembakau yang sangat sudah terbiasa sama rokok :D. Siapa tau juga, cewek yang sedang merokok di sebuah cafe, sendirian sambil minum kopi, adalah cewek yang sebenarnya rajin sholat dan rajin ngaji, berbakti sama orang tua dan nilai skripsinya A. Nggak ada yang tahu kan. Makanya jangan asal ‘tubruk’ ya lain kali. Hehehe.

Cewek yang rambutnya dicat warna-warni, atau dicat blonde. Orang bilang, dandanannya ‘mancing-mancing’

Masa sih berprestasi begini dibilang nakal? via gozzip.id

Gaya dandanan seseorang lebih banyak berhubungan dengan bagaimana seleranya merias diri. Tapi cewek yang rambutnya dicat warna terang atau bahkan dicat blonde seringkali dicap sebagai cewek yang ‘nakal’. Hal ini karena kita orang Indonesia umumnya punya rambut dengan warna hitam, sehingga dengan mengecat rambut maka penampilan cewek jadi terlihat mencolok dan memancing perhatian banyak orang, terutama kaum cowok.

Mungkin saat ini saking macem-macemnya gaya dandanan seseorang, cewek yang rambutnya dicat blonde sudah tidak selalu dicap sebagai cewek nakal, tapi sebagian masyarakat dengan pikiran kurang terbuka masih menilai mereka buruk. Mau dinilai buruk atau enggak, sebenarnya tergantung bagaimana kepribadian cewek itu sebenarnya.

Cewek yang tatoan, kita nggak pernah tau, bisa saja dia sebenarnya aktivis sosial

Tato ular sawah hahaha via tattoo-journal.com

Lihat cewek yang mentato tubuhnya, cowok-cowok pasti beranggapan negatif duluan. Sampai-sampai memberikan cap kalau cewek model begitu adalah cewek yang ‘bisa dipake’. Memang sih di Indonesia cewek dan cowok yang tatoan selalu dianggap negatif sama masyarakat. Tapi apa salahnya kalau tidak berpikiran negatif terlebih dahulu. Mungkin kita hanya berbeda prinsip hidup dan pandangan saja.

Siapa tau, cewek yang kamu lihat punya tato di tangannya kemarin adalah seorang aktivis sosial yang menolong banyak orang. Siapa tau juga, dia memang dulunya nakal tapi sekarang sudah nggak mau melakukan hal fana lagi. Mungkin juga seorang cewek yang tatoan memang berperilaku hidup bebas, tapi dia memiliki prinsip dan komitmen yang ia pegang kuat, seperti nggak mau ena-ena sama cowok yang nggak dia cintai. Bisa saja kan?

Pakaian minim dan ketat, wah ini pasti bisa diajak ‘santai’

Siapa tau dia kepanasan 😀 via openclipart.org

Budaya kita yang cenderung menilai kepribadian dilihat dari pakaian sebenarnya sedikit banyak terpengaruh budaya Jawa yaitu ‘ajining rogo soko busono’ yang artinya penampilan seseorang itu dinilai dari pakaiannya. Oleh karena kebanyakan cewek yang ‘nakal’ dan tuna susila adalah cewek yang selalu menggunakan pakaian minim, maka orang pun beranggapan kalau cewek dengan pakaian yang ‘mengundang perhatian’ itulah cewek yang nakal.

Well, sebenarnya sebagian besar cowok pasti beranggapan, “kalau nggak pengen dinilai nakal ya jangan pakai baju yang mengundang, dong!”. Tapi apa salahnya sih mengontrol diri? Kalau kata pepatah kerennya sih, “Everyone you meet is fighting a battle you know nothing about. Be kind, always.” Kurang lebih artinya kita semua nggak akan pernah tahu apa yang sudah dihadapi seseorang yang baru kita temui, berusahalah untuk selalu bersikap baik. Bisa saja orang-orang yang kita jahati dengan seenaknya kita cap ‘nakal’ adalah orang dengan permasalahan hidup luar biasa, jadi jangan dulu buru-buru ngajak ‘santai’ kaya keong racun.

Cewek yang pulang malem. Wah pasti habis dari ‘ngapa-ngapain’ nih!

Mungkin saja dia cat woman via www.pinterest.com

Wah jangan berprasangka dulu boys. Memang sih cewek yang berkeliaran di malam hari seringkali diartikan sebagai cewek nakal, oleh sebab itulah ada lagu berjudul kupu-kupu malam yang menceritakan tentang seorang wanita yang bekerja sebagai pemuas nafsu. Tapi nggak semua cewek yang pulang larut malam itu karena habis ‘menemui tamu’ kan?

Jangan salah paham dulu, bu dokter yang kedapatan jaga malam juga pasti pulang larut kan? Kalau cewek itu ternyata mahasiswa siapa tau dia keluar malam karena ada tugas kelompok yang harus dikerjakan. Kita nggak pernah tau apa yang mereka kerjakan boys, jadi jangan buru-buru berpikiran negatif dan ngecap cewek yang pulang larut itu nakal. Salah-salah kamu yang malu sendiri kan jadinya.

Sekarang tau kan, kenapa bahaya banget buat memberikan cap buruk kepada seseorang. Kalau kamu langsung ngecap cewek nakal hanya berdasarkan apa yang kamu lihat, mendingan sih introspeksi lagi deh. Apalagi kalau pikiranmu sudah kemana-mana dan menganggap cewek itu bisa diajak ena-ena. Wahhh bahaya banget. Jadi yang bahaya ceweknya atau kamunya nih?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya