Usia 20-an bisa dibilang adalah masa keemasan bagi seseorang. Di usia ini kamu bisa dibilang sudah masuk usia dewasa, artinya banyak hal yang dulunya masih bergantung ada orangtua kini bisa kamu tentukan sendiri. Dalam hal mengambil keputusan hidup, kamu pun telah memiliki wewenang atas keputusan hidupmu sendiri. Bukan berarti orangtua lepas tangan, tapi porsinya dalam mengatur hidupmu tak sebanyak saat kamu masih di usia remaja.

Usia 20-an juga saat yang tepat untuk kamu bisa mengeksplore dirimu lebih jauh lagi. Kemampuan yang kamu miliki sekarang, belum tentu menjadi kemampuan terbaik yang kamu miliki. Mulai melakukan hal-hal baru tak ada salahnya dicoba. Toh tak melulu kegiatan yang rumit, kegiatan sederhana pun bisa membuatmu belajar banyak hal. Agar kamu tak menyesal di hari tua nanti, 20 kegiatan ini layak kamu coba lakukan.

1. Rasakan sensasi berjalan di atas ombak lautan dengan Flyboard.

Flyboard via www.self.com

Advertisement

Olahraga air yang satu ini bikin kamu berasa jadi superhero di film hollywood. Kamu yang biasanya suka olahraga yang simple semisal jogging, bisa tuh mencoba olahraga yang satu ini. Setidaknya sekali dalam seumur hidup. Untuk merasakan sensasi kombinasi antara jet ski dan selancar ini, kamu perlu menyiapkan dana setidaknya Rp600 ribu per pax. Olahraga air yang lagi tenar ini bisa kamu nikmati di Pulau Dewata.

2. Mau merasakan sensasi terbang? Bungee Jumping jawabannya!

Bungee Jumping via www.jebiga.com

Sesekali pacu adrenalinmu dengan mencoba Bungee Jumping. Walaupun terlihat mudah, olahraga ini juga bukan berarti tanpa syarat loh. Syaratnya yaitu tidak boleh takut ketinggian, tidak menderita asma atau penyakit jantung, dan yang jelas jangan mengabaikan petunjuk dari petugasnya ya. Bungee jumping ini bisa berlokasi di air terjun atau bisa juga di pantai. Seperti yang kita ketahui, Bali masih menjadi surga bagi penikmat olahraga yang satu ini. Olahraga ini dibanderol sekitar Rp800 ribuan.

3. Bosan dengan keluaran fashion yang itu-itu aja? Kenapa ngga coba desain pakaian sendiri.

desain pakaianmu sendiri

desain pakaianmu sendiri via favim.com

Nah yang satu ini nih, buat kamu yang dulunya pernah punya cita-cita jadi designer. Yang entah karena banyak alasan belum terwujud. Maka ini saat yang paling tepat untuk jadi perancang busana, paling tidak untuk dirimu sendiri.

4. Bagi kamu yang kelewat penat dengan pekerjaan, berkebun bisa jadi cara ampuh untuk menenangkan pikiran.

Berkebun Sayuran via www.divinehomecare.com

Advertisement

Untuk kamu yang masih pemula, coba deh menanam sayuran yang engga butuh skill berkebun tingkat luar angkasa. Contohnya bayam, kangkung, cabe rawit, tomat, dan sawi pakcoy. Kamu bisa memanfaatkan lahan kosong di halaman rumah kamu. Kalau berhasil, kan bisa jadi tambahan topping di mie instanmu. Bersentuhan dengan tanah, benih, air, dan rerumputan di sekitar, bikin pikiranmu fresh loh!

5. Biar tetep sehat, yuk mulai rutin bersihin toilet sendiri.

Bersihin toilet via homeguides.sfgate.com

Buat kamu yang kadang males banget nih sama yang namanya bersih-bersih. Apalagi toilet! Inilah saat yang tepat, saat kamu di usia 20-an. Mumpung badan masih segar, ayo sekali-kali bersihin toilet rumah sendiri (mau toilet tetangga juga boleh! :D). Siapin stok cairan pembersih WC, siapin sikat WC, dan sarung tangan. Kalau udah liat toilet bersih berkat kerja kerasmu, pasti senang rasanya!

6. Berbagi makanan buat mereka yang membutuhkan.

Sedekah nasi bungkus via www.republika.co.id

Masuk usia 20an juga menuntutmu untuk mulai dewasa dalam berpikir. Termasuk harus mulai paham pentingnya arti berbagi. Jika kamu ada kelebihan rezeki, tak ada salahnnya mulai untuk berbagi dengan sesama. Dengan ini, kamu akan semakin mengerti bahwa hidup juga soal berbagi.

7. Bikin scrapbook.

Scrapbook via www.instructables.com

Yang ini iseng-iseng mengasyikan. Kumpulin semua foto-foto konyolmu zaman masih pake baju putih abu-abu. Itung-itung nostalgia, mengingat usiamu yang semakin beranjak tua dewasa.

8. Nyobain nyebrang pulau dengan naik kapal.

Cobain dong naik kapal… via bewara.co

Kalau kebetulan tempat tinggalmu dekat dengan pelabuhan, selagi ada kesempatan, kenapa engga mencoba naik kapal? Agak norak memang. Masih banyak loh dari kamu yang tinggal ga gitu jauh dari pelabuhan tapi belum sekalipun nyobain naik kapal. Supaya kamu bisa ngerasain sensasinya perjalanan laut. Minus mabok laut tentunya.

9. Kalau bisa masak rendang, artinya kamu siap dilamar!

Nyobain rendang daging bisa kali yaa… via www.kulinersehat.com

Rendang diakui sebagai salah satu makanan terenak di dunia asli Indonesia. Masa, sebagai orang Indonesia belum pernah nyoba masaknya. Eits, ngga boleh pakai bumbu rendang instan yak ;). Sekali-kali menantang diri dengan berjibaku dengan perkakas dapur dan belanja daging di pasar. Kalau kali ini kamu berhasil, berarti udah siap dilamar!

10. 1 bulan mencoba jadi vegetarian.

Vegetarian via www.fix.com

Yang ini agak susah ya, buat kamu yang biasa makan daging dan anti sama yang namanya jaga pola makan. Tapi engga ada salahnya dicoba. Kamu yang biasanya melahap segala makanan dan santai soal kesehatan, tantang dirimu dalam 1 bulan (saja) menjadi vegetarian. Hidup vegetarian! Yeah!

11.  Sebelum mereka benar-benar punah, ini waktunya untuk mengunjungi lokasi hewan langka.

Badak bercula 1 di Ujung Kulon via beritanovum.blogspot.com

Dengar berita tentang nasib hewan langka emang udah sering. Tapi benar-benar niat mengunjungi mereka tentu itu belum ada dalam daftar rencana mu. Ayo menabung dan kemas tas ranselmu untuk bertualang ke Taman Nasional Ujung Kulon di Banten misalnya. Karena populasi badak bercula satu di sana semakin mengkhawatirkan, segeralah mengunjungi mereka. Melihat langsung bagaimana kondisi mereka.

12. Jangan cuma nonton yang Box Office aja. Tapi coba tonton film-film yang ngga masuk bioskop tapi berkualitas.

Movie marathon via www.havingtime.com

Kalau selama ini kamu kebiasaan nonton film yang cuma box office aja, maka ini saatnya kamu mulai menonton film-film yang ngga masuk bioskop tapi jalan ceritanya ngga kalah berkualitas.

13. Coba mulai berhenti merokok.

Berhenti merokok via www.havingtime.com

Mumpung masih belum terlalu terlambat, tak ada salahnya di usia ini tinggalkan rokok. Kamu pasti juga akan lebih tenang jika badan bisa sehat.

14. Hidup tak selalu buatmu tersenyum, mulai sekarang berhentilah mengeluh.

Berhenti menjadi pengeluh via bramardianto.com

Tidak sedikit loh yang udah menginjak 20-an dan masih menjadi pribadi yang gampang mengeluh. Listrik mati bentar, ngeluh. Nunggu kang baso kagak lewat-lewat, ngeluh. Gajian ngulur dikit, ngeluh (eh tapi yang ini sih wajib ngeluh, demo malah kalau bisa!). Tips, biar engga gampang ngeluh kamu coba untuk lebih bersyukur, mencoba menerima hal yang tidak sesuai keinginanmu.

15. Sayangi badan dengan mulai berhenti begadang.

begadang

Yah, yang namanya anak muda tidak terlepas dari yang namanya begadang. Dari mulai bela-belain ga tidur nunggu download-an film (taunya pas tinggal dikit lagi abis paket datanya). Begadang main games, sampai ngerjain tugas/ skripsi. Yang terakhir kayanya boleh boleh aja sesekali kalau kepepet. Tapi mengingat usia yang semakin tua dewasa, maka mulailah sayangi tubuh dengan tidur dan istirahat secara teratur.

16. Serius mencari teman hidup.

masalah cinta jangan main-main lagi

masalah cinta jangan main-main lagi via www.99inspiration.com

Menikah di usia 20-an bukan hal yang kuno di zaman ini. Kalau kamu sudah punya pekerjaan tetap dan sudah ada tabungan, dan mantap secara mental, kenapa engga mulai bersiap ke arah sana. Tinggal berusaha menjadi pribadi yang lebih baik di setiap harinya untuk kemudian dipertemukan jodohnya. Banyak juga para pengusaha muda sukses yang menikah di usia 20-an. Dan memang standar hidup orang Indonesia, idealnya menikah di usia 24-27 tahun.

17. Menabung untuk perjalanan spiritual. Ada kalanya kamu harus kembali bersimpuh kepada-Nya.

Tanah Suci via edu-geography.com

Yang ini juga bisa kamu lakuin di usia 20-an. Khususnya bagi kamu yang muslim bisa mulai menabung untuk pergi umrah atau haji. Dan bagi yang nasrani bisa menabung untuk ke Jerusalem. Jangan takut dibilang sok alim atau sok bijak ketika melakukannya. Karena kita tidak pernah tahu akan terus bernapas sampai kapan.

18. Tantang dirimu untuk membaca 50 buku dalam setahun. Masalah pengetahuan juga perlu terus diperbarui.

Project membaca buku via iva-y.blogspot.com

Buat kamu yang kutu buku, project ini dirasa paling gampang. Kalau bisa lebih banyak buku lagi. Beda dengan kamu yang jarang baca, kayanya males banget ya buat ngelakuinnya. Tapi engga ada salahnya loh buat menyelesaikan tantangan ini. Kamu bisa milih mau baca buku apa aja. Dari buku yang nyastra abis, sampe buku-buku self help. Apa aja yang kamu pingin baca sebelumnya, tapi belum kesampean. Ini kesempatan kamu untuk menambah wawasan. Karena buku adalah jendela dunia.

19. Biar tujuan hidupmu lebih bisa terarah, kamu bisa mulai dengan belajar memanah.

Belajar memanah via www.archery360.com

Sebagian kita mungkin penasaran banget sama olahraga yang satu ini. Mungkin karena kesibukan belum sempat mencobanya. Belajar memanah sebenarnya bisa kamu lakukan loh, walau kamu bukan atlet. Tempat belajar memanah khusus untuk hobi (bukan atlet) di Indonesia, salah satunya ada di Jakarta. Tepatnya di Jakarta Archery di Lapangan Senayan. Budgetnya sekitar Rp850 ribu per tiga bulan. Olahraga ini melatih disiplin, fokus, konsentrasi, dan juga smoothness.

20. Siapa bilang semakin dewasa teman semakin berkurang. Justru sebaliknya kamu harus terus menambah teman.

Menambah kenalan via bfhsnetwork.com

Yang terakhir ini agak sulit buat kamu yang introvert. Kadang melakukan hal yang diluar zona nyamanmu mengasyikan juga loh. Menambah nomor baru di kontak ponselmu artinya kamu dituntut untuk sering-sering kenalan sama orang baru. Iya kenalan dulu dong ya, basa-basi dulu. Engga harus selalu orang asing kok, bisa juga temannya teman, saudaranya saudara kamu, adiknya teman kamu. Kalau kamu berani, kenalan sama anaknya dosen kamu yang judesnya minta ampun untuk minta kontaknya. Tenang, ngga perlu takut dikira MLM. Toh kamu belum punya kapal pesiar juga. #eh

Mungkin masih banyak banget hal lain yang bisa kamu lakuin selain dari 20 hal di atas. Tapi intinya, di usia yang masih sangat produktif ini, tak ada salahnya mencoba hal-hal baru. Siapa tau dari situ kamu bisa menemukan minat baru yang bisa kamu kembangkan lebih baik lagi. Seperti halnya Michelle Joan yang akan segera mendapatkan gelar sarjananya di umurnya yang masih awal 20-an, hihi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya